Wednesday, January 30, 2019

5 Tempat Pernikahan Outdoor (Baru) di Jakarta dan Sekitarnya


Assalammu’alaikum pretty ladies..



Masih di series Wedding 101 atau “tips mempersiapkan pernikahan ala Manda”, di post kali ini aku mau share beberapa tempat pernikahan rekomendasi aku untuk pretty ladies yang ingin melangsungkan pernikahan dengan konsep outdoor. Tenang aja, dipost ini tydac akan muncul nama – nama tempat yang biasanya muncul saat googling : tempat pernikahan di Jakarta. Tempat – tempat ini merupakan tempat yang mulai nge-hits sebagai tempat pernikahan outdoor, tetapi belum se-terkenal pendahulu – pendahulunya. Jadi harganya menurut aku masih relatif terjangkau tetapi tempatnya oke punya. Penasaran kan tempatnya apa aja? Cuss dibaca sampai bawah.


GRIYA KARANG TENGAH AW 100

Alamat : Jl. Karang Tengah Raya No.100, RT.1/RW.3, Lb. Bulus, Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12440.
No. Tlp : 021 – 7445588

AW 100 ini terletak di jalan raya Karang Tengah (jalan raya dari arah Lebak Bulus atau Pondok Labu menuju Cinere atau Pondok Cabe) jadi menurut aku tempat ini cukup strategis. Dari depan jalan raya hanya terlihat sebuah gerbang besar, tapi begitu masuk langsung takjub dengan venue-nya dan tempat parkir yang luas. AW 100 ini bisa menampung sampai dengan 1500 orang.

Awal aku ke sini dengan Reza, Mama (mamanya Reza), dan Abi, langsung klik. Karena suka dengan suasananya serta pohon – pohon yang tinggi membuat suasana disini terasa adem banget. Meskipun outdoor, terdapat bangunan joglo yang juga bisa digunakan.

Disini sewanya dibagi dua, untuk acara pagi – siang biaya sewanya 9 juta, dan untuk acara sore – malam biaya sewanya 13 juta karena tambahan listrik untuk lampu. Oh iya perlu dicatat ini adalah harga tahun 2018 ya. Untuk harga terbaru silahkan langsung mendatangi atau telpon ke AW 100.

Fasilitas yang didapat adalah bebas menggunakan semua area yang ada di AW 100 (termasuk bangunan Joglo), listrik 5500 watt, petugas parkir, petugas kebersihan, petugas keamanan, dan dua ruangan yang digunakan untuk rias dan ganti baju.

Untuk catering harus memakai catering yang sudah menjadi rekanan AW 100. Untuk sewa kursi, tenda, panggung pelaminan, AC portable, dan penambahan daya listrik hanya boleh dilakukan kepada pihak pengelola AW 100. Jadi ngga boleh sewa di luar. Daftar harganya bisa langsung diminta kepada pihak pengelola.

Selain itu, di AW 100 juga terdapat guest house dikanan dan kiri venue yang bisa disewa. Harganya aku lupa deh. Guest house ini bisa digunakan untuk menginap bagi keluarga untuk menginap H-1 sebelum acara agar santai dan tidak buru – buru pergi ke venue saat acara berlangsung.

Enaknya disini adalah, jika kita booking untuk tanggal X misalnya, maka dihari tersebut hanya akan ada acara kita. Jadi kita tidak terlalu merasa diburu-buru oleh pihak venue. Karena biasanya jika di gedung, jika acara pagi maka harus on time selesai sesuai jadwal karena sore akan dipakai untuk acara selanjutnya.



Sumber gambar : instagram @filaniacatering 

Sumber gambar : instagram @filaniacatering 

Sumber gambar : instagram @filaniacatering 

Disini juga kita bisa pindah tanggal 1 kali selama tanggal tersebut masih available alias ngga ada yang booking. Jadi karena merasa cocok, kita langsung DP untuk lock tanggal. Oh iya DP yang kita bayarkan sebesar 2 juta rupiah.

