Wednesday, September 16, 2015

Bye Bye Bau Badan



Assalammu'alaikum pretty ladies..


Menurut aku, perempuan selain cantik harus bersih dan juga wangi. Pasti males kan kalo cantik tapi ternyata jorok, atau ehemm bau badan. Di post kali ini aku mau share apa sih yang menyebabkan bau badan dan bagaimana cara mengatasinya ;) 


Bau badan atau yang disebut dengan bromhodrosis (B.O) adalah bau yang tidak sedap yang dikeluarkan oleh tubuh dikarenakan bakteri yang ada di tubuh mengubah keringat menjadi asam, karena pada dasarnya keringat tidak berbau sama sekali. 

Biasanya masalah bau badan dihadapi oleh remaja pada masa pubertas. Hal ini dikarenakan pada masa pubertas hormon androgen meningkat yang menyebabkan pengeluaran keringat berlebih. Jika tidak menjaga kebersihan dengan baik, keringat yang menguap akan diubah bakteri menjadi asam dan mengeluarkan bau badan. 

Keringat yang berubah menjadi bau badan biasanya berasal dari daerah lipatan kulit seperti ketiak. Tetapi bau badan juga bisa keluar dari keringat dibagian tubuh lainnya, seperti belakang telinga dan kaki. 

Ada dua macam asam yang dihasilkan bila terjadi bau badan : 

Asam Propionic
Bakteri Propion mengubah keringat menjadi asam propionic yang menyebabkan bau badan. Bakteri propion ini hidup pada kelenjar keringat remaja dan orang dewasa. Biasanya bau badan yang disebabkan asam proprionic ini tercium asam seperti cuka. 

Asam Isovaleric
Asam isoveric ini diubah oleh bakteri Staphylococcus epidermidis dari keringat menjadi bau badan. Biasanya bau badan yang disebabkan oleh bakteri ini tercium seperti bau fermentasi keju. 

Nah terus gimana dong supaya kita bisa mencegah atau menghilangkan bau badan? Tenang pretty ladies, aku ada tipsnya ^_^ 

1. Mandi minimal 2 kali sehari 


Seperti yang aku tulis diatas, bau badan disebabkan oleh keringat yang diubah oleh bakteri menjadi asam. Sehingga wajib bagi kita untuk menjaga kebersihan diri dari bakteri dengan mandi dua kali sehari. Apalagi kita tinggal dinegara tropis yang membuat banyak berkeringat. Mandi merupakan hal wajib agar tubuh tetap bersih dan segar. 

2. Kenakan pakaian dari bahan yang menyerap keringat 



Bahan pakaian seperti kaos atau katun dapat menyerap keringat tubuh lebih baik dibandingkan pakaian dengan bahan seperti silk atau sutera. Keringat yang terus menempel ditubuh (karena tidak terserap oleh pakaian) merupakan lahan bakteri berkembang biak dan menyebabkan bau badan.

3. Kurangi makan makanan berbau tajam 



Makanan berbumbu tajam seperti bawang merah dan bawang putih juga terkadang membuat keringat berubah menjadi bau badan 

4. Cukur rutin rambut ketiak 



Rambut yang tumbuh pada ketiak membuat daerah ketiak menjadi lebih lembab dan meningkatkan risiko adanya bakteri di bagian ketiak. Mencukur rambut ketiak membuat daerah ketiak berkurang kelembapannya dan menurunkan risiko bakteri hidup dibagian ketiak. 

5. Gunakan deodorant ataupun anti-perspirant 

Awalnya aku juga masih bingung apa bedanya deodorant dan anti-perspirant. Ternyata deodorant berfungsi untuk menyamarkan bau badan, dan anti-perspirant berfungsi untuk mengurangi keluarnya keringat dari kelenjar keringat. 

Tapi sekarang sudah banyak produk yang menggabungkan antara deodorant dan anti-perspirant. Jika pretty ladies khawatir jika produk deodorant yang dipakai meninggalkan bekas noda pada baju, deodorant spray mungkin bisa menjadi pilihan. Karena dengan formula spray deodorant menjadi lebih cepat kering dan tidak meninggalkan sisa pada ketiak yang akan menyebabkan noda pada baju. 


Semoga post aku kali ini bermanfaat yaa.. Oh iya kalo pretty ladies ada mau request artikel kesehatan yang masih ada hubungannya dengan kecantikan, boleh banget loh. Silahkan tinggalkan komentar dibawah post ini. Aku bakalan seneng banget kalo ternyata banyak pretty ladies yang merasa artikel seperti ini bermanfaat. Sampai ketemu di post aku selanjutnya yaa ^_^


6 comments:

  1. Tapi kadang ada yang nggak sadar sama bau badannya sendiri Manda. -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang Girly.. yang kaya gtu yang bikin bingung gimana ngasih taunya -__-

      Delete
  2. Nice post!!
    Thanks for your tips, Manda :D

    uniquebloggonnabe.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mei :*
      Semoga bermanfaat yaa tips nyaa ^_^

      Delete
  3. Dan jangan lupa untum seminggu minimal 2kali scrubing under arm nya.. bimsalabim.. keteeeek langus muyuuuus dan hayuuuum..

    ReplyDelete

Terimakasih banyak pretty ladies untuk komentarnya :*