Thursday, April 23, 2015

Facial Kepompong untuk Jerawat dan Bekas Jerawat

Assalammu'alaikum pretty ladies..

Akhirnya mood aku kembali untuk menulis di blog.. hehheee.. sebenernya dari awal bulan April 2015 ini aku udah tulis di kertas coret-coretan apa aja yang aku mau tulis untuk di blog. Tapi entah kenapa malesss banget. Dan Alhamdulillah sekarang malesnya udah hilang :D



Pasti banyak yaa dari pretty ladies yang sudah mencoba facial dengan kepompong atau facial cocoon. Kepompong yang digunakan untuk facial kepompong ini adalah kepompong dari ulat sutra atau silkworm. Jadi bukan kepompong yang ada di pohon depan rumah ya, hihihi..


Jadi ini adalah siklus hidup dari si ulat sutra 


Kepompong yang kita gunakan adalah kepompong yang sudah ditinggalkan sama larva yang telah berubah menjadi kupu-kupu. Jadi tenang aja di dalam kepompong ini udah ngga ada larva nya ko :D

Awalnya aku ngga terlalu tertarik dengan facial kepompong ini. Aku pikir apa ya bedanya dengan membersihkan wajah dengan kapas. Akhirnya karena aku penasaran aku cari tau kandungan apa yang terdapat di kepompong ulat sutra ini sehingga bagus untuk kulit. 

Ternyata, ketika kita menggosok kepompong ulat sutra ini ke kulit, terlepas senyawa yang bernama seritin. Seritin mengandung 18 amino acid yang dapat membantu mengatasi permasalahan kulit. Yaudah aku langsung deh order si kepompong ulat sutra ini :D

Kemasan : 



Kepompong ulat sutra yang aku pesan datang dalam klip plastik berisi 25 buah kepompong. Terdapat kertas petunjuk bagaimana menggunakan kepompong ulat sutra ini 
 
Cara pakai : 



Rendam kepompong dalam air panas selama 5 menit. Lalu masukkan jari telunjuk pada kepompong kemudian gosokkan perlahan dengan cara melingkar pada kulit wajah yang telah dibersihkan

Bentuk : 


Karena diproduksi secara alami, maka kepompong ulat sutra ini bentuknya bervariasi. Ada yang agak besar, ada yang agak kecil. Sehingga jika dirasa lubang kepompong terlalu kecil untuk jari, kepompong bisa digunting sedikit sehingga jari telunjuk dapat masuk ke dalam kepompong. 

Diklaim kepompong facial ini dapat bermnafaat untuk membersihkan debu, membantu pengelupasan sel-sel kulit mati, dan membantu mengurangi komedo. 

Kesan aku : 

Ketika pertama kali menggosokkan kepompong ulat sutra ini diwajah aku (kebetulan saat itu ada jerawat kecil tetapi bukan jerawat yang sedang matang dan berisi nanah), jerawatnya pecah. Jerawat di samping hidung bagian kanan. Awalnya aku ngga sadar dan asik aja gosok-gosok wajah dengan kepompong ulat sutra ini. Dan ketika lihat kepompong aku pikir “loh ko jadi coklat tua” ternyata itu adalah darah -__-


Akhirnya aku ganti dengan kepompong yang baru, dan jerawat yang pecah tadi aku tekan tekan terus dengan kepompong yang baru sampai darahnya berhenti. Karena aku pakai facial kepompong ini malam sebelum tidur, sesudahnya aku memakai krim jerawat. Dan rasanya agak geremet geremet di wajah. 


Terakhir aku pakai acne spot. Acne spot ini biasanya aku totolkan di jerawat radang yang bernanah. Jika pakai acne spot memang agak terasa perih pada awal pemakaian sekitar 5 menit.  Tetapi setelah memakai facial kepompong ini dan menotolkan acne spot pada jerawat radang, perihnya jadi dua kali lipat. Sampai aku keluar air mata :’) 

Tetapi besoknya jerawat aku yang pecah ini menjadi kehitaman. Dan ketika aku bertemu dengan dokter kulit aku, beliau tanya kenapa, dan aku ceritakan. Dan beliau bilang kalo PPI atau Pigmentasi Post Inflamasi, atau Kulit yang kehitaman setelah proses peradangan (dalam kasus aku adalah jerawat yang radang) agak susah dan lama hilangnya. Aduh aku jadi ketar ketir.

Tapi aku pikir, facial kepompong ini bener-bener meng-eksofoliasi kulit. Karena setelah aku pakai facial kepompong dan pakai krim jerawat, kulit wajah aku terasa celekit-celekit. Pikiran aku terasa celekit-celekit karena sel-sel kulit mati pada wajah terlepas karena kepompong tadi. 

Karena aku pantang menyerah (gaya, hahahhaa) aku tetap melakukan facial kepompong ini dan pakai krim jerawat serta acne spot. Walaupun menahan sedikit perih, hihiihi.. 

