Saturday, August 12, 2017

Diet Detoks, Turun 3kg Dalam 3 Hari!

Assalammu’alaikum pretty ladies..



Ngomongin soal berat badan, minggu lalu atau awal Agustus 2017 berat badan aku sudah mencapai 77,5 kilogram. Whatt? Sebagian orang masih bilang “aah Manda kamu ngga gendut ko. Badan kamu kan tinggi”. Tapi sejujurnya aku sudah merasa ngga nyaman banget dengan berat badan aku yang sekarang. Lemak dibagian perut udah ngga bisa dikondisikan. Buat pakai sepatu sambil duduk atau gunting kuku jari kaki aja sulit banget, ketahan lemak diperut. Sampai akhirnya suatu hari aku nonton video dari Chrisny Carol yang melakukan diet detox dan turun sampai 3 kilogram dalam waktu tiga hari saja.




Setelah nonton video Chris, aku jadi inget bahwa sebelumnya aku juga sudah pernah membaca resep diet yang sama dengan yang dishare Chris. Kemudian aku googling, dan ketemulah dengan blog dari ka JulitaManik. Ka Juli memutuskan untuk mulai menjalani program detox 21 hari setelah mengikuti seminar healthy living yang dibawakan oleh ibu Pit Lin. Ibu Pit Lin ini dulunya penderita kanker payudara yang menyebar menjadi kanker paru-paru dan kanker tulang belakang. Bahkan saking sakitnya, ibu Pit Lin sering meminta agar tubuhnya ditusuk jarum untuk mengurangi rasa sakit. Bahkan ibu Pit Lin juga berdoa agar Tuhan mencabut nyawanya karena tidak tahan dengan sakit yang dialaminya.

Kemudian ada seseorang yang menyarankan ibu Pit Lin untuk memulai healthy living back to nature. Mengurangi makan daging dan memperbanyak makan buah dan sayuran. Awalnya ibu Pit Lin sangsi, masa sih pola makan kita akan mempengaruhi kesembuhan kankernya? Tetapi ternyata ibu Pit Lin sembuh total dari kankernya dan sekarang aktif mengisi seminar – seminar healthy living.

Diet detox yang diajarkan ibu Pit Lin dan yang aku baca dari blognya ka Juli berlangsung selama 21 hari. Kenapa 21 hari? Karena di 21 hari inilah tubuh baru bisa beradaptasi dengan perubahan makananya dan mengeluarkan toxin yang ada didalam tubuh.

Diet detox 21 hari ini dibagi menjadi dua fase ; fase 1 sampai 3 hari, dan fase 4 sampai 21 hari. Di fase pertama ini yang agak berat. Karena seharian kita hanya diperbolehkan minum jus yang sudah ditentukan. Hari ke-4 sampai 21 menurut aku lebih seperti food combining, yaitu mengurangi makan protein hewani dan memperbanyak makan sayur serta buah. Boleh makan karbohidrat pati seperti nasi, tapi jangan bertemu dengan protein hewani. Misal pretty ladies kepengen makan nasi, ya ngga apa apa. Tapi makan nasinya dengan lauk tahu atau tempe dan sayur. Kalo kepengen banget makan ayam bakar, jangan pakai nasi. Tapi makan ayam bakarnya dengan sayuran seperti lalap atau selada. Makan buah selalu diawal sebelum makan – makanan lainnya.


Kemudian karena aku udah males banget lihat celana ngga ada yang muat, aku mulailah dengan diet detoks selama tiga hari. Oh iya selama diet detokx ini disarankan untuk tidur dibawah jam 12 malam ya. Ini resepnya :

  • 06.00 minum perasan jeruk nipis satu buah
  • 07.00 minum air putih 600 ml
  • 08.00 minum jus pepaya + nanas + apel sebanyak 300 ml
  • 09.00 minum air putih 600 ml
  • 10.00 minum jus semangka sebanyak 300 ml
  • 11.00 minum air putih 600 ml
  • 12.00 minum jus wortel sebanyak 300 ml
  • 13.00 minum 600 ml air putih
  • 14.00 minum jus wortel + brokoli sebanyal 300 ml dijuicer
  • 15.00 minum 600 ml air putih
  • 16.00 minum jus semangka 300 ml
  • 17.00 minum air putih 600 ml
  • 18.00 minum jus pepaya + nanas + apel 300 ml
  • 19.00 minum air putih 600 ml


Hari Pertama

Hari ini aku semangat banget nih memulai diet detoks ini. Dari pagi sudah minum sesuai dengan aturan, kecuali perasan jeruk nipis. Aku ngga tahan asam, jadi aku campur dengan satu gelas air hangat. Menjelang siang, aku ngga merasa lapar sama sekali. Kenyang. Soalnya mungkin dari pagi minum air putih terus ya.

Menjelang jam 2 siang, mulai deh kepala aku sakit sebelah. Sakitnya seperti ditusuk – tusuk. Tapi karena aku pikir aku lagi detoks, jadi aku ngga minum obat pereda rasa sakit.

Menjelang sore, nyeri kepalanya semakin sakit. Dan ditambah dengan mual. Abis maghrib aku ngga tahan, aku akhirnya muntah. Jadi jus yang aku minum sebelumnya, keluar semua. Habis muntah, rasa mualnya hilang. Sakit kepalanya masih dan hilang dibawa tidur.

Hari Kedua

Bangun tidur aku tidak merasakan sakit kepala sama sekali. Biasa aja. Tadinya aku pikir mau udahan dietnya, karena aku takut nyeri kepala lagi dan mual terus muntah. Tapi aku pikir sayang udah jalan satu hari, tinggal dua hari lagi, jadi aku terusin.

