Friday, April 8, 2016

Bebelac : Bebehero Dukung Ibu Membesarkan Anak Hebat

Assalammu'alaikum pretty ladies..


Siapa sih yang ngga mau punya anak sehat, cerdas, dan hebat? Aku yakin semua orangtua dan calon orangtua pasti menginginkan mempunyai anak yang sehat, cerdas, dan hebat.

Sebagai calon ibu (eeheem) aku ingin jika aku menikah dan punya anak nanti, aku mempunyai anak-anak yang hebat. Tentunya mendidik anak menjadi anak yang hebat dimulai dari ibu dong, karena ibu merupakan sekolah pertama bagi setiap anak-anaknya. Nutrisi dan stimulasi penting banget bagi anak usia 0-5 tahun. Karena masa ini merupakan periode emas dimana anak akan menyerap berbagai rangsangan untuk pertumbuhannya nanti.

Tanggal 26 Maret 2016 kemarin aku diundang oleh Bebelac untuk menhadiri acara Bebelac – Bebehero Grow Them Great yang diadakan di mall Kota Kasablanka. Pada acara ini Bebelac menghadirkan sesi tanya jawab bersama Andi Airin selaku Brand Manager Bebelac, Roslina Verauli, M.Psi seorang psikolog anak, serta Bambang Pamungkas.

Selain itu Bebelac juga menyediakan berbagai macam permainan untuk melatih kecerdasan anak. Seru banget deh tempatnya ^^




Menurut mba Airin, pemberian nutrisi yang optimal mendukung perkembangan anak yang dimulai sejak dalam kandungan hingga anak berusia dua tahun. Dengan tumbuh kembang anak yang optimal akan memudahkan mereka dalam proses belajar dan beradaptasi dalam lingkungannya sehingga dapat cepat tanggap, memiliki rasa peduli, kasih sayang, dan pertumbuhan fisik optimal. Anak yang cepat tanggap akan lebih mudah dalam proses belajar sehingga dapat meningkatkan rasa ercaya diri dan kemampuan rasa kepedulian terhadap orang lain.



Untuk mendukung agar anak dapat tumbuh kembang optimal, dibutuhkan nutrisi yang tepat antara lain mengandung minyak ikan dan asam linoleat serta vitamin dan mineral yang bisa didapat dari sayur, lauk-pauk, serta susu. Bebelac diperkaya denga vitamin dan mineral untuk mendukung tumbuh kembang anak secara optimal, termasuk vitamin A, zat besi, zinc, iodium, dan kalsium sehingga anak dapat dengan mudah meniru contoh baik yang orangtua berikan.

Orantua terutama ibu adalah pengajar pertama dalam proses tumbuh kembang aak. Orangtua meletakkan dasar moral dan empati yang dimiliki oleh anak sebelum anak belajar dari lingkungan sekitarnya. Untuk itu peran orangtua sangatlah besar agar anak memiliki nilai kebaikan yang dapat ditampilkan dalam perbuatan sehari-hari.


“Empati adalah gerbang dari aksi peduli kepada orang lain termasuk nilai kebaikan yang dimilki oleh anak, oleh karena itu, dasar pendidikan moral dengan berempati harus dimulai sejak dini karena tumbuh da berkembangnya empati pada anak sejak dini akan berpengaruh pada perkembangan watak atau kepribadian dan perilaku anak saat dewasa nanti” kata mba Vera.

Dan jangan lupa untuk selalu mengingat bahwa kecerdasan emosional atau EQ sama pentingnya dengan kecerdasan intelektual atau IQ. Karena banyak orangtua yang lebih mementingkan nilai raport dibandingkan dengan perilaku anak. Itu merupakan pemahaman yang keliru. Kecerdasan emosional anak akan sangat berpegaruh terhadap perilakunya dalam hidup dan bermasyarakat.




Sedangkan menurut Bambang Pamungkas tantangan terbesar bagi dirinya sebagai orangtua adalah bagaimana caranya memunculkan aksi hebat anak dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu dirinya selalu berusaha memperlihatkan nilai-nilai kebaikan dimulai dari hal kecil sehingga anak dapat mudah mencontoh, misalnya membantu pekerjaan rumah tangga maupun membantu mendorong mobil yang mogok dijalan.



Menanamkan Perilaku Baru Pada Anak


  1. Komunikasikan. Terangkan kepada anak mengapa perlu berubah
  2. Sepakati. Sepakati antara orangtua dan anak harapan dan apresiasi yang diinginkan
  3. Kenali Modalitas. Rangsang anak sesuai dengan modalitasnya : visual, auditori, atau kinestetik 
  4. Masukan. Beri masukan kepada anak tentang perilaku baru nya.

Menanamkan Nilai-Nilai Baik Agar Anak Memiliki Aksi Hebat



  • Story Telling. Bacakan anak cerita atau dongeng dengan nilai budi pekerti didalamnya.
  • Role Play. Bermain bersama anak dengan berganti peran menjadi yang memberi pertolongan dan orang yang meminta pertolongan.
  • Modelling. Berilah contoh baik kepada anak dalam kehidupan sehari-hari sehingga anak bisa meniru




Pada acara ini, Bebelac juga menghadirkan psikolog dari Rumah Dandelion. Disini para orangtua dapat langsung berkonsultasi secara gratis tentang pertumbuhan buah hati mereka.


Dan ini dia keseruan play ground Bebelac – Bebehero. Serru banget. Banyak adik adik kecil bersileweran ke sana ke mari dengan riang gembira. Acaranya rame banget. 










Aku juga ajak Bella, adik sepupuku untuk ikut ke acara ini. Bella seneng banget dan antusias coba semua permainan. Terus yang paling bikin seneng, ketika main trampolin Bella harus lepas sepatu. Dan setelah main dia pakai sepatunya sendiri. Waahh aku bangga banget sama Bella :* 









Yuu mulai sekarang kita coba untuk memberi contoh hal-hal baik kepada adik atau anak kita, untuk membentuk mereka menjadi anak-anak yang hebar. Grow them great ;)


1 comment:

  1. event report ya lengkap bangeeeet.
    jadi pengen punya anak nih upssssii...

    ReplyDelete

Terimakasih banyak pretty ladies untuk komentarnya :*