Sunday, February 3, 2019

6 Rekomendasi Tempat Membuat Undangan Pernikahan Kekinian


Assalammu’alaikum pretty ladies..


Setelah venue dan catering, menurut aku undangan pernikahan adalah salah satu hal yang memegang peranan penting saat mempersiapkan acara pernikahan. Undangan pernikahan setidaknya telah disebar kepada para undangan 2 minggu sebelum acara pernikahan agar mereka bisa mengatur waktu untuk datang ke acara pernikahan kamu. Dipost kali ini aku mau share 6 tempat pembuatan undangan dengan desain kekinian yang aku yakin akan membuat acara pernikahan kamu semakin berkesan.


Sebelumnya aku mau saranin ke pretty ladies yang akan menikah untuk membuat undangan minimal 3 bulan sebelum hari H. Kenapa? Karena proses pembuatan undangan pernikahan itu panjang  dan agar hasilnya sesuai dengan yang diingikan dan cukup waktu untuk menyebar undangan, 3 - 4 bulan sebelum hari H merupakan waktu yang ideal.

H-3 atau 4 bulan pretty ladies bisa mulai searching – searching dulu mengenai bentuk undangan yang diinginkan. Datangi atau cari via online jasa pembuatan undangan. Bandingkan dari sergi harga, kertas yang dipakai, dan kualitas printing. Perlu diingat bahwa harga undangan akan semakin murah jika jumlah undangan yang dicetak semakin banyak. Semakin sedikit jumlah undangan yang dicetak maka harga undangan akan semakin mahal.

Jika sudah “sreg” dengan bentuk undangan dan model, biasanya pihak tempat undangan akan meminta DP sebagai tanda jadi. Pembayaran DP ini tergantung kebijakan masing – masing pemilik tempat undangan. Setelah DP dibayarkan, pihak tempat undangan akan mulai mendesain undangan sesuai model yang disepakati. Proses desain ini biasanya berkisar antara 5 – 7 hari.

Selanjutnya pihak tempat undangan akan mengirimkan hasil desain ke pretty ladies. Apakah sudah oke, atau ada yang direvisi, atau ada yang dikurangi, atau ada yang ditambahkan. Proses revisi ini bisa berlangsung sampai beberapa minggu tergantung antara pretty ladies dengan pihak undangan.

Setelah disepakati final desain undangan, baru undangan akan naik cetak. Naik cetak ini memakan waktu antar 10 hari sampai 2 bulan tergantung proses antri di percetakan.
Bisa dibayangkan kan kenapa aku saranin pretty ladies untuk dari jauh – jauh hari sudah membuat undangan. Agar sebagai calon pengantin pretty ladies tidak pusing atau degdegan karena undangan belum jadi padahal hari H sudah dekat. Khawatir tidak cukup waktu untuk menyebarkan undangan. Tapi pastikan sebelum undangan naik cetak, venue, tanggal pernikahan, dan KUA sudah clear ya.

Rise Advertising

Rise merupakan tempat pembuatan undangan yang pertama kali aku dan Reza datangi dan berlokasi di Cibinong, Bogor. Menurut aku, hasil undangan Rise itu bagus dan harganya super terjangkau. Untuk single hard cover ukuran 14 x 20 cm dengan jumlah 500 pcs harganya sekitar 6.000 rupiah tapi belum termasuk dengan tinta emas.



Imayzing

Aku tau Imayzing direkomendasikan dari followers aku di Instagram. Kebetulan lokasinya di Ciputat dan masih bisa aku datangi dengan ojek online. Di Imayzing ini ada banyak banget model undangan yang bisa dipilih, mulai dari soft cover sampai hard cover. Dan di Imayzing juga ada paket hemat gitu, jadi kita hanya ganti isi tulisan dari template yang sudah disediakan Imayzing. Jika ambil model seperti ini, harganya jadi lebih murah jika dibandingkan undangan custom (undangan yang sesuai dengan keinginan kita). 



Jogja Wedding Net

Ini merupakan akun instagram yang sering banget aku kepoin. Soalnya bentuk dan desain undangannya unik – unik banget dan aku naksir undangan yang berbentuk cermin lipat. Karena menurut aku pasti para tamu undangan akan seneng banget karena undangannya bisa disimpan sebagai cermin lipat untuk di tas. Tapi untuk cermin lipat waktu produksinya sekitar 2- 3 bulan. Jadi kalo pretty ladies kepengen bikin undangan seperti ini, jauh – jauh hari sudah menghubungi Jogja Wedding Net yaa.

Gracia The Invitation



Main Mata Studio

Dua akun instagram ini juga merupakan akun yang paling sering aku scroll sampai bawah. Aku suka banget dengan konsep desain mereka yang clean dan elegan serta ngga pasaran. Setau aku baik Gracia maupun Main Mata Studio memang hanya membuat satu desain undangan untuk satu costumer. Jadi tidak ada yang dicetak ulang kembali membuat undangan mereka terlihat eksklusif.


