Saturday, February 15, 2020

Harus Waspada! Penyakit Diabetes Disebabkan oleh Sejumlah Kebiasaan Buruk Ini

sumber gambar : Daiabetes.org

Penyakit gula atau penyakit diabetes disebabkan oleh peningkatan kadar gula dalam darah. Diabetes adalah keadaan saat kadar gula dalam makanan susah dikonversi tubuh menjadi zat lain yang bermanfaat bagi tubuh sebab produksi insulin terlalu sedikit. Biasanya masyarakat mengetahui penyebab penyakit diabetes karena faktor genetika atau keturunan. Memang benar kalau penyakit gula mempunyai risiko lebih tinggi terhadap penurunan ke generasi berikutnya. Namun bukan cuma itu saja, ada beberapa kebiasaan buruk yang tidak sadar sering dilakukan, dan ternyata bisa memicu penyakit diabetes.


Penyakit Diabetes Disebabkan Oleh 6 Kebiasaan Buruk Berikut

1. Pola Makan Tidak Teratur

sumber gambar : Mllepilou.over-blog.com 

Penyakit diabetes disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur. Selain bisa memicu penyakit asam lambung atau maag, makan tidak teratur pun menjadi pemicu datangnya penyakit ini. Pola makan yang tidak teratur bisa mendorong tubuh tidak bekerja sebagaimana mestinya. Jika dibiarkan terus menerus dalam jangka waktu yang panjang, pola makan yang tidak teratur ini dapat menumbuhkan berbagai macam risiko penyakit, termasuk salah satunya penyakit diabetes.

2. Makan Porsi Berlebihan

Yang kedua, penyakit diabetes disebabkan oleh makan dalam porsi berlebihan. Segala sesuatu kalau dikonsumsi secara berlebihan pasti akan berdampak negatif bagi kesehatan tubuh. Salah satunya seperti berlebihan dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol. Selain dapat mengganggu kerja jantung, kolesterol dalam tubuh yang menumpuk juga bisa menyebabkan diabetes. Oleh karena itu, agar terhindar dari penyakit ini mulailah dengan konsumsi makanan yang sehat, seperti buah dan sayur.

3. Konsumsi Junk Food dan Makanan Manis Terlalu Banyak

sumber gambar : Thedailymeal.com

Makanan yang terkandung glukosa atau gula memang sangat bermanfaat untuk menambah tenaga dalam tubuh. Namun, jika konsumsi makanan yang manis-manis dengan jumlah yang berlebih bisa meningkatkan kadar gula dalam darah. Tentu saja, munculnya penyakit diabetes disebabkan oleh kebiasaan tersebut, artinya mengonsumsi makanan manis berlebih berpotensi mampu meningkatkan risiko seseorang terserang penyakit diabetes. Selain itu, konsumsi makanan tak sehat seperti makanan cepat saji juga bisa memperburuk kesehatan tubuh.

4. Jarang/ Tidak Pernah Olahraga

Jika tubuh kurang gerak, maka akan muncul penyakit baru yakni obesitas/ kelebihan berat badan karena selalu makan makanan yang berlemak dan berkalori tinggi. Apabila terus dibiarkan, hal ini bisa mengakibatkan penumpukan lemak, kolesterol dan peningkatan kadar gula dalam darah. Dalam jangka waktu yang panjang, keadaan ini bisa memunculkan penyakit diabetes, stroke bahkan sampai penyakit jantung.

5. Kurang Istirahat / Tidur

sumber gambar : Hellosehat.com

Waktu tidur yang baik terjadi selama 6-8 jam per hari. Jika kurang dari waktu tersebut, maka artinya orang tersebut kurang waktu untuk tidur. Berdasarkan hasil sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Chicago, kurang tidur selama 3 hari bisa menyebabkan kemampuan tubuh mencerna glukosa menurun drastis. Itu artinya, kandungan gula darah berubah semakin tinggi, maka risiko terserang diabetes pun meningkat. Selain kurang tidur mengonsumsi makanan kalori tinggi di malam hari karena begadang dapat memicu kadar gula naik. Biasanya orang yang begadang, akan merasa lapar dan otomatis mencari makanan untuk disantap di malam hari.

6. Stres pikiran

Saat stres, tubuh akan meningkatkan produksi hormon epinephrine dan kortisol. Stres juga akan mempengaruhi fungsi tubuh, termasuk regulasi atau pengaturan gula darah dalam tubuh. Ada dua jenis stres yang bisa terjadi, yakni stres mental dan stres fisik. Keduanya dapat dialami oleh penderita diabetes dan mempengaruhi kadar gula darahnya. Saat penderita diabetes tipe 2 mengalami stres mental, maka otomatis gula darah akan meningkat. Sedangkan pada penderita diabetes tipe 1, mungkin pengaruh stres pada gula darah akan bervariasi. Sehingga dapat disimpulkan, bahwa stres mental dapat menurunkan atau meningkatkan kadar gula darah penderita diabetes, tipe 1 maupun tipe 2. Apabila stres terjadi terus menerus, akan sangat berbahaya untuk penderita diabetes. Sebaiknya, konsultasikan segera kepada dokter bila stres tidak juga hilang.

Perlu diingat bahwa  penyakit diabetes disebabkan oleh kebiasaan buruk yang tidak segera ditinggalkan oleh penderitanya. Maka dari itu, segera perbaiki pola hidup dan kebiasaan hidup sehingga dapat terhindar dari penyakit diabetes.

Nah, itulah ulasan mengenai penyakit diabetes disebabkan oleh sejumlah kebiasaan buruk. Ingin tahu lebih banyak soal diabetes atau tips-tips lainnya? Simak terus informasi terbaru dari CekAja.com ya. 




No comments:

Post a Comment

Terimakasih banyak pretty ladies untuk komentarnya :*