Wednesday, February 9, 2022

Kiat-Kiat Membeli Rumah Bebas Banjir di Jakarta Timur

 



Memilih rumah perumahan yang bebas banjir hukumnya memang wajib. Hunian yang sering menjadi langganan banjir tentunya akan membuat hidup menjadi tidak nyaman. Selain itu, kita juga perlu bujet ekstra untuk perbaikan rumah secara rutin. Maka dari itu, dalam memilih rumah tinggal, perlu diperhatikan baik-baik kondisi lingkungan sekitarnya. Nah, jika memilih rumah di daerah Jakarta Timur, apakah masih ada yang bebas banjir?


Berikut ini beberapa kiat dalam membeli rumah bebas banjir, terutama di kawasan Jakarta Timur.


Periksa Lokasi

Kiat membeli perumahan Jakarta Timur bebas banjir yang pertama adalah dengan memeriksa lokasinya terlebih dahulu. Kamu bisa cek daerah-daerah mana saja di Jakarta Timur yang rawan banjir. Cara ini bisa dilakukan dengan menanyakan langsung kepada penduduk sekitar, media sosial, atau mencari keterangan lebih lanjut via internet. Kamu bisa mengeceknya juga di petabencana.id atau bnpb.id. Bila daerah yang kamu pilih ternyata bebas banjir, maka kamu bisa mempertimbangkan lebih lanjut.


Cek Saluran Pembuangannya

Rumah yang bebas banjir tentu memiliki saluran pembuangan yang baik. Harus dipastikan perumahan yang dipilih telah memiliki saluran pembuangan yang teratur secara sistematis. Cek juga kondisi sungai atau saluran pembuangan limbah yang ada di sekitar lokasi hunian. Langkah ini memang akan memakan waktu, apalagi jika dilakukan dengan detail, tetapi patut dicoba untuk mencegah rumah terkena banjir. Perlu diketahui, rumah yang dekat dengan sungai besar memiliki potensi rawan banjir yang besar. Meskipun jauh dari sungai, jika memiliki saluran pembuangan yang buruk juga akan berpotensi banjir.


Periksa AMDAL

Analisis mengenai dampak lingkungan yang dilaksanakan secara lemah juga menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir. Pelaksanaan AMDAL yang baik dapat meminimalisir potensi banjir yang ada di suatu daerah. AMDAL memang diurus oleh pihak pengembang, tetapi sebagai calon penghuni perumahan, kamu juga wajib mengetahuinya. Hindari membeli rumah yang berada di daerah aliran sungai (DAS) atau perumahan yang berlokasi bukan di daerah resapan air.


Ketahui Kondisi Rumah

Jika membeli rumah perumahan dengan kondisi bekas atau second, kamu juga perlu memeriksa kondisi fisiknya dengan benar. Telitilah dalam mengecek setiap jengkal rumah karena penjual bisa saja menutupi keadaan sebenarnya. Cek dinding atau atap rumah, apakah ada bekas terendam air atau tidak. Rumah yang bebas banjir memiliki dinding dan pondasi yang terlihat kuat.


Jarak Rumah dan Lokasi Terdampak Banjir

Meskipun wilayah sekitar rumah bebas banjir, bukan berarti wilayah tetangga yang berdekatan tidak bebas banjir pula. Jika lingkungan permukiman sekitar merupakan daerah rawan banjir, bisa saja suatu saat wilayah hunianmu juga akan terendam banjir pula. Kondisi iklim dan cuaca memang tidak menentu saat ini yang membuat banjir susah diprediksi. Sebaiknya pilih hunian yang benar-benar jauh dari daerah yang rawan banjir agar aman.


Survei di Musim Hujan

Lakukan survei perumahan Jakarta Timur pada saat musim hujan agar kamu bisa mengetahui kondisinya secara langsung. Melakukan pantauan rumah secara langsung di waktu musim penghujan merupakan salah satu langkah yang tepat. Hal ini karena kamu akan dapat melihat kondisi sebenarnya dari calon rumah yang akan dibeli. Bisa juga dengan bertanya kepada orang-orang sekitar tentang sejarah lingkungan tersebut, apakah memang bebas banjir saat musim hujan ataukah hanya promosi dari pihak pengembang saja.


Dengan melakukan kiat-kiat di atas, pastinya sekarang kamu lebih paham dalam memilih rumah perumahan yang bebas banjir. Rumah yang bebas banjir memang menjadi idaman setiap orang dan memberikan jaminan tempat tinggal yang nyaman.


No comments:

Post a Comment

Terimakasih banyak pretty ladies untuk komentarnya :*