Tuesday, March 24, 2015

Bagaimana Memilih Bra yang Sesuai?

Assalammu’alaikum pretty ladies...

Kali ini aku mau post sesuatu yang berbeda, maksudnya bukan makeup dan beauty, tetapi semua perempuan harus tahu. Yaitu bagaimana memilih bra yang baik dan tepat untuk tubuh kita. Jadi aku pikir kayanya seru juga kalo aku tambah kategori di blog aku dengan “health” ^^

Memilih ukuran bra yang tepat dan sesuai dengan tubuh kita itu penting banget. Kenapa? Karena bra akan menopang payudara, sehingga punggung tidak terasa sakit dan pegal. Juga, bra yang bagus menjaga agar bentuk payudara tetap bagus sesuai dengan bentuk aslinya. Salah memilih ukuran bra membuat perasaan tidak nyaman ketika dipakai juga menjadikan postur tubuh menjadi tidak bagus.


Ukuran payudara akan berubah seiring dengan perjalanan waktu. Ketika remaja kemudian dewasa, ukuran payudara tentu akan berubah mengikuti pertumbuhan. Kehamilan, naik atau turun berat badan juga akan merubah ukuran payudara. Sehingga ketika pretty ladies mulai tidak nyaman dengan bra yang dipakai, coba diukur ulang. Mungkin saatnya membeli bra baru dengan ukuran yang berbeda.

Kenapa begitu yaa... hmm.. coba kita lihat ke anatomi payudara di bawah ini ;)




Payudara terdiri dari 80% lemak. Sehingga ketika kita naik berat badan, atau turun berat badan yang mempengaruhi kadar lemak di tubuh kita, maka akan mempengaruhi juga kadar lemak di payudara. Sehingga tentu ukuran payudara akan berubah sesuai dengan perubahan lemak di dalam tubuh kita. Itulah mengapa ketika seseorang ingin menurunkan berat badan, tidak boleh secara drastis tetapi harus bertahap. Karena salah satu alasannya, ketika berat badan turun secara drastis, membuat kadar lemak di payudara turun juga secara drastis, dan menjadikan payudara terlihat “kendur” atau tidak kencang.

Selain itu, saat kehamilan, hormon progesteron dan estrogen merangsang pembesaran kelenjar yang akan menhasilkan air susu, sebagai persiapan untuk menyusui. Sehingga dengan demikian payudara menjadi membesar.

Kebanyakan dari kita, memakai ukuran bra dengan cara dikira-kira. Misalnya, dikira-kira kayanya yang ini cukup deh, dan ketika dipakai kita merasa nyaman, dan itu menjadi patokan kita selanjutnya untuk membeli bra kembali. Tetapi kalo dikira-kira belum tentu bra yang kita pakai sesuai dengan ukuran payudara kita.

Nah bagaimana cara mencari tahu ukuran bra yang sesuai dengan payudara kita? Caranya cukup mudah dan dapat dilakukan dirumah ko ^^. Pertama, ambil pita meteran. Iyaa, pita meteran yang suka ada di tukang jahit. Kalo belum punya, bisa dibeli di toko peralatan jahit. Karena kita mengukur ukuran bra menggunakan pita ini ;)

Pertama kita akan mengukur ukuran bra yang akan kita pakai. Yaitu ukuran seperti 32, 34, 36, dan selanjutnya. Caranya, ukur bagian dada kita, yaitu bagian bawah persis bagian payudara. Seperti di gambar ini.

Kemudian berapa centimeter hasil yang kita dapatkan dicocokkan dengan tabel di bawah ini. Untuk UK/USA biasanya menggunakan ukuran 32, 34, dan setersunya. Tetapi untuk ukuran eropa (EUR) menggunakan ukuran 70, 75, dan seterusnya. Di Indonesia lebih familiar dengan ukuran 32, 34, dan seterusnya. Misalnya lingkar bagian bawah dada kita 78 cm, berarti ukuran bra nya adalah 36.


Selanjutnya kita akan mengukur ukuran cup bra. Ukuran cup bra biasanya ada A, B, sampai E. Tujuan mengukur cup bra ini adalah agar bra yang kita kenakan terasa nyaman dan cup ini akan menyangga payudara dengan baik sehingga tubuh manjadi bagus saat mengenakan pakaian.

