Tuesday, August 18, 2020

ASI bernutrisi untuk ibu dan bayi yang istimewa.

Assalammualikum moms..


Sejujurnya aku ngga pernah menyangka bisa sampai pada tahap secinta itu dengan menyusui. Sebelum menikah, sesudah menikah, bahkan saat hamilpun aku hanya berpikir : oh yaudah menyusui itu natural. Orang lain aja bisa. Masa gue ga bisa?

Ternyataaa menyusui tidak semudah seperti yang aku bayangkan sebelumnya. Putting aku lecet dan berdarah diawal – awal menyusui. Berat badan Miwa hanya naik 350 gram dalam sebulan setelah lahir. Miwa mengalamai Lip Tie dan Tongue Tie yang harus diinsisi. Aku mengalami mastitis yang berkembang menjadi abses payudara kemudian harus dioperasi untuk membuang nanah dan sebagian kecil jaringan payudara. 

Alhamdulillahnya aku ditangani oleh tim dokter laktasi, dokter bedah, dan rumah sakit yang sangat mendukung untuk menyusui. Sehingga selama kurang lebih 8 hari saat aku dirawat karena mastitis, aku tetap bisa menyusui Miwa seperti biasa. 



Dukungan dari Reza, Ibu dan keluargaku juga membuat aku semangat untuk terus menyusui Miwa meski luka bekas operasi abses payudara sembuh sekitar 2 bulan setelah operasi. Selama dua bulan itu, setiap hari Dara (adikku) datang ke rumah untuk membersihkan dan mengganti perban luka operasi. Untuk detailnya insya Allah nanti aku cerita dipostingan selanjutnya ya.

 

Luka insisi abses payudara tidak dijahit agar sisa nanah bisa terus keluar. Luka ini akan menutup sendiri sekitar dua bulan. 

Kalo ditanya, apakah setelah mengalami semua ini aku jadi trauma untuk menyusui? Jawabannya ngga. Karena aku berpikir bahwa ASI adalah hak setiap bayi. Dalam hal ini adalah haknya Miwa. Sehingga sebisa mungkin akan aku usahakan untuk memberikan ASI bernutrisi untuk Miwa. Aku juga bersyukur karena dengan kejadian – kejadian yang aku alami ini, aku jadi semangat untuk selalu belajar ilmu tentang per-ASI-an.

Sebisa mungkin, menyusui langsung (direct breastfeeding) saat bersama bayi

Sebagai ibu bekerja yang menyusui bayi berumur 9 bulan, kadang ada beberapa DM yang tanya ke aku “Manda, gimana sih caranya supaya ASI-ku banyak?” atau “ASI aku dikit deh kayanya, bayiku rewel terus”.

Kalo ditanya gitu, biasanya aku akan jelaskan bahwa sebenarnya ngga penting ASI kita banyak sampai penuh satu freezer. Yang penting ASI kita CUKUP untuk bayi kita.



Jangan fokus mengisi freezer dengan ASIP. Yg terpenting ASI kita CUKUP untuk bayi kita. 

Kalau ternyata setelah diobservasi, bayi kita tidak memenuhi tanda – tanda kecukupan ASI, jangan langsung “ambil jalan pintas” dengan memberikan susu formula. Lebih baik berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter laktasi agar bisa diobservasi Kembali kira – kira kenapa ya ko bayi kita tidak mencukupi tanda – tanda kecukupan ASI

Yang moms harus ingat adalah, dalam menyusui ada 3 faktor penting yaitu 3B : Breast, Baby, dan Brain atau payudara, bayi, dan otak ibu. 3 Hal ini akan sangat berpengaruh agar lancar menyusui

Untuk moms yang follow aku di Instagram, pasti tahu banget kalo aku sudah mengkonsumsi Blackmores Pregnancy and Breast Feeding Gold (PBFG) semenjak aku hamil Miwa dan aku teruskan sampai sekarang menyusui Miwa. Aku sampai bilang bahwa Blackmores PBFG ini adalah supplemen kesayangan aku banget. 




Kenapa aku sampai secinta itu sama Blackmores PBFG? Karena supplemen ini mengandung 17 nutrisi essensial yang diperlukan untuk ibu dan bayi pada masa kehamilan dan menyusui, diantaranya :

 

  • Omega 3/DHA yang sangat berperan penting dalam masa pertumbuhan otak janin
  • Asam Folat untuk mencegah cacat lahir pada otak dan saraf bayi
  • Zat besi untuk mencegah terjadinya anemia
  • Kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi, serta mencegah terjadinya osteoporosis pada ibu




Yang aku suka adalah, omega 3 pada Blackmores PBFG tidak berbau sama sekali sehingga sangat nyaman dikonsumsi. Selain itu zat besi fumarate tidak membuat ibu konstipasi. 

