Saturday, March 18, 2023

Bingung dalam memilih produk kosmetik? SKINPROOF punya jawabannya!

Hai mommies.. 


Setelah melahirkan dan sibuk mengurus Miwa, aku memang jadi agak vakum nih di dunia per-beauty-an. Kayanya ngga update aja gitu dengan perkembangan trend skin care, makeup, hair care, atau body care terbaru.

Semenjak Miwa menginjak usia 3 tahun, aku mulai mencoba lagi untuk rutin merawat kulit wajah, tubuh, dan rambut. Jujur agak kaget karena ternyata perkembangan trend di dunia beauty ini pesat banget. Banyak produk yg keluar, banyak merk baru, dan banyak bahan aktif yang sebelumnya terdengar asing sekarang jadi diperbincangkan dimana – mana.

Jujur aku overwhelmed banget dengan semua ini. Bingung mau pakai produk yg mana, bingung mau mulai pakai yg mana, bingung produk mana yg cocok dengan kondisi kulit wajah aku, dan kebingungan – kebingungan lainnya.

Kemudian aku mulai nih “menganalisa” sendiri kulit wajah aku. Apa yg menjadi permasalahan di kulit wajah aku. Ternyata aku sadar diusia 30+ ini, kulit wajah aku yg tadinya berminyak sekarang menjadi kering. Kemudian mulai tampak garis – garis halus. Lalu aku mulai mencari kira – kira bahan aktif apa dan produk apa yg harus aku gunakan. Tentu mencari produk yg cocok dengan kulit wajah kita ngga instant. Butuh waktu untuk mencari tahu bahan kandungan suatu produk, klaim, review, dan akhirnya berani kita coba.

SKINPROOF ternyata mengerti banget nih apa yg aku dan mungkin mommies semua rasakan. Kita tuh bingung mau mulai pakai produk yg mana saking banyaknya produk yg beredar dipasaran.

Di hari Selasa, 14 Maret 2023 kemarin, SKINPROOF mengundang aku dan blogger lainnya untuk menghadiri acara “SKINPROOF  Workshop : The Importance of Product Credibility”. SKINPROOF mengerti banget dengan berkembangnya industri kosmetik yg sangat pesat dan membuat banyak dari kita kebingungan dan merasa kewalahan.

Sebenernya SKINPROOF itu apa sih? SKINPROOF merupakan salah satu anak perusahaan dari Arya Noble yang mencari tahu dan memahami apa yg dibutuhkan oleh masyarakat dan memberikan solusi. 


 

SKINPROOF melakukan evaluasi produk kosmetik, riset konsumen, dan memastikan bahwa produk yg digunakan oleh kita itu AMAN (baik dari bahan kandungan dan efeknya di kulit serta tubuh), TERBUKTI manfaatnya, dan EFEKTIF.

Alfons Sindupranata selaku CEO Arya Noble

Menurut Pak Alfons Sindupranata CEO dari Arya Noble, SKINPROOF berkomitmen untuk memberikan edukasi yg tepat kepada customer mengenai kulit dan permasalahannya serta kandungan yg tepat untuk menunjang kesehatan kulit.

Meskipun SKINPROOF merupakan keluarga besar dari Arya Noble, mommie ngga perlu khawatir karena SKINPROOF bergerak secara independen, netral, dan berintegritas. Karena SKINPROOF berharap masyarakat semakin aware dengan kredibilitas produk sehingga dapat memilih produk kosmetik yg tepat dan bermanfaat bagi kulit.

Bagaimana kita tahu klo produk yg kita gunakan aman, terbukti, dan efektif?  Apt. Theresia, S.Farm selaku Head of Skinproof memberikan tipsnya nih. 

 

Apt. Theresia Sinandang, S.Farm, Head of SKINPROOF

Cari tau sebanyak – banyaknya informasi mengenai produk yg akan kita gunakan. Paling mudah adalah dari label kemasannya. Baca bahan kandungan aktif (hero ingredients) dan klaim yg ditawarkan oleh produk tersebut.

Kenapa penting banget untuk kita mencari tau kandungan dan klaim dari suatu produk?

Pertama : hero ingredients membantu kita sebagai customer untuk tahu apakah produk yg kita gunakan ini mempunyai manfaat yg sesuai dengan kondisi dan permasalahan kulit kita.

Misalnya kulit kita kering, pasti kita mencari produk dengan hero ingredients untuk melembankan seperti hyaluronic acid, ceramide, dll.

Kedua : baca klaim. Ini super penting. Kenapa? Karena klaim merupakan “alat marketing” yang sangat powerful untuk menarik minta masyarakat untuk membeli produknya taapiii jelas klaim ini harus dipertanggung jawabkan oleh kosmetik tersebut.

Cari tau apakah kandungan yg terdapat pada produk tersebut sesuai dengan klaim yg diberikan. Misalnya ada produk yg terlihat bombastis dalam mengklaim atau overclaim, mungkin kita bisa lebih meneliti lagi sebelum memutuskan untuk membali dan memakai produk tersebut.

SKINPROOF sendiri telah dipercaya untuk berbagai macam merk kosmetik terkenal seperti ERHA, Somethinc, Wardah, Y.O.U, ROHTO, dan masih banyak lagi.

Kemudian ada juga Apt. Ike, S.Farm yg spill nih buat mommies semua hero ingredients terbaru yg sedang naik daun dan diprediksi akan booming di tahun – tahun ke depan. 

Apt. Ike Indrawanti, S.Farm, Cosmetic Scientist
 

BEL-EVEN™ untuk mengurangi efek kulit stress dan memperbaiki denistas kulit, ADEPLUMP untuk membantu memperbaiki elastisitas kulit dan memberikan kulit yg lebih kenyal, AD-RESYL® untuk mencegah gejala yg timbul dari atopik dermatitis, dan ALGAKTIV® untuk mempercepat perbaikin sel – sel kulit. 

 


Diacara ini aku juga melakukan skin test dengan alat MARK-VU. Hasilnya ternyata kulit wajah aku kering. Aku jadi mau semakin rajin nih pakai hyaluroni acid :D



KESIMPULAN :

Aku seneng banget diundang menghadiri acara ini karena sekarang aku ngga perlu bingung dan ragu – ragu lagi dalam mencari produk yg akan aku gunakan. SKINPROOF membuat aku yakin bahwa produk yg sekarang sedang aku gunakan teruji keamanannya, terbukti, dan efektif memberikan manfaat.

Sayangnya untuk sekarang SKINPROOF belum bisa memberikan apa saja merk kosmetik yg telah melakukan uji kosmetik dan risetnya di SKINPROOF karena tentu hal tersebut masih merupakan confidential. Tapi kita harap ya di masa mendatang baik merk kosmetik dan SKINPROOF bisa memberikan suatu “tanda” bahwa produk ini telah diuji oleh SKINPROOF sehingga kita semakin yakin untuk menggunakan produk tersebut.

Dan tentunya sebagai customer kita harus teliti dan ngga boleh malas membaca dan mencari tahu kandungan serta klaim produk yg akan atau sedang kita gunakan. Inget selalu apa kata pak Alfons kalo produk yg kita gunakan harus : AMAN, TERBUKTI, dan EFEKTIF.

 

Cheers,

Amanda 

Website SKINPROOF 

Instagram SKINPROOF 

 Instagram Arya Noble 



No comments:

Post a Comment

Terimakasih banyak pretty ladies untuk komentarnya :*