Tuesday, May 9, 2017

Bebas Iritasi Wajah dengan Mengenal Umur Kosmetik

Assalammu'alaikum pretty ladies..



Apa kalian tau kalau kosmetik itu juga rawan akan bakteri lho? Pasti jarang dari kalian yang berfikir kalau kosmetik milik kalian bisa “basi” seperti makanan. Perlu kalian tau kalau kosmetik juga memiliki “expired date” dan akan berbahaya jika digunakan lewat dari masa tersebut. Menggunakan bedak yang sudah expired memang tidak akan membuat kamu sakit, tapi itu bisa membuat kulitmu iritasi. Siapa yang mau membuang lipstik atau foundation kesayangannya? Pastinya enggak dong. Mari kita cari tahu seberapa lama mereka akan tetap ada di kotak kosmetikmu dan kapan waktunya kamu merelakan mereka!


Hati-hati ya Girls karena tidak semua produsen kosmetik mencantumkan expired date pada produknya. Terkadang beberapa produsen mencantumkannya hanya pada boxnya saja. Maka dari itu, sempatkanlah untuk mengecek box kosmetikmu sebelum membukanya. Kalau kamu orang yang pelupa, tetaplah simpan box tersebut supaya kamu tau kapan produk kosmetikmu tidak boleh lagi digunakan.

Expired date pada kosmetik ditulis dengan berbagai cara. Ada yang seperti expired date pada makanan yang bertuliskan tanggal, bulan, dan tahun (EXP DATE: dd/mm/yy). namun , yang paling banyak digunakan menggunakan simbol yang bertuliskan angka serta huruf. Huruf yang sering digunakan biasanya “M” yang berarti Month (bulan) atau “Y” yang berarti Year (tahun). Misalnya, jika pada kemasan kosmetikmu ada simbol wadah terbuka yang bertuliskan “6M”. Itu berarti kosmetikmu hanya dapat digunakan selama 6 bulan sejak kamu membukanya. Jika kamu tidak dapat menemukan yang seperti contoh diatas, yuk simak tips berikut:



Maskara

Umur  : 2-3 bulan

Saat kamu mulai merasa maskara mu lengket dan berbau aneh, jangan dipakai lagi ya! Selain itu, stop melakukan sharing mascara! Maskara yang dipakai bergantian akan menyebarkan kuman yang akan mempercepat masa pakai maskaramu. Kalau pun harus menggunakannya bersama, kamu bisa menggunakan aplikator sekali pakai.



Foundation dan Concealer

Umur  : 6-12 bulan

Ketika foundation atau concealer mu mulai terpisah menjadi beberapa lapisan, atau warnanya menjadi lebih terang, itu waktunya untuk membeli yang baru. Jangan biarkan foundation atau concealer terkena panas matahari. Simpan di tempat tertutup karena Sinar UV akan merusak pengawet kosmetik yang otomatis mengurangi umur foundation atau concealer.



Lipstik

Umur  : Lipstik 2 tahun, Lipgloss 1 tahun

Buang jika lipstikmu terasa lebih kering dari biasanya. Jika lipgloss mu mulai mengental juga sebaiknya jangan digunakan lagi. Simpan di tempat yang dingin dan kering. Hal terpenting, jangan pernah tinggalkan di dalam mobil ya!



Kutek

Umur  : 1-2 tahun

Jika kutek sudah mulai tepisah menjadi beberapa lapis atau saat dikocok tidak kembali meyatu, let it go! Sebaiknya, belilah kutek dengan kemasan yang lebih kecil. Selain bisa memperbanyak koleksi warna kutekmu, kamu juga bisa menghindari kutek yang terbuang karena expired.



Bedak, Eye Shadow dan Blush

Umur : Umur 2 tahun

Ketiga kosmetik ini akan menjadi lebih kering bahkan mengeras jika sudah tidak layak pakai. Jangan dipakai lagi ya! Bersihkan brush secara berkala karena bakteri yang tercampur kedalam kosmetik akan mempercepat umur kosmetik.



Jadi, apa kamu sudah menggunakan kosmetikmu dengan benar? Ada baiknya periksa kosmetikmu sekarang! Beberapa kosmetik yang jarang dipakai pasti sudah mendekati tanggal expirednya. Dari pada kosmetikmu akhirnya tidak terpakai dan kamu buang, lebih baik kamu jual kembali preloved makeup mu di Prelo. Selain dapat menjadi solusi masalahmu, kamu juga bisa mendapatkan uang untuk membeli kosmetik baru.


No comments:

Post a Comment

Terimakasih banyak pretty ladies untuk komentarnya :*