Thursday, March 5, 2015

DIY Eyeshadow Sealer

Assalammu'alaikum pretty ladies..


Jadi aku lagi seneng banget mainan makeup dengan eyeshadow pigment. Soalnya eyeshadow pigment warnanya lebih pigmented atau lebih kuat dibandingkan dengan eyeshadow biasa. Tetapi kendalanya adalah, karena eyeshadow pigment bentuknya bubuk, jadi eyeshadownya terbang ke mana-mana -__-

Liat-liat tips dari beauty blogger lainnya, sebelum mengaplikasikan eyesahdow pigment, kuas harus dibasahi dengan air terlebih dahulu. Sehingga warnanya semakin kuat dan bubuk eyesahdownya ngga terbang-terbangan ke mana-mana :D

Atau, bisa juga menggunakan produk seperti MAC mixing medium, atau ELF lock and seal yang di teteskan di kuas sebelum ditempelkan ke eyeshadow pigment. Tujuannya selain membuat warna eyesahdow pigment makin keluar, juga membuat warna eyeshadow lebih tahan lama. 

Nah, karena harga MAC mixing medium ini lumayan bikin nangis, dan ELF walaupun harganya terjangkau tetapi harus PO di beberapa online shop, jadi aku kepikiran untuk DIY eyesahdow sealer ini. Ubek-ubek google, eh ketemu resepnya. Nah ini dia aku share buat pretty ladies yang kepengen bikin juga ^_^ 



Bahan : 


  • Glycerin. Bisa didapatkan di apotik. Atau pretty ladies bisa beli online di www.tokopedia.com , dan tinggal tulis “glycerin” di kolom search. Glycerin ini adalah bahan baku pada pembuatan sabun dan berfungsi untuk melembabkan. Sehingga glycerin sering digunakan sebagai salah satu bahan baku pada produk perawatan kulit. Harganya berkisar antara Rp 15.000 - Rp 20.000 isi sekitar 30 ml. Ada yang vegetable grade ada yang ngga. Aku beli yang vegetable grade. 


  • Botol kecil. Boleh botol berbahan kaca atau plastik. Botol yang aku punya berbahan dasar kaca dengan tutup berupa pipet. 


  • Air 


Cara membuatnya : 

Campurkan 1 bagian glycerin dengan 3 bagian air ke dalam botol kecil. Kalo aku takarannya ½ sendok makan glycerin dicampurkan dengan 1 ½ sendok makan air. Udah deh tinggal dikocok pelan aja botolnya agar air dan glycerin nya bercampur. 



Cara pemakaian : 

Karena aku menggunakan botol pipet, aku tuangkan cairan DIY eyeshadow sealer ini ke wadah kecil seperti tutup botol. Kemudian basahi kuas dengan cairan ini, tetapi jangan terlalu basah banget. Kalo kuas nya terlalu basah bisa dipencet dengan dua jari agar cairannya berkurang. Kemudian tempelkan pada eyeshadow pigment yang mau dipakai, lalu oleskan deh ;) 


Ini aku coba di ELF eyeshadow pigment warna golden goddess. Dan aku bandingkan hasil warna eyeshadow yang didapatkan dengan cara dioleskan dengan kuas kering, kuas yang dibasahi air biasa, dan kuas yang dibasahi dengan cairan DIY eyeshadow sealer ini.


Hasilnya warna yang paling keluar adalah eyeshadow yang dioleskan dengan kuas yang dibasahi DIY eyeshadow sealer ini. Yeay ^^ 


Selanjutnya aku coba menggunakan ELF eyeshadow pigment magical maroon. Warna eyeshadow yang paling keluar adalah eyeshadow yang dioleskan dengan kuas yang dibasahi DIY eyeshadow sealer. 



Ini aku coba gosok dengan tisu kering. Eyeshadow yang dioleskan dengan kuas kering langsung hilang :D. Tetapi warna yang masih “on” yang dioleskan dengan DIY eyeshadow sealer. 


Kemudian aku basahi dengan air, 
 

Lalu digosok kembali dengan tisu kering. Hasilnya warna eyeshadownya menghilang, tetapi yang dioleskan dengan DIY eyeshadow sealer masih menampakkan warna kemerahan. 


