Wednesday, May 31, 2017

Grow Your Youtube Channel with Yonna Kairupan

Assalammu’alaikum pretty ladies..



Hari gini siapa sih yang ngga pernah buka Youtube? Dipastikan hampir 95% orang setiap hari membuka Youtube. Entah untuk lihat makeup tutorial, review produk, resep masakan, dan masih banyak yang lainnya. Kepengan ngga jadi Youtuber atau bahasa kerennya content creator? Pasti pengen dong. Tapi masalahnya terkadang kita ngga tau, gimana sih caranya menjadikan channel Youtube dan video kita itu banyak yang nonton. Biasanya kita “cuma” ikut – ikutan aja bikin video atau ngevlog biar kekinian. Nah untuk itu bunda Yonna Kairupan (@YonnaKairupan) dan Indonesian Female Bloggers (@FemaleBloggersID) mengadakan acara “Grow Your Youtube Chanel” di hotel Best Western Premier The Hive, tepatnya di ruang Trigona hari Sabtu tanggal 27 Mei 2017 lalu. Penasaran gimana langkah – langkahnya supaya video kamu jadi lebih keren? Baca terus sampai bawah ya ^^

Ngga kenal maka ngga sayang. Yuu kenalan dulu dengan Yonna Kairupan. Ibu empat orang anak ini merupakan beauty & sfx makeup artist, videografer, content creator, sekaligus founder dari Indonesian Female Bloggers dan Indonesian Female Vloggers. Wah kece!



Menurut bunda Yonna, banyak banget alasan kenapa kamu harus memulai Youtube dari sekarang. Mulai dari networking, menambah atau memperdalam kemampuan kita, sampai ngga bisa dipungkiri bahwa Youtube akan memberikan kita pendapatan dari setiap video kita yang “ditempeli” oleh iklan.




#1 Know Your Self

Sebelum memulai membuat video di Youtube atau menjadi seorang content creator, paling penting nih kenali dulu siapa diri kamu. Mulai dari mengetahui apa kelebihan dan kekurangan diri kamu. Dengan begitu kamu tau video apa yang akan kamu buat berdasarkan kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki.

#2 Fokus

Sebelum memulai menjadi seorang content creator, fokus pada satu tema utama pada channel Youtube kamu. Misalnya tentang kecantikan, travelling, resep masakan, ataupun parenting. Sehingga orang yang “ngga sengaja” nonton video kamu, akan subscribe ke channel Youtube kamu karena tau kamu selalu mengupload video dengan tema yang sama.

Hal yang penting juga dari sekian banyak content creator, kamu harus membuat diri kamu berbeda dan outstanding. Sehingga orang merasa harus banget subscribe ke channel Youtube kamu. Misalnya seperti mba IniVindy yang sering memakai bahasa jawa dalam videonya, atau Rachel Goddard yang menyelipkan parodi pada setiap videonya walaupun video yang dia buat adalah tentang kecantikan. Hal unik inilah yang harus kamu punya untuk membedakan kamu dengan content creator lainnya.



#3 Value

Tentukan channel Youtube kamu mau dibawa kemana sih? Apa mau dijadikan channel yang berisi informasi, inspirasi, motivasi, atau hiburan. Dasar inilah yang membuat kamu lebih mudah dalam membuat video – video yang akan ditayangkan di channel Youtube kamu.

#4 Start

Udah baca dari 1 sampai 3, saatnya kamu mulai dong. Jangan nunggu punya kamera bagus atau nunggu bisa ngedit video. Everyone has to start somewhere. Kalo kebanyakan nunggu terus, kapan mulainya?

#5 Youtube Search

Cari apa sih yang lagi hits di Youtube? Kamu bisa sambungkan dengan video kamu, sehingga semakin banyak calon pengunjung yang akan berkunjung ke video kamu.

