Tuesday, May 16, 2017

Tips Cantik Menulis Asik ala Ani Berta

Assalammu’alaikum pretty ladies...


Semenjak menulis blog ini semenjak Desember 2014 lalu, beberapa kali dapat pertanyaan “ka Manda, gimana sih caranya menulis blog?”. Sejujurnya aku sama sekali ngga tahu bagaimana cara menulis yang baik dan benar untuk artikel maupun blog. Selama ini aku menulis karena aku suka. Ibaratnya suka motret tapi ngga tau gimana mengatur kameranya. Sehingga ketika bunda Yonna (@YonnaKairupan) mengajak aku untuk membuat kumpul kecil – kecilan bersama teh Ani Berta (@Ani.Berta) dan blogger dari Indonesian Female Bloggers (@FemaleBloggersID) untuk membahas tips dan trik menulis blog, aku langsung semangat buat ikutan.


Awalnya bunda Yonna iseng chatting dengan teh Ani, kemudian terbersit dibenak mereka untuk membuat “kelompok belajar” bareng dengan blogger – blogger tentang “The Power of Content”, alias bagaimana caranya menulis blog yang ngga hanya sekedar menulis, tapi juga memberi informasi yang bermanfaat kepada para pembaca di blog kita.

Karena ini acara superrr mendadak, Alhamdulillah dikasih support oleh Kanawa Coffee and Munch untuk mengadakan acara kumpul – kumpul ini disana. Seneng banget. Apalagi restoran kece yang terletak di Senopati, Jakarta Selatan ini nyaman dan tempatnya instagramable banget.
Acara dibuka oleh bunda Yonna (www.thekairupan.com) selaku founder dari Indonesian Female Blogger. “Senang sekali ternyata banyak blogger yang hadir untuk mencari ilmu bersama – sama dalam hal blogging. Sesuai dengan motto Indonesian Female Bloggers yaitu empowering each other, semoga kita semua bisa selalu mensupport satu sama lain dimulai dari acara The Power of Content ini”.

Bunda Yonna Kairupan

Selanjutnya ada Ella dari www.nyonyamalas.com . Disini Ella share kenapa memberi nama blognya menjadi nyonya malas. Ternyata menurut Ella nama aslinya sedikit susah diingat. Jadi Ella memilih memberi nama yang mudah diingat, lahirlah Nyonya Malas.


Ella dan Bunda Yonna 

Kalo pretty ladies main ke blognya Ella, pasti betah banget deh. Karena tulisan Ella itu mengalir yang membuat pembaca seakan – akan sudah kenal dekat dengan Ella. “kekuatan” yang dimiliki oleh Ella ini menjadikan Ella sudah memenangi banyak kompetisi blog loh. Harus banget nih belajar dari Ella.

Kemudian aku diminta ikutan sharing oleh Bunda Yonna tentang pageview blog. Kalo boleh sedikit cerita, awal nulis blog pageview perhari aku itu kecillll banget. Sekitar seratus. Lama – lama naik menjadi dua ratus, tiga ratus, seribu, dua ribu, dan di akhir tahun 2016 pageview aku sekitar 10.000 per hari.



Kaget banget bisa mencapai pageview sebanyak itu. Karena seperti yang aku tulis diatas, aku menulis tapi bener – bener belum ada ilmunya. Karena aku menulis berdasarkan hal yang aku suka. Tapi dari bulan Januari sampai dengan bulan Maret tahun ini, pageview aku menurun drastis. Jadi hanya sekitar 5.000 per hari. Hal ini dikarenakan aku mulai ngga konsisten menulis, ada yang satu bulan hanya dua artikel. Dari perjalanan pageview aku yang naik turun ini, aku bisa simpulkan bahwa ;

  • Pageview aku bisa seperti sekarang karena aku menulis khusus tentang kecantikan. Ketika aku menulis diluar kecantikan, klik per- artikel tidak sebanyak artikel tentang kecantikan

  • Konsistensi dalam menulis itu penting banget. Ketika kita menulis artikel konsisten, katakanlah 10 artikel dalam sebulan, maka pageview bisa tetap konstan atau bertambah. Tetapi ketika kita menulis artikel tidak konsisten, katakanlah di bulan kemarin 5 artikel dan dibulan ini 8 artikel, maka pageview perhari akan mengalami naik dan turun. Sebisa mungkin usahakan untuk menulis artikel secara konsisten agar pageview tetap konstan.


Kemudian jenggg jengg..... Teh Ani dong share tentang pengalamannya dalam dunia blogging. Pasti pretty ladies sudah kenal ya sama teh Ani? Teh Ani sudah ngeblog di www.aniberta.com semenjak tahun 2008 loh. Wawwwww kece teh ^^ 

Teh Ani Berta 

Awal aku bertemu teh Ani itu disalah satu acara otomotif. Walaupun ketika bertemu, teh Ani terkesan ramah, jangan salah loh kalo soal blog teh Ani bisa “galak” juga. Apalagi jika setor tulisan tentang event report.

