Saturday, August 29, 2015

Bahaya Mengintai dibalik Krim Pemutih Wajah

Assalammu’alaikum pretty ladies..


Mencari krim wajah, menurut aku, sama kaya jodoh. Cocok-cocokan. Ada yang cocok dengan krim wajah A, ada yang cocok dengan krim wajah B. Karena jenis wajah aku berminyak dan berjerawat, wajah aku gampang banget jerawatan. Lupa cuci muka sebelum tidur, jerawatan. Pakai makeup terlalu lama, jerawatan. Mainan face painting, jerawatan. Menstruasi, jerawatan. Bete banget deh pokoknya ;( 

Jujur aja, aku ngga berani banget beli krim wajah sembarangan, atau yang dibilang : racikan dokter, racikan farmasi. Pertama, emang tau kalo itu beneran racikan dokter? atau racikan farmasi? Kan ngga ada keterangannya.  Kedua, kalo emang bener krim racikan dokter, ko bisa dijual bebas? Karena setau aku krim dokter hanya bisa didapatkan langsung dari dokter atau klinik kecantikan. Ketiga, masa krim dokter tapi ngga ada BPOM nya? eng ing eng...

Sebenernya bahan apa aja sih yang termasuk kategori bahan berbahaya didalam kosmetik? Bahan berbahaya yang terkandung didalam kosmetik diantaranya adalah merkuri, hydroquinon, asam retinoat, dan timbal. Bacaan lebih lanjut pretty ladies bisa klik disini dan disini.

Bahan-bahan biasanya bersifat non-polar atau tidak dapat larut dalam air. Sehingga pemakaian jangka panjang akan menyebabkan penumpukan pada kulit dan menyebabkan kerusakan kulit permanen. 
Bahan-bahan ini juga jika masuk ke dalam tubuh kita, dapat menyebabkan berbagai macam penyakit sampai dengan kanker. Karena bahan-bahan berbahaya ini bersifat karsinogenik (menyebabkan kanker), teratogenik (dapat menembus plasenta dan mengakibatkan pembentukan organ janin yang tidak sempurna dan menyebabkan bayi lahir dengan kelainan). 

Merkuri, asam retinoat, hydroquinon biasanya digunakan untuk memberikan efek instant kulit wajah yang tampak lebih putih. Jadi, jika krim wajah yang dipakai pretty ladies memberikan efek kulit wajah yang putih dalam waktu cepat, sebaiknya berhati-hati ya. Efek kulit putih yang dihasilkan oleh bahan-bahan ini bukan putih yang merona tetapi putih pucat. 

Oh iya dari beberapa sumber yang aku baca, krim yang mengandung merkuri selain memberikan efek wajah yang putih, juga memberikan efek seakan-akan kulit menjadi halus dan pori-pori mengecil. Padahal sesungguhnya merkuri menggerus lapisan terluar kulit (epidermis) yang membuat wajah seakan halus dan pori-pori mengecil. 

Untuk mengujinya apakah krim yang kita pakai mengandung merkuri atau tidak, bisa dicoba dengan mencoba dibawah matahari. Jika dibawah matahari kulit menjadi gatal, kemerahan, terasa terbakar, itu diakibatkan epidermis yang menipis sehingga tidak bisa lagi melindungi kulit kita dari sinar matahari. Serem kan? 


Selain itu, krim dengan bahan berbahaya biasanya mempunyai warna yang mencolok seperti kuning gonjreng atau oranye gonjreng. Karena biasanya krim ini menggunakan bahan pewarna tekstil. Kan makin serem jadinya.

Balik lagi ke masalah jerawat aku, karena jerawat ditimbulkan oleh bakteri propionilbacterium acnes, sehingga perawatan kulit berjerawat harus mengandung antibakteri untuk bakteri p.acnes agar musnah dari kulit dan tidak menyebabkan jerawat kembali. Tetapi, krim jerawat dengan antibakteri tidak dijual bebas dan penggunaannya pun atas rekomendasi dokter. 

