Saturday, February 15, 2020

Tolak Ukur Kemampuan Bahasa Inggris, Ini Informasi Seputar Tes TOEFL Online

sumber gambar : Eostudy.com


TOEFL atau Test of English as a Foreign Language merupakan tes kemampuan berbahasa Inggris yang dibutuhkan untuk mendaftar masuk ke universitas luar negeri, CPNS dan sebagainya. TOEFL diadakan oleh organisasi yang berpusat di Amerika Serikat yaitu Educational Testing Service, oleh karena itu TOEFL memakai American English. Pada awalnya, sebelum tahun 2006, tes TOEFL hanya ada dalam bentuk tes tulis. Namun, saat ini IBT atau Internet-Based TOEFL adalah jenis tes yang paling banyak dipakai. Jenis tes TOEFL ini lebih banyak disukai karena lebih praktis. Berikut ini merupakan informasi mengenai tes TOEFL online selengkapnya.


Mengenal Tes TOEFL Online

IBT atau terkenal disebut Next Generation TOEFL adalah ujian yang dilaksanakan memakai media komputer dan internet. Soal-soal yang diujikan meliputi materi reading, writing, listening dan speaking melewati komputer yang terhubung dengan internet. Dengan setiap komponen tersebut mempunyai skor tertinggi 30. Dari jenis tes TOEFL lainnya, IBT merupakan tes termahal. Untuk harganya sekitar 195 USD atau Rp. 2,8 juta hanya untuk satu kali tes. Durasi tes IBT kurang lebih selama 4-5 jam dengan penilaian skor mulai dari 0-120.

Sesi Tes TOEFL Online (Internet Based Test - IBT)

sumber gambar : Bestmytest.com

Tes TOEFL IBT dibagi menjadi 4 sesi ujian, yaitu Reading, Listening, Speaking, dan Writing yang penjelasannya sebagai berikut.

a. Sesi Reading
Tes TOEFL online atau IBT akan memberi pertanyaan sesuai dengan daftar bacaan yang telah tersedia oleh soal tersebut. Umumnya, satu daftar bacaan terdiri atas 12 hingga 14 pertanyaan. Pada sesi ini, peserta dituntut untuk memiliki pemahaman bahasa Inggris dengan tingkat mahir jika ingin memperoleh nilai yang baik karena bacaan yang panjang. Sesi reading biasanya berjalan sekitar 60 hingga 80 menit.

b. Sesi Listening
Dalam IBT, sesi listening meliputi, dua percakapan ditambah dengan empat kuliah atau diskusi akademik. Di bagian pertama, peserta akan diberi 30 pertanyaan dan disampaikan ke dalam bentuk percakapan pendek. Untuk bagian kedua mempunyai 8 pertanyaan dan diajukan berbentuk percakapan, tapi dengan durasi yang lebih panjang. Dan di bagian ketiga, berisi 12 pertanyaan menurut sebuah ceramah atau kuliah.

c. Sesi Speaking
Dalam IBT, biasanya sesi speaking berisi 6 latihan, yang terdiri dari 2 latihan bersifat independen dan sisanya latihan yang saling berhubungan satu sama lain. Pada IBT sesi speaking sendiri diberi waktu sekitar 20 menit.

d. Sesi Writing
Sesi writing dalam IBT bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta dalam menulis memakai bahasa Inggris. Dalam IBT, biasanya terdiri atas dua latihan. Latihan pertama merupakan latihan yang berkaitan dan latihan yang kedua adalah latihan independen.

Cara Daftar Tes TOEFL Online

sumber gambar : id.scribd.com)

Cara daftar tes TOEFL IBT seluruh prosesnya via online. Mulai dari membuat akun, mendaftar, sampai pembayaran yang hanya berjalan selama 15 menit atau bisa lebih cepat. Usai mempunyai akun, peserta bisa langsung memesan order tes yang ingin diikuti. TOEFL IBT akan diadakan secara online, walaupun lokasinya nanti berada di Test Center yang sudah dipilih ketika order. Test Center berada di 11 wilayah Indonesia yaitu, Bandung, Batam, Denpasar, Jakarta, Makassar, Malang, Medan, Pekanbaru, Semarang, Surabaya dan Yogyakarta.

Terdapat dua jenis metode pembayaran yang dipakai yaitu, pembayaran secara elektronik dan voucher. Pembayaran elektronik meliputi, kartu kredit/debit, cek elektronik dan PayPal. Sedangkan, metode pembayaran via voucher hanya dapat dilakukan setelah membeli voucher sebelumnya. Voucher pembayaran ini disediakan oleh ETS dan bisa dibeli di lokasi Test Center. Harganya mungkin bisa bervariasi. Sebaiknya, hubungi langsung lokasi Test Center.

Cara Mengikuti Tes TOEFL IBT

sumber gambar : Toeflgoanywhere.org

Setelah menyelesaikan pembayaran, tunggu sesaat sampai pembayaran telah dinyatakan berhasil. Akan timbul layar bahwa order sukses dan peserta dapat mencetak “Konfirmasi Pendaftaran”. Lembaran konfirmasi ini harus dibawa saat mengikuti tes. Sebelum mengikuti tes TOEFL IBT, sebaiknya asah dulu kemampuan bahasa Inggris terutama pada empat komponen yang diujikan. Karena, apabila skor yang diperoleh di bawah harapan, kemungkinan besar akan mengulang dan mengikuti tes yang sama. Otomatis keluar biaya lagi.  Maka, sebaiknya siapkan kemampuan dulu sebelum tes TOEFL online berlangsung agar hasil yang diinginkan sudah sesuai target.

Demikianlah, ulasan tentang tes TOEFL online selengkapnya . Bagaimana? Tertarik belajar lebih banyak tentang tes TOEFL atau tips-tips tes TOEFL lainnya? Simak terus informasi terkini dari CekAja.com ya.



No comments:

Post a Comment

Terimakasih banyak pretty ladies untuk komentarnya :*