Teh Ani pernah bilang “Walaupun kita sibuk dengan urusan masing – masing, tapi jika datang ke suatu acara dan diharuskan untuk menulis event report, itu merupakan kewajiban dari komitmen yang kita buat”

Jujur ya sebelum bertemu teh Ani, aku orangnya tuh deadliner banget. Menulis blog mepet deadline. Ngga jarang menulis event reportnya bisa berminggu – minggu setelah acara selesai. Weittss ini jangan ditiru ya, karena ini big no and so wrong.

Menurut teh Ani, menulis event report maksimal 3 hari setelah acara dilaksanakan. Mengapa? Agar tulisan yang kita sajikan di blog ngga basi dengan acaranya. Misalnya nih kita menulis tentang fashion show yang sedang dilaksanakan selama seminggu. Jika kita menulis dua minggu setelah acara nya selesai, maka ketika tulisan tersebut kita “angkat” di blog, tulisannya menjadi “basi” karena acaranya sudah selesai dan memberikan informasi yang tidak up to date kepada para pembaca.

Semenjak satu project diacara otomotif tersebut dan aku “dipaksa” teh Ani untuk menulis artikel mengenai event report maksimal 3 hari setelah acara, aku jadi terbiasa untuk menulis event report lebih cepat. Biasanya jika acara tersebut diadakan pagi atau siang, malam harinya aku sudah mulai menulis draftnya. Esok harinya aku mulai mengedit foto yang sesuai dengan acara dan menambahkan atau merevisi draft yang sudah aku buat tadi. Selanjutnya tinggal post diblog. Selesai.

Oh iya membuat draft terlebih dahulu sebelum menulis blog juga merupakan salah satu trik dari teh Ani agar kita tidak lupa dengan apa yang sudah ada dibenak kita.

Berikut aku simpulkan apa yang aku dapat dari sharing dengan teh Ani ya :

  • Usahakan selalu untuk menulis dengan 5W + 1H (Why, What, When, Who, Where, dan Why). Sehingga tulisan yang kita buat dapat menjawab berbagai pertanyaan dari pembaca kita.
  • Gunakan kutipan dari narasumber agar tulisan kita menjadi lebih menarik dan mengalir.
  • Saat acara berlangsung, kita bisa melakukan live tweet mengenai isi acara. Tweet yang kita lakukan ini bermanfaat untuk membantu kita mengingat apa saja yang dibicarakan dan menjadi salah satu bahan untuk kita menulis diblog nantinya.
  • Jangan lupa untuk menulis nama dan gelar narasumber secara tepat ya. Untuk menghargai narasumber yang mengisi acara.
  • Jangan terpaku dengan press release. Press release hanya menjadi panduan tetapi semua hasil tulisan tetap berada ditangan kita.
  • Jika kita menggunakan foto blogger lain untuk blog, jangan lupa untuk mencatumkan sumber foto dan backlink ke blog yang kita pakai fotonya. Ini mungkin hal yang sepele tapi sering dilupakan banyak orang. Pasti pretty ladies ngga kepengen kan kalau fotonya diambil tanpa izin? Pemberian sumber gambar dan backlink ini merupakan penghargaan dan rasa terimakasih kepada blogger yang kita pakai fotonya.
  • Jangan malu untuk share tulisan kamu ke semua sosial media yang kamu punya. Hal ini akan meningkatkan kedatangan pembaca pada blog kamu. 

Kemudian ada juga Reiny dari www.andiani.net yang share tentang blogger dari sisi media. Reiny ini adalah social media spesialist di Fimela.com loh girls. Reiny menceritakan bagaimana pengalamannya sebagai media dalam project yang berhubungan dengan blogger. 



Waaaahhhhh sudah panjang aja nih tulisan aku. Sebenernya masih banyak yang ingin aku gali lagi dari teh Ani, tapi sayangnya waktunya ngga memungkinkan, huhuuhuu...

Semoga tips dari teh Ani ini membantu ya buat pretty ladies untuk membuat tulisan yang lebih asik dan lebih keren lagi. Dan semoga Indonesian Female Bloggers bisa mengadakan acara yang seru lagi seperti ini. Terimakasih banyaak ya IFB dan Teh Ani untuk ilmunya. See you in the next event ;*





4 comments:

  1. Terima kasih sharingnya,mbak. Aku jadi tau apa yg mesti aku lakuin untuk meningkatkan pageview ;)

    myelectricaldiary.wordpress.com :D

    ReplyDelete
  2. Bersyukur kemaren bisa ikutan acara ini jadi banyak bangef Ilmu yg di dapet dr Blogger2 yg ngehits kaya Mba Manda.

    Setuju Mba konsisten buat nulis mesti ditingkatkan lagi niyy and berusaha juga biar gak Deadline kalau buat tulisan.. Heheheh maklum saya juga termasuk deadliner

    ReplyDelete
  3. Adain di Bandung donk biar kami di Bandung bisa ikut "pintar" hehehee

    ReplyDelete
  4. Adain di luar Jabodetabek donk mbk biar bisa sharing juga 😊

    ReplyDelete

Terimakasih banyak pretty ladies untuk komentarnya :*