Lalu karena aku masih penasaran, aku coba dengan ELF eyeshadow pigment warna naught noir. 


Warna yang dihasilkan dengan kuas yang dibasahi air dan kuas yang dibasahi dengan DIY eyeshadow sealer menampilkan warna yang sama. 
 

Tetapi ketika digosok dengan tisu, warna yang masih bertahan adalah warna yang dioleskan dengan DIY eyeshadow sealer. 


Kali ini aku coba dengan PAC loose eyeshadow no 06. Hasilnya hampir sama antara kuas yang dibasahi dengan air, dan kuas yang dibasahi dengan DIY eyeshadow sealer. Tetapi warna yang dihasilkan dengan kuas yang dibasahi dengan DIY eyeshadow sealermenjadi lebih pekat dan agak berwarna silver. 



Dan.. karena aku orangnya penasaran banget, aku cobain dengan eyeshadow biasa (bukan eyeshadow pigment). Dan eyeshadow yang aku pakai ini adalah Makeup Revolution Iconic 1 palette.
Aku coba warna coklat-gold shimmer ini..


Hasilnya, warna yang dihasilkan dengan kuas yang dibasahi DIY eyeshadow sealer memberikan warna yang lebih “gold”, dibandingkan dengan kuas yang dibasahi air. 


Sekarang aku coba di eyesahdow warna hitam, masih dari palette Makeup Revolution Iconic 1


Warna hitam yang paling pekat yang dioleskan dengan kuas yang dibasahi DIY eyeshadow sealer ^^ 


Kelebihan :

  • Murah
  • Mudah dibuat
  • Aman

Kekurangan :

  • Glycerin nya membuat cairan DIY eyeshadow sealer ini agak berbau seperti obat

  • Hanya dapat bertahan sekitar 2 minggu (karena tanpa pengawet). Jadi kalo udah 2 minggu, harus dibuang dan buat yang baru. Kalo saran aku sebaiknya membuat cairan DIY eyeshadow sealer sedikit aja. Soalnya hanya perlu sedikit banget cairan ini untuk membasahi kuas.

Secara keseluruhan aku cukup puas dengan DIY eyeshadow sealer ini. Murah, mudah dibuat, dan hasilnya memuaskan. Hihiihi. Eyeshadow pigment maupun eyeshadow biasa warnanya jadi lebih keluar dan lebih tahan lama. 

Semoga DIY aku kali ini bermanfaat yaa... Ketemu lagi di post DIY aku selanjutnya :*






14 comments:

  1. Wah aku juga pernah liat tutorialnya cuma aku pikir glycerin ga ada di Indonesia karena aku cari dimana2 gak nemu, hihi, thanks for sharing ka Manda :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Put awalnya aku juga sangsi kalo di Indonesia ada yg jual. Eh ternyata ada. Hihihi..
      Sama-sama Put, semoga membantu yaa :*

      Delete
  2. Thanks for sharing ka mandaaa :* kreatif ya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Anggie.. seneng kalo DIY nya membantu :*

      Delete
  3. thanks for sharing manda, tipsnya oke bangeeeett :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaah makasih banyak Nuri :*
      Seneng kalo tips nya membantu ^_^

      Delete
  4. wahh manda ini oke bangett loh.sukaaaaa

    ReplyDelete
  5. thx for sharing kakak....aku baru tau ada cara kayak giniiii....
    kindly visit my blog
    www.classybellepurple.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Classy..
      Iyaa ternyata bisa bikin DIY eyeshadow sealer sendiri juga, hehehe..
      Siap, mampir ke blog kamu ya :*

      Delete
  6. wow, harus segera bikin nih,kuas yang habis digunakan utk DIY sealer ini boleh dikeringkan biasa atau harus cuci pakai sabun kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Vina..
      Ayoo bikin juga ;)
      Kalo aku kuas yang abis dipake sama DIY eyeshadow sealer ini biasanya aku keringin biasa aja Vina ^^

      Delete
  7. thanks for sharing kak manda, ngacir ke apotik ah kalo sempat .

    http://kawaii-diary98.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. Halo Airin.. iyaa sama - sama.. seneng kalo post nya membantu :)
    Asik..
    Ditunggu DIY kamu yaa ^_^

    ReplyDelete

Terimakasih banyak pretty ladies untuk komentarnya :*