Akhirnya aku mulai deh pencarian mau ke klinik kecantikan yang mana untuk mengobati jerawat aku yang super ngeselin ini. Akhirnya aku memutuskan untuk mencoba di Natasha Skin Care yang didirikan oleh dr. Fredi Setyawan. Aku pilih Natasha karena klinik Natasha mempunyai banyak cabang. Dalam arti aku bisa berkunjung ke klinik Natasha di dekat rumah aku atau di dekat tempat aku bekerja.

Selain itu, aku juga pernah mengikuti beauty workshop yang diadakan oleh Natasha Skin Care (baca disini). Semua krim Natasha skin care dibuat dengan bahan natural yang aman, dibuat di pabrik yang telah mendapat sertifikat CPKB (Cara  Pembuatan Kosmetik yang Baik), dan semua produk Natasha Skin Care telah mengantongi nomor registrasi dari BPOM dan sertifikat halal dari MUI. Terus aku klik www.ceknie.pom.go.id dan memasukkan nama Natasha di kolom. Hasilnya semua produk natasha sebanyak 136 buah telah terdaftar resmi di BPOM.

Tapi... beberapa temenku bilang bahwa ada rumor kalo beberapa krim produk Natasha mengandung bahan berbahaya dan sempat ditarik dari peredaran oleh BPOM. Mmm.. aku agak ga yakin sih. Soalnya masa skin care sekelas Natasha memakai bahan yang berbahaya bagi produknya?

Akhirnya aku tanyakan aja ke dokter yang menangani aku di Natasha Skin Care ketika aku pertama kali datang untuk konsultasi. Ternyata, pada tahun 2007 BPOM sempat menarik produk Natasha, yaitu dr. Fredi Setywan Extra Whitening Cream dan dr.Fredi Setyawan Whitening Cream II karena mengandung asam retinoat tetapi dalam ambang batas yang masih dapat diterima tubuh. Tetapi karena ada peraturan baru dari BPOM dan tidak adanya komunikasi dari BPOM ke Natasha untuk meng”upgrade” bahan yang tergantung di dalam krim tersebut, terjadilah kejadian ini. 

Sehingga akhirnya Natasha memutuskan untuk merombak semua bahan yang tergantung dalam setiap produknya, menggantinya dengan bahan yang lebih baik, tentunya aman dan halal bagi kulit dan tubuh. Sehingga semua krim Natasha dr. Fredi Setyawan dijamin keamanannya karena telah mengantongi izin dari BPOM dan mendapatkan sertifikat halal dari MUI. Dengan produk yang baru ini, Natasha Skin Care mendapatkan Top Brand Award selama bertahun-tahun sejak tahun 2008. 

Setelah mendengar penjelasan dari dokter, aku menjadi merasa lebih tenang dan nyaman menggunakan produk dari Natasha Skin Care. Oh iya beda dengan klinik kecantikan lainnya, saat pertama kali kita berkunjung ke Natasha, selain diwajibkan berkonsultasi terlebih dahulu, kita tidak dianjurkan untuk menjalani treatment apapun. Pada kunjungan aku yang pertama, dokter memberikan aku satu paket krim untuk jerawat, yaitu : facial foam, toner, anti iritasi, krim malam, dan krim pagi. 





Facial Wash 

 
Toner




Krim Anti Iritasi, Krim Malam, Krim Pagi 





Krim Mata 



Setelah satu paket ini habis, aku diminta untuk kembali ke Natasha, dan dokter akan menilai wajah aku dan menentukan apakah krim yang akan diganti dengan tahap selanjutnya, atau tetap dengan krim yang awal. Disini juga baru dokter akan menganjurkan treatment apa yang cocok untuk aku. Tapi, jika baru memakai krim dari Natasha dan terjadi perubahan pada wajah aku, misalnya kemerahan atau gatal karena kulit aku ternyata alergi dengan salah satu kandungan dalam krim, aku diminta segera datang dan krim aku akan diganti dengan yang lain. 

