Sunday, October 15, 2017

Yuk Rutin Olahraga!

Assalammu’alaikum pretty ladies..



Kalo ada yang follow instagram aku @AmandaAnandita, pasti tahu kalo beberapa minggu belakangan ini aku suka insta story “laporan” habis aerobic. Ada beberapa yang tanya “Manda, lagi mau nurunin berat badan ya?” Jawabannya iya sih. Tapi ternyata banyak banget manfaat olahraga yang mungkin belum kita sadari. Penasaran apa aja? Cekidos kebawah ya ;)


Membantu Menurunkan Berat Badan

Seperti yang sudah pretty ladies tahu, berolahraga secara teratur membantu menurunkan berat badan, walaupun kita ngga ngerti mekanismenya, tapi pemahaman akan itu aku yakin sudah tertanam dibenak kita.

Setiap hari tubuh mengeluarkan energi dalam bentuk kalori untuk mencerna makanan, berolahraga, dan mempertahankan fungsi kerja organ – organ tubuh ; jantung memompa darah, paru – paru untuk bernafas.

Saat kita melakukan diet untuk menurunkan berat badan, dimana kita mengurangi asupan makanan kita, maka tubuh hanya akan mengeluarkan sedikit energi, karena makanan yang dicerna sedikit. Oleh karena itu berolahraga membantu agar tubuh tetap mengeluarkan energi sebagaimana mestinya dan membantu kita menurunkan berat badan secara maksimal.



Baik Untuk Otot dan Tulang

Seperti yang kita tahu, bertambahnya usia akan mengurangi kepadatan otot dan tulang. Berolahraga secara teratur akan membantu memperkuat serat otot dan membuat tulang menjadi lebih padat untuk mencegah osteoporosis diusia senja.



Mencegah Penyakit Degenerative

Olahraga secara teratur bukan hanya baik untuk kesehatan jantung dan paru, tetapi beberapa penelitian menyebutkan bahwa olahraga secara teratur membuat insulin menjadi lebih sensitif dan mengurangi risiko penyakit diabetes melitus.



Membuat Perasaan Lebih Bahagia

Saat kita berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon serotonin dan ephinephrin. Kedua hormon ini mempunyai manfaat untuk mengurangi perasaan depresi atau sedih.

Selain itu saat berolahraga otak juga akan mengeluarkan hormon endorphin. Hormon ini akan memberikan kita perasaan bahagia dan mengurangi perasaan nyeri.



Tidur Lebih Nyenyak

Energi yang keluar saat kita berolahraga akan terganti saat kita tidur. Itulah kenapa saat kita mulai olahraga secara teratur, tidur akan menjadi lebih nyenyak dan berkualitas.



Anti Aging Alami

Banyak yang ngga sadar bahwa berolahraga merupakan anti aging alami. Kenapa? Karena saat berolahraga aliran darah akan mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh, termasuk wajah. Aliran darah ini membawa oksigen yang bermanfaat untuk kulit. Menjadikan kulit wajah tetap kenyal dan dapat mengurangi timbulnya garis – garis halus pada wajah.



Buat pretty ladies yang baru mulai olahraga lagi (kaya aku), aku ada sedikit tips supaya olahraga terasa menyenangkan dan ngga terasa berat apalagi beban (supaya berat badan turun misalnya).

  • Saran dari temen – temen aku (dan ternyata ngaruh banget buat aku) adalah persiapan “gear” nya dulu. Mulai dari underwear khusus olahraga, baju dan celana training, sampai sepatunya. Tapi jangan jadi males olahraga ya kalo udah dibeli semua :D
  • Karena aku ngerasain banget saat pake “gear” yang tepat, olahraga jadi terasa lebih ringan dan menyenangkan.
  • Pilih olahraga sesuai kemampuan dan kesukaan kamu. Misalnya nih kalo aku sukanya olahraga yang seperti dance, jadi ya aku cari deh di YouTube dance sambil olahraga. Dan karena pemula, aku cari aja yang cepet. 30 menit. Soalnya kalo kelamaan nanti aku males :D

·

Sekian curhatan kenapa harus olahraga ala Manda. Dan kalo pretty ladies juga mau share ke aku, apa sih olahraga favorit kalian, share dong sama aku dikolom komentar. Atau mau rekomendasiin olahraga ala dance dance yang wajib aku coba, atau aerobic dengan instruktur siapa gitu yang kece dan gerakannya mudah, aku juga mau dong ditulis dikomentar. Stay healthy dan beautiful ya pretty ladies :*




1 comment:

  1. waaah manda postingan ini bikin aku makin semangat buat nambahin rutinitas olahraga hhhohoh kalo aku lebih tertantang buat bodyweighlifting nih. Aslinya suka yang model aerobic fitness gitu, tapi aku ingin memecuts diri nih hahah


    www.rahmabrilianita.com

    ReplyDelete

Terimakasih banyak pretty ladies untuk komentarnya :*