Paper Love (@paperlove_id) 

Awalnya saat berdiskusi dengan Reza, dia bilang bahwa undangan ngga terlalu penting. Model apa aja deh asalkan bagus. Aku ngga setuju. Menurut aku, undangan adalah first impression akan acara yang akan kita buat. Orang akan menilai acara yang akan kita buat seperti apa dari undangan yang diterima. Untuk itu penting banget untuk membuat undangan yang berkesan di hati para tamu undangan. Baru deh Rez bilang, ooh iya juga ya.

Kemudian pilihan aku untuk membuat undangan jatuh pada Paper Love dan ownernya mba Ayu. Aku tau Paper Love dari instagram kemudian aku langsung WA janjian untuk ketemu di rumahnya mba Ayu yang juga merupakan studio Paper Love.

Kenapa aku pilih Paper Love, karena lokasinya di Ciputat sedikit ke arah Bintaro yang menurut aku masih bisa aku jangkau dengan ojek online. Kedua, naik cetak di Paper Love hanya memerlukan waktu 10 – 15 hari. Cepet. Karena mba Ayu sebulan hanya menerima kuota 10 undangan. Jadi jika kuota sudah terpenuhi, mba Ayu tidak menerima order lagi. Menurut mba Ayu hal ini dilakukan agar undangan jadi tidak terlalu lama dan customer menjadi lebih puas.
Ketiga karena Paper Love punya banyak banget jenis undangan dan mba Ayu terbuka juga menerima ide dan masukan baik dari aku maupun Reza.

Sebenernya saat membuat undangan ini juga ada sedikit “drama” karena pergantian tempat dan tanggal yang hanya 6 minggu sebelum hari H. Degdegan banget ga sih? Untungnya undangan belum dicetak dan mba Ayu dengan superrr sabar selalu menjawab WA dari aku.

Dari pihak aku dan Reza juga ada drama dalam memilih bentuk dan desain undangan. Aku maunya warna bold tapi Reza maunya warna soft. Jadi akhirnya aku bikin dua model undangan deh. Walaupun harganya jadi lebih mahal, tapi yaudahlah biar damai :D

Undangan ini aku dan Reza desain sendiri kemudian direvisi oleh mba Ayu baik dari font maupun layoutnya. Dan 98% hasilnya plek ketiplek sama dong dari versi Adobe Photoshop yang aku dan Reza buat dengan hasil aslinya. Kereenn mba Ayu!!

Untuk undangan yang Reza mau, bentuknya adalah tri fold alias tiga lipat  hard cover dengan amplop selongsong. Bahan undangan ini art cartoon kemudian dilaminasi doff serta ditambahkan tinta emas dan emboss pada nama di amplop dan nama di bagian dalam undangan.

Reza pilih undangan dengan model tiga lipat ini karena dibagian belakangnya bisa dijadikan kalender meja. Sesuai juga karena acara pernikahan aku dan Reza dilakukan di akhir tahun 2018, sehingga semua orang pasti memerlukan kalender 2019. Selain itu pilihan model undanga kalender ini agar undangannya tidak dibuang (setidaknya dalam setahun ke depan karena ada kalendernya) oleh para tamu undangan. Oh iya harga undangan ini 10.000 rupiah per pcs untuk jumlah 400 pcs.

Versi soft copy 







Untuk undangan yang aku mau berbentuk single hard cover custom shape dengan amplop. Aku suka banget karena bentuknya unik, meliuk – likuk gitu :D. Dan aku pilih warna merah dan biru tua karena sesuai dengan baju dan jas yang akan  dipakai saat acara pernikahan. Model undangan ini berbahan art cartoon dan juga aku tambahkan tinta emas dan emboss pada nama dibagian amplop dan nama dibagian dalam undangan.

versi soft copy







Seharusnya model ini juga dilaminasi doff. Tapi karena aku hanya membuat 100 buah, laminasi doff tidak bisa dilakukan karena terlalu sedikit. Untuk model single hard cover ini untuk 100 pcs adalah 15.000 rupiah per pcs. Harganya menjadi lebih mahal karena hanya dibuat dalam jumlah sedikit. Tapi untuk 500 pcs harganya 8.500. Jauh lebih murah kan? Tapi sebaiknya ditanyakan lagi aja ya ke mba Ayu, soalnya itu adalah harga tahun 2018. 

Untuk undangan di Paper Love ini sudah termasuk revisi desain sampai puas, e-invitation, dan thanks card. Worth banget kan harganya? Dan mba Ayu juga supeerrr sabar menghadapi keriweuhan aku. Terimakasih banyak ya mba Ayu atas kesabarannya :*

Btw kalo misalnya pretty ladies ada yang mau buat undangan seperti punya aku dan ingin pegang undangannya buat contoh, aku ada nih 5 model yang undangan putih dan 1 model undangan yang biru tua mawar. Kalo mau, DM ke instagram @tipscantikmanda aja ya. Nanti aku kirimin, cukup bayar ongkirnya aja. Abis sayang juga undangannya buat apa di rumah didiemin aja :D

Semoga rekomendasi tempat pembuatan undangan kekinian dari aku ini, membantu ya buat pretty ladies yang sedang merecanakan pernikahan. Dan kalo mau kepoin Paper Love cuss di instagramnya @paperlove_id.Sampai ketemu dipost aku selanjutnya :*

No comments:

Post a Comment

Terimakasih banyak pretty ladies untuk komentarnya :*