Tapi ternyata selama satu bulan memakai krim dari Natasha, tidak ada gejala alergi yang aku rasakan seperti gatal atau merah. Krim malam maupun krim paginya tidak lengket dan mudah diaplikasikan pada wajah. Aku juga mencoba krim mata dari Natasha dan suka banget dengan aroma herbalnya. 

Ini foto perbandingan wajah aku pada bulan April 2015 dan Agustus 2015. Aku mulai rutin menggunakan produk Natasha sekitar 1 bulan. Setelah pemakaian 1 bulan aku merasakan bekas jerawat aku memudar, dan wajahku menjadi terasa tidak terlalu berminyak. Selain itu yang aku suka adalah, sejak rutin menggunakan krim pagi dan krim malam Natasha, wajah aku tidak timbul jerawat kembali walaupun aku menstruasi ataupun sehabis memakai makeup. Seneng banget ;) 

Pipi Kanan 
(Maafkan perbedaan tone warna foto sesudahnya ya. Tapi semoga fotonya masih bisa terlihat jelas bahwa bekas jerawat aku memudar)  



Pipi Kiri 


Samping Hidung dan Dagu 


Oh iya untuk pretty ladies yang sedang hamil dan ingin melakukan perawatan kulit dan wajah di Natasha Skin Care, tetap boleh ko. Karena produk yang diberikan semuanya dalam pengawasan dokter. 

Yuu mulai aware sama krim wajah kita, jangan sampai mengandung bahan yang berbahaya bagi tubuh. Sayangi kulit dengan memakai produk yang aman tanpa bahan berbahaya ^^


27 comments:

  1. Iya tu kak kadang suka heran sm orang yg mudah percaya sm krim dokter yg dijual bebas dan dgn harga murah.

    Wahh nanti kalau udah kerja sendiri pingin nyoba treatment di Natasha ahh~

    kawaii-diary98.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kan Airin.. Soalnya emang sih krim-krim gaje itu bikin kulit putih dalam waktu singkat, tapi efek jangka panjangnya wallahu a'lam. Serem banget.
      Ayo cobain juga treatment di Natasha.. Tapi ada paket nya juga ko, jadi lebih ekonomis ^_^

      Delete
  2. aku lagi mikir mau pindah ke natasha nih,
    kamu habis berapa kah mandaa buat satu package itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaah Lady Pon main ke blog akuu :*
      Aku facial wash 2 botol, toner , krim pagi, krim malam, krim iritasi, sama krim mata habis sekitar 500ribu kurang dikit Lady Pon. Tapi 1 paket ini aku abisnya sekitar 1 bulanan. Kalo yang acne package ada yang sekitar 130rb, isinya facial wash, krim pagi, sama krim malam juga..

      Delete
  3. Wow banget yaaa man.. Semoga aku cocok juga disana ya, Alhmdulillah gak ada gejala apa2, walau pun agak ribet sih makenyaa.. cream nya ringan bgt dimuka, gak kaya yg krim2 abal2 gt. minggu dpn aku control lagi.. makasiih infonya yaa manda, sukses terus yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mamih aku suka banget soalnya krimya ringan dan wangi. Memang sih agak ribet soalnya 3 hari pertama harus pake krim anti iritasi dulu. Tapi setelah itu cuma pake krim malam sama krim paginya aj. Amiinn.. semoga cocok juga yaa sama mamih :* :* :*

      Delete
    2. Jadi gk prlu pake toner nya ya kk ? Bgus apa egk hasil nya klo gk pake toner kk