Cara mengukurnya, lingkarkan pita meteran pada bagian puncak payudara (bukan bagian atas dada). Atau bagian payudara yang paling tinggi, atau biasanya dimana terdapat bagian puting payudara.



Kemudian dicocokkan di tabel berikut, sesuai dengan ukuran bra yang telah kita hitung tadi.


Misalnya ukuran bagian bawah dada 78 cm, sehingga memakai bra ukuran 36. Dan ukuran puncak payudara 92 cm, sehingga memakai cup B. Jadi bra yang digunakan adalah ukuran 36 cup B.

Mudah kan?
Nah bagaimana memasyikan bahwa bra yang kita pakai sudah sesuai dengan tubuh kita?
  • Tali bra menempel tetapi tidak menekan bahu
  • Bagian cup payudara menutupi payudara dengan baik. Tidak ada bagian payudara yang keluar dari cup
  • Bagian tengah bra menempel datar dengan tubuh
  • Jika memakai bra berkawat, kawatnya tidak menggantung di udara. Tetapi menempel pada tubuh.
  • Strap atau bagian belakang bra, membentuk garis mendatar dan tidak melengkung






Kalo udah tau ukuran bra kita, sekarang kita juga harus tahu model bra yang cocok dan sesuai dengan tubuh kita ^^

Full Cup Bra 



Bra jenis ini cocok dipakai untuk perempuan yang memiliki payudara penuh. Bra model ini dapat menyangga payudara dengan baik dan memberi kenyamanan ekstra pada pemakainya.

Side Support Bra 


Bra jenis ini cocok dikenakan untuk perempuan yang memiliki payudara penuh serta ingin sedikit lebih terlihat “penuh di bagian depan”. Bra jenis ini akan memberikan bentuk yang bagus pada payudara ketika mengenakan pakaian.

Moulded Bra 


Bra jenis ini cocok dipakai untuk semua ukuran payudara. Memberikan bentuk dada menjadi lebih bagus saat mengenakan pakaian.
 
Balcony Bra 


Bra jenis ini juga cocok dipakai untuk semua ukuran payudara. Dan biasanya dikenakan saat memakai baju dengan bagian leher yang rendah. Sehingga ketika memakai baju dengan bagian leher rendah dengan bra ini menjadi terlihat sexy not skanky.

Plunge Bra 


Bra jenis ini cocok dipakai untuk semua ukuran payudara, tetapi plunge support bra cocok dipakai untuk perempuan dengan payudara yang kecil. Plunge bra akan memberikan kesan sexy saaat dipakai karena membuat cleavage atau bagian tengan payudara terlihat lebih menonjol.

Half Cup Bra 

Untuk yang ini lebih menonjolkan cleavage atau belahan dada, half cup bra ini cocok untuk dikenakan. Tetapi tidak cocok dikenakan untuk perempuan berpayudara penuh. Karena akan membuat payudara tidak tersangga sempurna dengan bra model ini.

Strapless Bra 


Bra jenis ini cocok dipakai ketika memakai baju atau dress dengan model kemben. Sehingga tetap memberikan bentuk dada yang bagus ketika mengenakan kemben.

Nursing Bra 


Bra jenis ini dipakai untuk ibu menyusui agar lebih mudah saat menyusui bayi.

Sport Bra 



Sesuai namanya, sport bra digunakan saat pretty ladies berolahraga, atau beraktifitas yang menuntut gerakan yang aktif.

Pernyataan yang paling sering aku dengar adalah, memakai bra berkawat akan menyebabkan kanker payudara. Heemmm... bener ga ya?


Bra berkawat salah satu penyebab kanker payudara dicetuskan oleh Sydney Ross Singer dan Soma Grismaijer pada tahun 1995 dalam buku yang mereka tulis berjudul “Dressed to Kill”. Mereka menyebutkan bahwa kawat pada bra menyebabkan penyempitan kelenjar getah bening di sekitar payudara yang akan menyebabkan terjadinya kanker payudara.

