Friday, January 4, 2019

10 Macam Jenis Bahan kaos Polos yang ada di pasaran


Sumber Gambar : Stylecaster 

Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai 10 macam jenis bahan kaos polos yang umum digunakan dan dijual di pasaran konveksi beserta apa saja keunggulan serta kekurangan dari bahan-bahan tersebut.

Memilih bahan kaos polos terkadang bukanah perkara yang mudah, terutama apabila belum pernah menggunakan bahan tersebut sebelumnya, akan sangat sulit membayangkan apakah bahan tersebut nyaman digunakan atau tidak, atau sesuai dengan kebutuhan atau tidak.

Karenanya kami akan memberikan panduan singkat mengenai karakteristik dari 10 jenis bahan kaos polos yang umum tersedia di pasaran beserta apa saja kelebihan maupun kelemahannya sehingga bisa dijadikan patokan sebelum membeli.

Hyget

Pertama akan kita mulai dari bahan kaos polos yang paling murah dan paling buruk kualitasnya diantara yang lain, yaitu bahan Hyget, yang merupakan bahan yang paling umum digunakan untuk pembuatan kaos kampanye atau kaos partai dalam jumlah besar untuk dibagi-bagikan kepada simpatisan.

Sumber Gambar : KaosMalang . Net 

Katun/Cotton Viscose

Selanjutnya adalah yang disebut dengan Cotton Viscose (CVC) alias katun viscose yang merupakan salah satu bahan yang digunakan karena sifatnya yang mudah menyerap keringat, dan juga merupakan campuran dari bahan Cotton Combed (55%) dan Viscose (45%).

Sumber Gambar : scglobalservices. com 

Viscose

Berikutnya adalah bahan Viscose atau disebut juga bahan rayon itu sendiri, di mana bahan ini menggunakan serat sintesis tergolong sebagai salah satu bahan yang mewah dan mahal, nyaman untuk digunakan, serta jarang tersedia di pasaran.

Sumber Gambar : topfabrics . co. uk 

Tetoron Cotton / Katun Tetoron

Kemudian ada juga yang diseut sebagai bahan Tetoron Cotton, yang merupakan bahan campuran antara Cotton atau Katun dengan bahan Polyester (PE). Bahan kaos polos yang satu ini tidak mudah melar dan memiliki karakteristik anti kusut yang baik, meskipun panas dan buruk dalam menyerap keringat.

Sumber Gambar : fashionhistory . lovetoknow 

PE / Polyester

Bahan yang satu ini tidak dikenal dengan kemampuan menyerap keringat ataupun dingin saat dipakai, melainkan karena sifatnya yang tahan lama, tahan air, anti kusut, dan juga anti bakteri serta cocok untuk digunakan pada ruangan atau daerah bersuhu dingin dikarenakan bahan ini panas saat dipakai.

Sumber Gambar : fitinline . com

Cotton Carded / Katun Kardet

Katun kardet atau Cotton Carded biasanya merupakan pilihan alternatif dari Cotton Combed yang akan kita bahas nanti, dan memiliki karakteristik yang baik seperti mudah menyerap keringat, dingin saat dipakai, dan lebih murah dari bahan Combed walaupun teksturnya lebih kasar dan tidak sehalus Combed.

Sumber Gambar : fitinline . com

Dri-Fit

Selanjutnya kita akan membahas beberapa bahan yang umum digunakan untuk membuat jersey olahraga, dan yang pertama adalah bahan Dri-fit atau Drifit yang umum digunakan oleh atlit atau penggemar olahraga permainan seperti basket, sepakbola, dan badminton.

Bahan ini merupakan campuran dari Polyester, Katun, dan juga serat nilon yang halus serta elastis, dan juga dingin saat digunakan sehingga sering menjadi pilihan utama

Sumber Gambar : globalsources .com 

Paragon

Bahan Paragon yang banyak dipakai untuk pembuatan seragam basket ini tidak terlalu elastis apabila dibandingkan dengan Drifit, tetapi sangat tepat untuk digunakan untuk olahraga basket yang model jersey nya tidak pas badan melainkan agak longgar, serta harganya lebih murah dibandingkan drifit.

Sumber Gambar : fitinline . com

Serena

Serena merupakan bahan yang teksturnya terbilang lembut dan juga halus, serta elastis dan dingin saat digunakan, sehingga menjadi pilihan yang tepat bagi model jersey yang pas badan.

Sumber Gambar : gmisjilbabsyari . com

Cotton Combed / Katunombed

Cotton Combed merupakan bahan kaos polos yang umum digunakan dan paling sering dijadikan bahan dasar untuk kaos distro yang dijual di pasaran dikarenakan harganya yang terjangkau namun paling nyaman dipakai dan teksturnya pun lembut.

Bahan jenis Cotton Combed memiliki 3 variasi yaitu 20s, 24s, dan 30s di mana yang membedakan antara ketiganya adalah tingkat ketebalan dari masing-maisng bahan, mulai dari 30s yang paling tipis hingga 20s yang paling tebal diantara yang lain.

Sumber Gambar : kaoskaosbandung . com 


Kesepuluh bahan kaos polos di atas diharapkan bisa dijadikan pedoman serta panduan supaya tidak salah beli pada saat memilih kaos distro ataupun jenis pakaian lainnya yang menggunakan pilihan bahan yang telah kami sebutkan tersebut.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih banyak pretty ladies untuk komentarnya :*