Hasil di kepompong terlihat menjadi agak coklat setelah aku gosokkan pada kulit wajah 



Ini perbandingan antara kepompong yang baru dengan kepompong yang sudah aku pakai 




Dan akhirnya aku suka banget. Ternyata kehitaman bekas jerawat nya perlahan-lahan memudar. Aku ngga tau apa karena krim jerawat nya, atau acne spot, atau facial kepompong ini sehingga bekas jerawat aku memudar. Atau mungkin karena kepompong ulat sutra ini mengeksofoliasi kulit, sehingga krim jerawat dan acne spot yang aku pakai dapat menyerap lebih baik ke dalam lapisan kulit sehingga bekas jerawat kehitaman aku menjadi memudar. 

Tanggal 28 Maret 2015 



Tanggal 14 April 2015 


Tanggal 21 April 2015 


Maaf ya beda pencahayaan foto. Tetapi semua fotonya aku ambil menggunakan kamera samsung mega 6.2

Foto terakhir tanggal 21 April malah aku lagi jerawatan di samping hidung bagian kiri, pipi kiri, dan dagu karena aku coba-coba ganti pencuci wajah. Jangan ditiru yaa -__- 

Oh iya kesan aku ketika mengoleskan kepompong ulat sutra ini di wajah, aromanya seperti daun. Mungkin karena ini alami ya ^_^ 

Harga : Rp 900, sampai - Rp 1.500,- / buah 
 
Dapat di beli di : www.tokopedia.com
  
Kelebihan :
  • Harga cukup terjangkau
  • Mengangkat sel-sel kulit mati
  • Membuat kulit menjadi lembut
  • Membantu mengurangi bekas jerawat yang baru
Kekurangan :
  • Repot karena harus direndam dulu dengan air panas
  • Setelah memakai facial kepompong ini kemudian menggunakan krim, wajah menjadi sedikit perih 
  • Di wajah aku belum memberikan perubahan pada komedo
Saran aku :
  • Bagi yang mempunyai wajah sensitif, sebaiknya menggunakan facial kepompong ini sekitar 2-3 kali saja dalam seminggu. Dan bagi yang tidak mau mengambil resiko jerawat nya akan pecah dan membuat luka kehitaman, sebaiknya jangan menggosokkan pada jerawat yang sedang radang atau bernanah.
Secara keseluruhan aku cukup puas dengan kepompong ulat sutra ini. Dan mau coba dipakai rutin. Semoga bekas jerawat aku yang lainnya ikut memudar juga, hehehee..

Oh iya yang punya instagram boleh follow aku di @AmandaAnandita . Karena biasanya aku upload dulu di instagram baru di blog ^^ 
 
Gimana pretty ladies, tertarik untuk mencoba facial dengan kepompong ulat sutra ini? ;)







9 comments:

  1. Mba Manda.. Aku belum sempat nyobain itu kepompong, karena masih ngeri ngebayang perihnya.. Haha.. XD

    Tapi liat mba manda udah make lumayan signifikan juga. Cuma pas pake itu kepompong kan make Skincare ya.. Abis make Skincare itu muka jadi agak menggelap engga karena sel kulit matinya udah keangkat?

    Soalnya kan ada tuh yang kita abis peeling atau abis ngangkat sel kulit mati mukanya jadi lebih menggelap sedikit tapi jadi lebih bersih dan mengkilap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa.. iyaa emang Shapie perih, tapi aku tahan terus aja berharap cepet hilang bekas jerawatnya. Alhamdulillah hilang bekasnya :D

      aku rasa sih kayanya ngga bikin kulit menggelap shapie. soalnya aku ngerasanya sih biasa aja, hehehee.. kalo peeling kan memang menggelap kaya gosong gtu, abis itu baru kelupasan kulitnya. kalo ini ngga ngelupas ko shapie. aayoo cobain jugaa ^_^

      Delete
  2. penting banget nih. nice review ya aaa....

    ReplyDelete
  3. udah lama banget mau coba si kepompong ini belum nemu seller yang pas sih huhu :(
    belanja di tokopedia enak ga ka amanda?

    isthiutamid.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Isthi...
      enaak banget. aku rekomended banget, hihihii.. soalnya kan kita transfernya ke tokopedia, jadi aman ngga takut di tipu. terus aku sering banget nemu harga yang di jual di tokopedia lebih murah dari tempat lain. tapi memang harus jeli nyarinya. karena beda seller harga barangnya juga jadi beda.

      ayoo isthi cobain jugaa facial kepompongnya ^_^

      Delete
  4. Aku baru beli ni kepompongnya..bingung makenya..aku pakai setelah mencuci muka atau sebelum ya?..terus satu kepompong itu bisa di pakai beraoa kali?..apa sekali pakai langsung buang?..

    ReplyDelete
  5. kepompong ini banyak yang jualnya, ada di tokped, shopee, bukalapak juga ada cek aja nama tokonya amsistore ,, itu paling murah dan dari petani langsung jadi terjamin 100% alami dan ga usah geluarin uang banyak..

    ReplyDelete
  6. cocoon ini banyak dijual di toko online seperti tokped, shopee, ada juga di buka lapak cek aja nama tokonya itu amsistore,, paling murah tu gudangnya karena langsung dari petaninya jadi terjamin 100% asli dan ga ngeluarin uang banyak..

    ReplyDelete

Terimakasih banyak pretty ladies untuk komentarnya :*