      Delete
  4. kak katanya natasha itu bikin ketergantungan. bener ga kak?sama kata temen aku kalo udah ga pake natasha nantu kulit kita jadi kusam lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ketergantungan kayanya sih ngga. soalnya wajah aku ngga balik lagi jerawatan setelah aku ngga pake krim Nastaha semingguan karena habis terus belum sempet beli lagi, hehehe.. Aku juga pakenya ngga rutin sih, kadang pake kadang ngga :D

      Kusam itu setau aku karena sel-sel kulit mati yang harusnya lepas dari wajah kita ngga lepas jadi bikin kusam. Krim dari Nastaha membantu untuk melepaskan sel-sel kulit mati yang membuat wajah menjadi bersih dan tidak kusam. Jadi kalo ngga pake perawatan krim apa2 lagi ga ada yang membantu regenerasi sel-sel kulit mati dan akhirnya wajah jadi kusam :(

      Delete
  5. ingin tanya, khan kk pake produk natasha, nah gimana cara mengatasinya saat kita mau bepergian, pake foundation bb cream dan bedak merek-merek produk di luar natasha yang ada di blog kk, itu gimana penggunaanya , sedangkan wajah kk sekarang sedang memakai cream natasha untuk krim paginya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Wulan.. biasanya kalo untuk sehari-hari, pagi hari sehabis mandi aku pakai serum, krim pagi, baru sunblock. Tapi kalo seandainya aku mau makeup, aku pakai serum kemudian krim pagi dari Natasha. Tunggu sekitar 15 menit sampai meresap, baru aku pakai makeup. Biasanya aku mulai dari pakai face primer. Face primer berfungsi sebagai batas antara skin care dan makeup yang akan aku pakai. Setelah itu baru pakai bb cream atau foundation, kemudian makeup seperti biasa :)

      Delete
  6. ingin tanya, khan kk pake produk natasha, nah gimana cara mengatasinya saat kita mau bepergian, pake foundation bb cream dan bedak merek-merek produk di luar natasha yang ada di blog kk, itu gimana penggunaanya , sedangkan wajah kk sekarang sedang memakai cream natasha untuk krim paginya

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Wulan...
      kalo mau berpergian sehabis pakai krim pagi, aku pakai face primer. face primer itu sebagai pembatas antara skin care sama makeup yang akan dipakai. setelah pakai face primer pakai bb cream/foundation dan makeup seperti biasa. lengkapya bisa diklik disini ya Wulan ^_^ www.tipscantikmanda.com Get Ready With Me Work

      Delete
  7. Ka cara memakai krim tirainya itu setelah menggunakan krim siang /malam ya? Blss yaa ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam mba.. Iya setelah pakai krim siang dilanjutkan dengan krim tirai (sun block). Kalo malam setelah pakai krim malam ngga usah pakai krim tirai. Krim tirai dipakai jika ingin keluar rumah atau beraktifitas dibawah sinar matahari :)

      Delete
    2. Ka saya mau tanya, kalo pake krim skinker pagi, trus sunblock nya pake wardah boleh kak? Trus pake bb cream gtu. Bales ya kak plis

      Delete
  8. Halo kak, aku mau tanya nih. Aku juga pake krim natasha tp masih yg teen dan baru pake 3harian. Tp malah ada timbul jerawat, satu aja dan ga meradang sih hehe itu kira2 knp ya kak, ga cocok atau gimana? Atau coba di olesin krim iritasi aja? Mohon bantuannya ya kak, maklum baru pertama pake skin care. Makasih hehe :)

    ReplyDelete
  9. Hari ini aku baru nyobain perawatan ke Natasha Skin Care dan walaupun hari pertama, tapi aku udh langsung disuruh facial acne. Dan yang bikin aku bingung lagi, instruksi pertama aku boleh langsung pake cream malam sehabis facial ini, tapi instruksi setelah aku difacial aku disuruh pake cream anti iritasi dulu, aku jadi bingung hrs pake cream apa dulu pas nyampe rumah. Akhirnya aku coba browsing, dan katanya cream anti iritasi Natasha itu bisa bikin muka jerawatan. Akhirnya aku lsg pake cream malamnya. Tapi syukur blm ada efek apapun, semoga cocok dan berhasil.
    Ohiya sekedar pemberitahuan, mungkin udh naik harganya, pertama aku dateng, biaya yg hrs aku keluarin sekitar 1.2 tapi itu semua sebanding sama cream dan produk2 lainnya yg dikasih.
    Terimakasih yaa mba udh bikin blog ttg Natasha. Jadi makin yakin.
    Makin sukses yaa mba..