Mungkin ya karena sudah “jodohnya”, saat kita ke sana, ada acara pernikahan yang akan dilakukan sore harinya. Pihak AW 100 bilang untuk menunggu karena sebentar lagi orang catering datang. Siapa tau kan mau ngobrol atau tanya – tanya dulu untuk catering. Karena seperti yang aku tulis diatas, di AW 100 harus menggunakan catering rekanan.

Dan saat orang catering datang, kita langsung ngobrol dengan mba Putri (Instagram @putrituhfatun) dari Filania Catering (Instagram @FilaniaCatering). Dan ternyata pemilik Filania masih saudara jauhnya Abi dan memang terbiasa menyediakan masakan khas Arab. Apalagi sebelumnya Reza udah bilang, cateringnya harus yang sudah biasa dengan masakan Arab. Memang deh ya namanya jodoh tydac akan kemana. Kita langsung klop dengan Filania dan rasanya ngga perlu test food atau tanya – tanya ke catering lain rekanan AW 100.

Tapi sayangnya nihh gengs, karena beberapa hal akhirnya kita memutuskan untuk membatalkan acara di AW 100 dengan berbagai pertimbangan yang mungkin ngga bisa aku tulis disini karena internal dari keluarga. Jadi DP yang sudah kita masukkan hangus T_T. Sebelum melakukan DP venue, pretty ladies bisa baca tips dari aku dipostingan sebelum ini ya.

TAMAN KAJOE

Alamat : Jalan Melati No.57-58, Cilandak Timur, Pasar Minggu, RT.4/RW.2, Cilandak Tim., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12560
No. Tlp : 0818 - 0778 - 7548 

Aku tau Taman Kajoe dari instagramnya @TamanKajoe saat sedang searching mengenai tempat pernikahan rustic di Jakarta. Taman Kajoe ini terletak di Cilandak Timur dan menurut aku cukup strategis karena berada diantara Jakarta Selatan dan Depok.

Kalau pretty ladies lihat instagramnya, pasti langsung naksir deh. Abiss venuenya keren ditambah dekorasi yang kece, jadi superr mantul. Cocok banget untuk pretty ladies yang ingin mengusung tema rustic karena atmosfirnya jadi makin terasa.

Biaya sewa untuk pernikahan di Taman Kajoe sebesar 37,5 juta rupiah dengan DP untuk lock tanggal sebesar 5 juta rupiah. Fasilitas yang didapatkan adalah bebas menggunakan ruangan indoor dan outdoor, listrik 5000 watt, sound system dan mic, AC central, 3 standing AC, 4 cooling fan, 100 kursi tiffany, dan petugas parkir. Menurut aku harga ini sangat worth sekali dengan fasilitas yang diberikan.

Untuk rekanan dekor, Taman Kajoe mempunyai beberapa rekanan catering dan jika menggunakan catering non-rekanan akan dikenakan charge sebesar 20% dari total catering.
Sayangnya Taman Kajoe hanya bisa menampung 500 orang atau 250 undangan. Sedangkan tamu acara aku dan Reza adalah 1000 orang atau 500 undangan. Jadi dengan berat hati Taman Kajoe keluar dari list :(


Sumber gambar : instagram @tamankajoe

Sumber gambar : instagram @tamankajoe

Sumber gambar : instagram @tamankajoe


FELFEST UI

Alamat : Kampus UI, Jl. Prof. DR. Miriam Budiardjo, RW.3, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Kota Depok, Jawa Barat 16424
No. Tlp : 0895 - 6373 - 45432 

Pasti belum banyak nih pretty ladies yang tau bahwa sekarang bisa juga menikah dipinggiran danau UI tepatnya di Felfest UI (Instagram @Felfest_UI). Jadi awalnya Felfest UI merupakan Gedung Fakultas Klub Universitas Indonesia yang sekarang di-rebranding menjadi Felfest UI. Disini pretty ladies bisa sewa untuk acara apapun termasuk pernikahan.

