Thursday, August 8, 2019

Tips Membuat Foto Prewedding dengan Biaya Terjangkau

Assalammu’alaikum pretty ladies..


Melanjutkan series #Wedding101 versi aku yang aku tulis diblog ini, kali ini aku mau share tips membuat foto prewedding on budget alias bagaimana membuat foto prewedding dengan biaya yang cukup terjangkau. Jadi kalo pretty ladies penasaran bagaimana caranya, baca terus sampai kebawah ya ;)


Menurut aku pribadi, membuat foto prewedding bukan merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap pasangan calon pengantin. Maksudnya kalo mau bikin, ya boleh. Kalo ngga mau bikin, ya ngga masalah. Bukan sesuatu yang wajib banget dipersiapkan saat akan menikah seperti menyiapkan mas kawin (mahar) misalnya. Jadi balik lagi kepada keinginan masing – masing.

Awalnya aku dan Reza pun tidak berniat untuk membuat foto prewedding. Karena saat itu Reza sedang ditempatkan di Cilegon dan aku masih kerja di Jakarta dan hanya libur di hari minggu. Rasanya sulit mencari waktu untuk melakukan foto prewedding ditambah masih menyiapkan perintilan untuk persiapan pernikahan.

Tapi kemudian mba WO aku nanya, apakah ada foto yang akan dipajang didepan pintu masuk menuju venue pernikahan? Karena dari pihak dekor sudah menyiapkan dua standing canvas untuk foto tersebut.  Baru deh aku sama Reza berpikir “apa kita buat aja ya foto prewedding?”

Googling sana sini mengenai jasa fotografer prewedding, wawww harganya lumayan juga ya. Berkisar antar 5 sampai 15 juta. Dan tentunya aku, Reza, dan pihak fotografer pun harus menyamakan hari untuk melakukan pemotretan. Gimana ya, sedangkan aku dan Reza hanya cuti dua hari sebelum hari H. Bingung deh. Akhirnya, aku berpikir untuk : bikin foto sendiri aja deh. Aku kan punya DSLR ini :D

Menentukan Lokasi

Setelah aku diskusikan dengan Reza mengenai ide ini dan Reza setuju, hal pertama yang aku lakukan adalah menentukan lokasi. Karena Reza ngga bisa cuti, jadi aku dan adikku (yang nanti akan menjadi fotografer ala – ala) yang akan pergi ke Cilegon.

Tapi kemudian aku juga bingung, dimana ya lokasi yang bisa kita lakukan untuk melakukan foto prewedding? Maunya sih ada foto untuk indoor dan outdoornya juga tapi ngga terlalu jauh dari pusat kota Cilegon. Karena aku dan adikku ke Cilegon sabtu sore, rencananya foto dilakukan pagi sampai siang agar sore bisa pulang lagi ke Jakarta.

Setelah googling dan cari – cari hotel, pilihan aku jatuh pada Greenotel Cilegon. Greenotel Cilegon ini ngga cuma sekedar hotel, tetapi juga mempunyai wisata petualangan yaitu waterpark yang terletak menyatu dengan hotel. Selain itu terdapat pepohonan hijau di arena waterpark yang bisa aku gunakan untuk lokasi foto. Lokasinya sendiri berada di pusat kota yang dekat dengan mall dan berbagai tempat kuliner disekitar hotel.

Sumber Gambar : Pegipegi 

Sumber Gambar : Pegipegi


Selanjutnya yang aku lakukan adalah pesan hotel melalui pegipegi.com .Aku pilih booking hotel melalui Pegipegi karena sebelumnya aku sudah pernah menggunakan Pegipegi untuk booking hotel dan menurut aku pelayanannya sangat memuaskan.

Di Pegipegi terdapat berbagai macam metode untuk melakukan pembayaran (transfer, kartu kredit, cicilan, dan pembayaran di swalayan) dan yang pasti banyak promo hotel dong maklum pengabdi promo. Selain itu jika dibandingkan dengan booking disitus lain, di Pegipegi harganya adalah harga yang palinggg murah. Jadi bisa dibilang Pegipegi adalah tempatnya booking hotel murah.

Persiapkan Peralatan yang dibutuhkan

Untuk sesi foto prewedding ala – ala ini, alat yang pastinya dibutuhkan adalah kamera DSLR. Kamera DSLR beserta lensa, memory card, dan charger baterai aku yang bawa pada saat berangkat ke Cilegon. Sedangkan tripod dan ringlight sudah dibawa Reza diminggu sebelumnya saat Reza pulang ke rumah dan berangkat kembali ke Cilegon.

Selain itu yang aku siapkan adalah baju yang akan aku gunakan dan makeup. Untuk baju, aku menyiapkan dua baju. Satu blazer dan kemeja putih untuk foto casual di dalam kamar hotel dan dress untuk foto outdoor.

Eksekusi hari H

Pada saat aku tiba di Greenotel Cilegon, aku langsung suka banget dengan suasananya. Karena suasananya homeeey banget. Dari depan hotel ini terlihat minimalis, tetapi setelah masuk baru terlihat bahwa hotel ini luas. Dekorasinya juga sangat instagramable.

Karena pada saat aku kesana merupakan weekend, banyak banget keluarga yang juga menginap disana. Dan pada hari minggu pagi saat melakukan sesi foto, banyak keluarga yang berwisata petualangan di waterpark. Seruu banget. Aku sampai niat kalo nanti udah nikah sama Reza, mau nginep ke sini berdua.
Sumber Gambar : Pegipegi

Sumber Gambar : Pegipegi
Sumber Gambar : Pegipegi


Aplikasi Untuk Edit Foto

Karena aku ngga bisa edit foto menggunakan photoshop, jadi aku menggunakan aplikasi edit foto yang ada di Play Store. Yang aku gunakan adalah Snapseed karena aplikasi ini membantu banget untuk merubah warna foto atau membantu membuat tampilan blur semakin tajam.

Hasil Foto Indoor di Dalam Kamar Hotel





Hasil Foto Outdoor di Luar Hotel Dekat Arena Waterpark






Total Biaya yang diperlukan

  • Booking Hotel Rp 450.000,-
  • Transport PP Jakarta – Cilegon dengan travel untuk dua orang Rp 350.000,-
  • Makan Rp 200.000,-
  • Cetak Foto 2 buah foto 20R Rp 200.000,-
  • Pigura Foto 20R 2 buah Rp 250.000,-
  • = Rp 1.450.000,-


Menurut aku sendiri biaya yang aku keluarkan ini sangat terjangkau untuk foto prewedding karena sudah termasuk biaya hotel, transport, makan, cetak, serta pigura. Sedangkan jika menggunakan fotografer biasanya biaya jasa belum termasuk transport, makan, dan perizinan tempat.

Semoga postingan aku kali ini membantu untuk pretty ladies yang ingin melakukan foto prewedding sendiri tentunya dengan biaya yang lebih terjangkau. Sampai ketemu lagi dipost aku selanjutnya :*


No comments:

Post a Comment

Terimakasih banyak pretty ladies untuk komentarnya :*