    ReplyDelete
  10. Haiii ka amanda.. aku mau nanya :) selama kk pemakaian cream dari natasha pernah ganti kulit/tekelupas gitu ga ka? Kan byk tuh ka yg sering kaya gtu katanya sih mengangkat sel kulit mati :D tp gtw bner atau engganya..kalo pengalaman kk gimana ka? Trus kalo ada acara resepsi gtu kan kdang kita makeup bedaknya pake wardah/inez dll itu boleh ga ka..sdgkan kita lg rutin pake cream natasha.. tolong dijawab ya ka.. makasih kaa :)

    ReplyDelete
  11. Mba manda masih perawatan di natasha gak? Sekarang kondisi wajahnya mba bagaimana?

    Alhmdlh ketemu blognya mb manda, senengnyaaa... cukup memberikan pencerahan.
    Soalnya 2 hari lalu aku k natasha dan dokternya menyarankan facial khusus wajah berjerawat dan membeli produk (sabun wajah, cream pagi, dan cream malam). Kalau wajah iritasi, di sarankan konsultasi lagi.
    Alhmdlh setelah 2 hari pemakaian wajahku biasa2 saja, tidak iritasi, dan belum ada perubahan yang signifikan. Alhmldh, berarti natasha tidak seinstan produk yang dipasaran.
    Berharap cocok dengan natasha... aamiin

    ReplyDelete
  12. Mba manda masih perawatan di natasha gak? Sekarang kondisi wajahnya mba bagaimana?

    Alhmdlh ketemu blognya mb manda, senengnyaaa... cukup memberikan pencerahan.
    Soalnya 2 hari lalu aku k natasha dan dokternya menyarankan facial khusus wajah berjerawat dan membeli produk (sabun wajah, cream pagi, dan cream malam). Kalau wajah iritasi, di sarankan konsultasi lagi.
    Alhmdlh setelah 2 hari pemakaian wajahku biasa2 saja, tidak iritasi, dan belum ada perubahan yang signifikan. Alhmldh, berarti natasha tidak seinstan produk yang dipasaran.
    Berharap cocok dengan natasha... aamiin

    ReplyDelete
  13. Girls.. Skrg kira2 brp yaa budget yg disiapin buat pertama treatment di natasha ?

    ReplyDelete
  14. Kak mau tanya, aku tuh lagi ngejalanin perawatan di klinik lain (bukan natasha), nah ga ada efek apa apa padahal udah 3 tahun, trus kalo di klinik ini tuh kalo berenti malah jerawatan lagi. Nah aku pengen pindah ke natasha, itu langsung pindah aja, apa aku harus berhenti bbrp minggu dari obat dokter yg aku pake skrng trus baru ke natasha?

    Tolong di jawab ka please

    ReplyDelete
  15. halo kak mau tanya nih,awal pake krim natasha purging dulu gak selama beberapa minggu?kaya jerawatnya keluar semua atau yang lainnya

    ReplyDelete
  16. makasih gan infonya
    http://jellygamatqncoriginal.xyz/

    ReplyDelete
  17. Hay ka, masih pakai krim natasha gak? Aku makai sudah 7 bulan dan baik2 aja muka bersih tapi akhir2 ini kok tumbuh bulu halus ya d sekitar dahi? Apa kaka mengalami hal serupa? Mohon share ya ka..

    ReplyDelete

Terimakasih banyak pretty ladies untuk komentarnya :*