Tetapi, Dr. Susan Love di bukunya yang berjudul “Breast Love” menyebutkan tidak ada hubungan antara pemkaian bra berkawat dengan terjadinya kanker payudara. Risiko terjadinya kanker payudara meningkat pada wanita obesitas. Sedangkan wanita obesitas biasanya memakai bra berkawat untuk menjaga bentuk payudaranya. Jadi, salah satu faktor yang berpengaruh terjadinya kanker payudara bukan bra berkawat, melainkan obesitas. Selain obesitas masih banyak faktor penyebab kanker payudara lainnya. Insya Allah aku akan post tentang kanker payudara ini di post tersendiri ya ^^

Pada tahun 2014 dilakukan penelitian yang mengikuti 1000 wanita dengan kanker payudara, dan 500 wanita yang tidak terkena kanker payudara, dihubungkan dengan lamanya pemkaian bra berkawat setiap hari. Hasilnya tidak ditemukan hubungan atau korelasi antara pemakaian bra berkawat dengan terjadinya kaker payudara. Jadi pretty ladies ngga perlu khawatir lagi apabila ingin memakai bra berkawat ;)

Saran aku ketika memilih, membeli, dan merawat bra :
  • Pilihlah bra yang bagus. Yang nyaman ketika dikenakan, misalnya berbahan cotton dibandingkan nylon, juga awet. Karena bra akan menopang payudara kita, dan penting untuk memakai bra yang bagus yang dapat menopang payudara kita dengan baik serta memberikan bentuk yang bagus. Ngga mau kan kalo masih muda tetapi bentuk nya sudah tidak bagus?
  • Kadang harga menjadi pertimbangan saat memilih bra. Menurut aku ngga apa-apa mahal sedikit, tetapi kita puas memakainya. Males kan kalo beli dengan harga beda sedikit, tetapi baru berapa bulan dipakai talinya kendur, atau kawat bra nya malah lepas dan akhirnya menusuk tubuh kita. 
  • Jika pretty ladies mencuci bra dengan menggunakan mesin cuci, masukkan dulu bra ke dalam bra laundry bag agar bentuk bra tidak berubah. Sayang kan kalo udah beli bra mahal-mahal, ehh dimasukkin ke dalam mesin cuci kemudian bra nya berubah bentuk. Jadi ngga bisa dipakai lagi deh ;(

  • Bra jangan disetrika, dan cukup dijemur dengan cara diangin-anginkan. Maksudnya jangan langsung dijemur dibawah sinar matahari. Karena akan merusak warna dari bra.
  • Ganti bra minimal 2 kali sehari, atau ganti bra ketika sehabis beraktifitas berkeringat yang menyebabkan bra basah.
Sekian dulu post aku kali ini. Semoga bermanfaat yaa dan membuat kita sebagai perempuan lebih mengerti bagaimana memilih bra yang baik sesuai dengan bentuk tubuh kita. Love your body, always:*

Sumber : Bra berkawat bukan penyebab kanker payudara ; www.breastcancer.org , www.stopcancerfund.org


6 comments:

  1. aihh love this post kakak...ak suka salah beli ukuran bra...haahahhaaha ngebantu banget inihh...

    kindly visit my blog ..
    www.classybellepurple.blogspot.com

    thx,Cheer up!!
    xoxo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa sama sama cantik.. Seneng kalo post nya bisa membantu :*

      siappp.. aku main ke blog kamu yaa ^^

      Delete
  2. hey there my dear :) cool post !its pretty! please keep doing more :)

    Visit my pages if you like and maybe you would like to follow each other? let me know and leave me your links aswell

    My Blog | Facebook | Bloglovin | Lookbook
    | Header I made for bloggers

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello Suvarna, thank you so much to visit my blog ^_^

      Sure, let's be friends and follow each other :)
      I will visit your blog soon ^^

      Delete
  3. Sepertinya aku butuh bra baru nih.. Hihihi :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Beby... waah iyaa? Hehehheee
      Mudah-mudahan postingan aku bermanfaat yaa :)

      Delete

Terimakasih banyak pretty ladies untuk komentarnya :*