Di Felfest UI area yang disewa dibagi menjadi tiga kelompok. Pertama adalah sewa gedungnya lantai 1 dan lantai 2. Ini harganya 11 juta untuk acara siang, dan 13 juta untuk acara malam. Kedua hanya sewa lantai 1 dan tepi danau. Untuk ini biayanya 12 juta acara siang dan 14 juta acara malam. Ketiga adalah sewa gedung lantai 1, lantai 2, dan tepi danau. Untuk ini biayanya 14,7 juta acara siang dan 17,5 juta acara malam.

Fasilitas yang didapat adalah sound system dengan dua mic (tapi aku lupa tanya berapa kapasitas listriknya), 5 AC portable untuk lantai 2, boleh untuk dipakai foto prewedding, dan 70 kursi tiffany. Untuk akad nikah akan dikenakan charge sebesar 1,75 juta rupiah. Untuk catering – dekor – rias – baju, Felsfest UI juga sudah mempunyai rekanan. Bahkan ada paket yang sudah dengan souvenir dan undangan dan enurut aku harganya menjadi lebih murah. Untuk pastinya, silahkan langsung di whatsapp aja ya ke nomor diatas.

Untuk lokasinya sendiri menurut aku cukup strategis karena siapa sih yang ngga tau lokasi UI dimana? Tamu dari daerah Jakarta bisa langsung menuju lokasi melalui jalan tol ataupun jalan biasa.

Sayangnya saat aku menanyakan kesediaan tanggal (saat itu aku mencari tanggal untuk menikah di hari Sabtu awal bulan Desember) tanggal tersebut sudah diisi dan ditahun 2019 mulai available di bulan Maret. Jadi Felfest UI juga keluar dari list ;(


Sumber gambar : instagram @felfest_ui

Sumber gambar : instagram @felfest_ui

Sumber gambar : instagram @felfest_ui

BUNI MANTEN

Alamat : Jl. Ki Hajar Dewantara No.6X, Sawah Lama, Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15413
No. Tlp : 0812 - 9333 - 7578

Aku tau Buni Manten (Instagram @BuniManten) dari temenku. Kata dia kalo mau cari tempat pernikahan outdoor sekitaran Jakarta Selatan, coba ke Buni Manten.

Pas aku liat instagramnya Buni Manten, duuuhhh cakepp banget dan pas untuk mengadakan pesta pernikahan dengan tema rustic. Harga sewa disini dan fasilitas apa saja yang didapat aku belum tau. Karena aku belum sempat menanyakan.

Untuk pretty ladies yang tinggal di daerah Ciputat dan sekitarnya dan ingin mengadakan acara pernikahan dengan tema rustic, menurut aku Buni Manten bisa menjadi pilihan. Tempat dan atmosfirnya oke banget untuk menciptakan rustic theme wedding party.


Sumber gambar : instagram @bunimanten

Sumber gambar : instagram @bunimanten

Sumber gambar : instagram @bunimanten


GREEN ANDARA FAMILY CLUB

Alamat :  Green Andara Residences. Jl. Andara No.17, Pangkalan Jati Baru, Depok
No. Tlp : 021 - 29044754 
 
Mba Putri dari Filania kemudian menyarankan aku untuk mencoba ke Green Andara Family Club (Instagram @FamilyClubAndara). Iyaa itu Green Andara perumahannya Raffi Ahmad dan Gisel – Gempi :D. Nah Green Andara Family Club ini meupakan club bagi warga Andara untuk berolahraga karena terdapat kolam renang dan lapangan tenis. Tetapi venue ini juga bisa digunakan untuk acara seperti acara pernikahan.

Saat survei ke sana, yang pergi hanya Reza dan Mama karena aku masih masuk kerja. Disana Mama dan Reza bertemu dengan mba Dina, setelah ngobrol panjang lebar, langsung setuju untuk melaksanakan acara pernikahan disana karena ada tanggal yang kosong dibulan Desember 2018, yaitu tanggal 8. Lalu jalan tol Antasari – Andara baru saja diresmikan. Menurut aku hal tersebut salah satu nilai plus untuk mempermudah akses bagi tamu undangan yang datang dari arah Jakarta. Selain itu disini bebas vendor. Jadi boleh bawa vendor apapun yang kita mau tanpa kena charge. Alhamdulillah banget karena DP sudah masuk ke Filania 50%. Mungkin memang itu ya yang dinamakan jodoh :D