Menjelang siang, mulai deh nyeri kepala lagi sebelah. Tapi nyerinya ngga sedashyat nyeri dihari pertama. Masih sedikit mual, tapi alhamdulillah ngga muntah.

Hari Ketiga

Mungkin karena sudah menjalani dua hari, dihari ketiga ini terbilang lancar jaya. Ngga ada kendala apa – apa yang berati.

Selesai hari ketiga

Selesai diet detoks tiga hari ini, aku nimbang badan dan alhamdulillah turun 3 kilogram. Jadi sekarang berat badan aku 74,5 kilogram. Selama diet ini aku sebenernya ngga merasakan laper sama sekali. Lebih ke kangen makan asin dan gurih. Karena selama diet tiga hari ini kan jus semua dan rasanya manis (kecuali perasan jeruk nipis yang asam).

Ketika aku konsul ke dokter aku kenapa aku sakit kepala, mual, dan muntah dihari pertama, beliau bilang mungkin aku terbiasa makan manis, minum kopi, dan lain – lain sehingga ketika dilakukan diet detox tubuh aku kaget dan bereaksi seperti itu.

Dari yang aku baca – baca juga, lambung kita itu ternyata elastis banget. Saat diberi makanan dalam porsi kecil bisa, saat diberi makanan dalam porsi besar bisa. Sehingga kalo misalnya kita terbiasa makan dalam porsi besar, atau makan banyak, lambung akan membesar. Nah ketika kita makan sedikit, rongga dilambung tidak terisi seperti biasanya, nah itu yang menyebabkan kita menjadi lapar. Tapi misalnya kita kembali men”treat” lambung dengan makan porsi kecil, lama – lama lambung akan menyesuaikan diri dengan makanan yang kita beri dan akhirnya tidak memberikan rasa lapar walaupun kita makan dalam porsi kecil.

Selama diet detox tiga hari ini aku rasakan banget bahwa pencernaan menjadi lebih lancar. Selain itu tidur malam pun terasa lebih lelap. Kalo biasanya tidur malam masih suka guling sana guling sini, selama diet detoks aku bisa langsung tidur saat merebahkan kepala ke bantal. Selain itu tubuh juga terasa lebih berenergi, padahal kan cuma minum jus ya seharian :D

Setelah diet detoks ini sayangnya aku ngga nerusin sampai hari ke 21. Karena aku masih kangen banget makan mie, baso, dan makanan gurih lainnya. Aku tau sih dengan kaya gini bakalan susah nurunin berat badan, soalnya masih suka makan – makanan ngga sehat. Tapi karena aku kerja, rasanya berat banget harus selalu bawa bekal dari rumah. Kalo Chris dia bilang kalo pagi udah biasa ngga sarapan. Jadi makan cuma saat siang, nasinya diganti nasi merah. Dan malam biasanya dia makan buah dan berhenti di jam 7 malam. Mungkin nanti aku akan nerusin seperti pola makan yang Chris lakukan. Tapi aku juga kepikiran untuk OCD alias Obsessive Cobuzier Diet. Pretty ladies ada yang pernah coba OCD juga? Share dong sama aku disini ;)

Tapi setelah diet detoks tiga hari ini aku merasa bangett mudah kenyang. Makan dikit aja kenyang. Dan rasanya jadi ngga enak kalo minum air putihnya sedikit. Aku rasa mungkin diet detoks 3 hari ini membuat lambung aku tidak “melar” seperti biasanya. Walaupun makan diacara prasmanan, aku bisa menahan diri untuk hanya makan yang aku inginkan dan langsung berhenti karena kenyang. Ngga laper mata dan kepengen nyobain sana sini yang akhirnya dibuang karena kekenyangan ;(


Semoga pengalaman diet detoks tiga hari ini membantu ya buat pretty ladies yang kepengen coba detoks agar tubuh lebih sehat dan pastinya menurunkan berat badan. Kalo misalnya pretty ladies udah nyoba, dan berhasil turun berapa kilogram, please let me know ya dengan tulis dikomentar bawah. Seneng deh kalo diet ini juga berhasil untuk pretty ladies. Ketemu lagi dipost aku selanjutnya ya 


4 comments:

  1. Pengen coba.. tapi untuk tidur sebelum jam 12 kayanya ga mungkin.. hikshiks

    hai-ariani.com

    ReplyDelete
  2. sounds fun, secara aku anaknya ga bisa diet hahaha. tapi kak Manda aku masih bingung nih, hari pertama sampai ketiga kak Manda minum air jeruk aja atau sesuai resep yang kak Manda sebutin?

    www.isthiud.com

    ReplyDelete
  3. whoaa kece banget kamu 3 hari turunnya alhamdulillah. duh lagi banyak yg ngepost diet jd pengen ikutan :""")

    kalo aku makanan masih biasa sih hehe cuma ngurangin aja misal 2 hari gamakan nasi, sehari makan nasi. sama olahraga sih

    nice sharing manda :))

    ReplyDelete
  4. woah sangat menarik kak! aku sih lg mulai kurangin nasi dan seringin makan sayur, dan beneran ya badan jadinya kerasa lebih ringan dan tidur jadi enakan:) aku izin screenshoot resepnya ya:) thanks for sharing kak!


    watashiyeye.blogspot.com

    ReplyDelete

Terimakasih banyak pretty ladies untuk komentarnya :*