Pengalamanku sendiri, dengan rutin mengkonsumsi Blackmores PBFG dan beberapa supplemen lainnya yang diresepkan dokter kandungan, Alhamdulillah Miwa lahir sehat diusia kandungan 40 minggu 4 hari dengan berat badan 3670 gram dan tinggi badan 50,5 cm.

Miwa sesaat setelah lahir

Mungkin ada yang berpikir, emang penting ya mengkonsumsi supplemen pada saat menyusui? Bukannya nutrisi pada ASI akan sama apapun yang dikonsumsi oleh ibu?

Yap bener banget. Nutrisi pada ASI antara ibu yang satu dengan ibu yang lainnya akan tetap sama. Tetapi, misalnya ibu A kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, maka ibu A dapat mengalami anemia dibandingkan dengan ibu B yang rutin mengkonsumsi zat besi. Begitu juga misalnya jika ibu A kurang mengkonsumsi kalsium, makai ibu A akan lebih rentan untuk mengalami osteoporosis dibanding ibu B yang rutin mengkonsumsi kalsium.

Untuk itu jika misalnya ibu tidak dapat memenuhi semua kebutuhan nutrisinya dari makanan yang dikonsumsi, ibu dapat mengkonsumsi Blackmores PBFG untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya berkurang karena menyusui.

 

Kalo aku suka bilangnya, ibu yang bahagia akan menumbuhkan anak yang bahagia. Ibu yang tercukupi nutrisinya akan memberikan ASI berkualitas untuk bayinya. ASI bernutrisi untuk ibu dan bayi yang istimewa.

Untuk dosisnya, moms bisa minum 2 kapsul Blackmores PBFG setiap hari. Boleh minum langsung 2 kapsul, atau minum 1 kapsul pada pagi dan 1 kapsul pada sore hari. 

Sedikit tips dari aku untuk ibu bekerja agar terus dapat menyusui bayi hingga dua tahun : 

  • Usahakan saat ibu bekerja, ASI perah diberikan dengan media selain dot (cup feeder / pipet / syringe / gelas kecil)
  • Susui bayi saat ibu sedang bersama bayi 
  • Pompa ASI saat berada di tempat kerja 
  • Minum air putih minimal 2 liter setiap hari 
  • Penuhi asupan nutrisi ibu dari makanan, minuman, dan Blackmores PBFG

Pompa payudara saat ibu bekerja untuk menjaga supply ASI

Jaga selalu asupan nutrisi ibu menyusui


Insya Allah, akan aku coba tulis juga ya dipostingan selanjutnya tips ala aku bagaimana manajemen ASI dan menjaga supply ASI untuk ibu yg bekerja. 

Kalbe Blackmores Nutrition berkomitmen untuk mendukung pemenuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui dan pentingnya 1000 hari pertama pertumbuhan bayi yang dimulai dari masa kehamilan melalui kerjasama dengan Yayasan Bumi Sehat Foundation dengan membagikan 12.000 botol Blackmores PBFG setiap tahunnya di 3 kota yaitu Denpasar, Aceh, dan Papua. Kalbe Blackmores percaya bahwa setiap ibu di Indonesia berhak untuk mendapatkan nutrisi yang cukup untuk kesehatannya dan buah hati.

 

Mungkin ada juga moms yang bingung, apa sih bedanya Blackmores PBFG yang diimport langsung dari Australia dengan Blackmores PBFG dari Kalbe Blackmores Nutrition?

Bedanya adalah, Blackmores PBFG dari Kalbe Blackmores Nutrition dosisinya sudah disesuaikan berdasarkan kebutuhan ibu hamil dan menyusui di Indonesia serta tinggi kalsium dan DHA. Dan seperti yang aku tulis diatas, dengan membeli Blackmores PBFG dari Kalbe, moms turut serta membantu memberikan Blackmores PBFG kepada ibu – ibu hamil dan menyusui di Indonesia melalui kerjasama Kalbe Blackmores dengan Bumi Sehat Foundation.

 

Dalam rangka World Breastfeeding Week di bulan Agustus ini, yuk moms dukung ibu hamil dan menyusui di sekitar kita. Moms juga bisa membaca edukasi maupun sharing seputar ASI di-instagram @BlackmoresID . Moms juga bisa membeli Blackmores PBFG atau produk Blackmores lainnya di Official Strore Blackmores yang ada di Shopee, Tokopedia, Lazada, dan Blibli.

Yuk persiapkan nutrisi yang cukup untuk ibu dan bayi semenjak hamil sampai dengan menyusui dengan mengkonsumsi Blackmores PBFG. Selamat menyusui :*




No comments:

Post a Comment

Terimakasih banyak pretty ladies untuk komentarnya :*