Di Green Andara Family Club terdapat dua paket sewa. Yang pertama silver dengan biaya 17,5 juta mencakup ballroom, VIP room, outdoor area, dan maintenance. Sedangkan paket gold 19 juta mencakup ballroom, VIP room, outdoor are, maintenance, dan swimming pool. Untuk acara pernikahan ini, kita sepakat untuk mengambil paket gold karena rasanya sayang aja ada kolam renang tapi ngga bisa dipakai. Walaupun dipakainya hanya dihias aja sih. Tapi menurut aku dan Reza, adanya kolam renang merupakan nilai plus disini. Oh iya disini juga satu hari hanya ada satu acara, jadi tidak ada acara pagi dan acara sore. Menurut aku dengan tidak dibagi dua seperti ini menjadi lebih nyaman dan tidak diburu-buru waktu. 

Untuk listrik kalo ngga salah kapasitasnya 5500 watt. Biaya sewa termasuk maintenance yaitu petugas kebersihan, petugas keamanan, dan petugas parkir. Jadi kita ngga perlu lagi nambah biaya lagi. Untuk technical meeting aku lakukan sebanyak dua kali di sana dengan pengelola dari Green Andara Family Club, catering, dekor, fotografi, dan WO.

Oh iya sewa ini tidak termasuk AC maupun kursi. Karena ini kan venuenya outdoor jadi tidak ada AC central. Untuk itu kita menambah sewa 150 kursi tiffany dengan cover. Harganya 15 ribu per kursi. Tadinya aku mau menggunakan AC portable, tapi menurut pihak Green Andara Family Club sayang jika menggunakan AC portable karena venuenya outdoor. Jadi kita menggunakan 4 Cooling Fan. Aku lupa deh harganya berapa, sepertinya sekitar 500-600 ribu gitu per buah.




Dan ini saran pak Santoso (pengelola Green Andara Family Club) untuk menambahkan lampu HMI atau Hydragyrum Medium-Arc Iodide. Lampu ini berbeda dengan lampu sorot atau lampu tembak karena cahaya yang dihasilkan lebih halus dan seperti cahaya daylight atau cahaya matahari. Karena acara akan dilaksanakan malam hari, lebih baik menambah penggunaan lampu ini. Untuk itu kita menambah 3 buah lampu HMI yang dipasang di tiga tempat (salah satunya menyorot ke depan pelaminan agar hasil foto menjadi lebih bagus dan dua disebar). Harga sewa lampu HMI ini adalah 1,5 juta per lampu.



Terang dengan bantuan pencahayaan lampu HMI


Untuk sewa Cooling Fan, kursi tiffany, maupun lampu HMI bisa dari luar atau langsung kepada pak Santoso karena beliau menyediakan sewa juga. Aku dan Reza sewa ke pak Santoso karena menurut kami lebih mudah untuk pengaturan barang saat dibawa ke venue (karena kan pak Santoso juga pengelola) dan tidak dikenakan biaya transportasi saat barang yang disewa diantar dan dikembalikan.

Dan Alhamdulillah dengan penambahan lampu HMI ini hasil fotonya teraaangg meskipun acara malam hari. Ngga hanya foto di pelaminan, tapi juga foto tamu yang datang dan berfoto sendiri di area pernikahan. Seneng banget. Tydac sia – sia sewa lampunya :") 





Sekian rekomendasi tempat pernikahan outdoor di Jakarta dan sekitarnya ala aku. Next aku akan bahas tata cara mendaftarkan nikah di KUA dan apa saja yang harus disiapkan. See you :*


2 comments:

  1. Temenku pernah nikahan di srengseng sawah, tempatnya memang bagus. Ternyt di jabodetabek banyak ya ngak perlu jauh ke luar kota.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa sekarang udah mulai banyak tempat resepsi pernikahan outdoor di Jabodetabek. Mungkin karena udah mulai banyak ya yg mau nikah ala rustic jadinya pilih tempatnya yg outdoor

      Delete

Terimakasih banyak pretty ladies untuk komentarnya :*