#6 Konsisten

Nah ini dia yang agak susah tapi harus dijalankan. Kamu harus konsisten dalam mengelola channel Youtube kamu, terutama dalam hal kapan kamu mengupload video. Seminggu sekali kah, atau dua kali dalam seminggu. Begitu juga dengan tema video kamu. Stick pada satu, dan konsisten dengan tema tersebut.


#7 Ready For Haters

Siap mental baja menghadapi berbagai macam komentar yang muncul di video kamu, bahkan dislike. Bijak untuk menanggapi dan jangan mudah terpengaruh.

#8 Hustle More

Share dong video kamu sebanyak – banyak nya di semua sosial madia yang kamu punya. Ngga perlu malu. Karena ini merupakan salah satu cara yang membuat orang – orang mengetahui adanya video yang kamu buat serta salah satu cara menarik calon pengunjung.

Di acara ini bunda Yonna juga men-challenge peserta untuk mempraktekkan apa yang telah bunda Yonna share loh. Seru banget acaranya. Dan aku merasa beruntung banget bisa mengikuti acara ini. Karena materi yang dibawakan bener – bener bermanfaat untuk mulai melakukan Youtube lebih serius lagi. Ngga asal bikin video, edit, terus upload.



Selain itu dari acara ini kita juga diajarkan untuk lebih mengetahui kelebihan serta kekurangan kita, serta diarahkan video seperti apa yang akan kita buat berdasarkan kelebihan dan kekurangan kita. Dan yang paling penting menurut bunda Yonna adalah, be original. Terinspirasi boleh, tapi jangan meniru. Misalnya nih kamu ngefans banget sama Rachel Goddard, terus semua gayanya Rachel kamu tiru. Sampai nada saat ngomong “welcome back to my channel”-nya aja sama. Nah dijamin deh yang lihat video kamu langsung males karna keliatan banget kamu nyama – nyamain Rachel.


Karena waktu sudah menunjukkan maghrib, maka semua peserta berbuka terlebih dahulu kemudian solat maghrib di musholla yang berada di lantai 3 hotel Best Western Premier The Hive ini. Di lantai ini terdapat banyak ruangan yang biasanya digunakan untuk acara – acara pertemuan dan pesta, seperti ruangan Trigona ini. Setiap ruangannya mempunyai besar yang berbeda – beda disesuaikan dengan kebutuhannya.

Selesai solat, semua peserta diajak berbuka puasa di Heather Restaurant yang berada di lantai 5 hotel Best Western Premier The Hive. Selama bulan puasa, Heather Restaurant menyajika 60 macam takjil untuk semua pengunjungnya. Beneran 60 macam!!. Mulai dari kolak biji salak sampai es serut. Belum lagi adanya berbagai macam gorengan, salad, sampai soto. Hati senang perut kenyang. Manteeeep banget.

Selesai acara semua peserta mendapatkan goodie bag berisi produk NYX Cosmetics. Ya ampun hari ini menyenangkan banget. Udah materi yang dibawain kece, ruangan saat acara di hotel Best Western Premier The Hive super nyaman, buka puasa yang super enak dan kenyang di heather restaurant, sampai dengan lipstick yang bejibun banyaknya dari NYX Cosmetics. Ahh senangnya *_*

Terimakasih banyak bunda Yonna, Indonesian Female Bloggers, Best Western Premier The Hive, beserta NYX Cosmetics untuk acara yang sangat bermanfaat ini. Semoga aku bisa mengikuti acara – acara selanjutnya. Stay fabulous :*  


Best Western Premier The Hive
Alamat: Jl. DI. Panjaitan Kav. 3-4, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13340
Telepon: (021) 29821888
Facebook: Best Western Premier The Hive
Instagram: @bwpthehive
Twitter: @bwpthehive




1 comment:

  1. Manda langsung dipraktekin untuk enggak dubbing. Dan emang Enakan suara asli lw manda :))

    ReplyDelete

Terimakasih banyak pretty ladies untuk komentarnya :*