Monday, October 3, 2016

Tya Napitupulu : Berani Bicara

Assalammu'alaikum pretty ladies.. 


Sebagai perempuan, kita rentan banget mendapat perlakuan pelecehan dan kekerasan seksual. Baik di lingkungan tempat tinggal, lingkungan kerja, dan yang paling sering : kendaraan umum. Entah diangkot, di bus, ataupun dikereta api, perempuan berisiko untuk mengalami pelecehan dan kekerasan seksual sampai dengan 100%. Serem banget kan? 

Kadang banyak yang bilang : yeeee perempuannya sih pake baju / rok mini, jadi mengundang laki - laki untuk melakukan pelecehan seksual deh. Faktanya : pelecehan dan kekerasan seksual pada perempuan juga terjadi pada perempuan yang menutup seluruh tubuhnya sekalipun. Catett tuh yang masih suka nyalahin pelecehan dan kekerasan seksual terjadi karena baju yang dikenakan perempuannya!! mulai emosi 

Topik mengenai pelecehan dan kekerasan seksual ini masih jarang banget yang bahas, biasanya karena malu ataupun sungkan. Tapi temen blogger aku yang satu ini yaitu Tya Napitapulu mengajak perempuan untuk mulai berani berbicara tentang kekerasan seksual di kendaraan umum. 



Tya Napitupulu yang bernama asli Chintya ini seorang mahasiswi di Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) dan juga aktif menulis di blog pribadinya yaitu www.tyanapit.com. Di blog ini Tya lebih sering menulis tentang gaya hidup maupun pandangan pribadinya. 

Di tengah - tengah aktifitasnya sebagai mahasiswi yang padat, Tya juga relawan pada Yayasan Lentera Sintas Indonesia, yaitu yayasan bagi penyintas kekerasan seksual dan aktif pada Sahabat Jurnal Perempuan. 

Bulan ini topik yang Tya bahas adalah tentang kekerasan seksual di kendaraan umum. Di post ini #MulaiBicara : Kekerasan Seksual di Kendaraan Umum, Tya ingin mengajak semua perempuan untuk berpatisipasi, bercerita, maupun berbagi pengalaman tentang kekerasan seksual di kendaraan umum. Karena masalah ini bukan merupakan masalah yang tabu lagi, dan setiap perempuan harus mempunyai bekal yang cukup untuk menjaga dirinya dari kekerasan seksual di kendaraan umum. 

Kalo pretty ladies kepengen tahu lebih dalam apa saja yang termasuk kedalam kekerasan seksual di kendaraan umum, bagaimana menghadapinya, atau pernah mengalami kekerasan seksual di kendaraan umu, silahkan langsung ke blognya Tya ya. Siapa tau dengan cerita pengalaman kekerasan seksual di kendaraan umu, pretty ladies bisa mendapatkan voucher MAP sebesar dua ratus ribu rupiah. 

Yuu mulai bicara sekarang :) 

Tya Napitupulu 
Facebook : Tya Napitupulu 
Twitter : @TyaNapit 
Instagram : @TyaNapit 
Email : tya_napit@hotmail.com 


3 comments:

  1. Makasiiiiih udh bantu promosiiin giveaway aku, Kak :)

    ReplyDelete
  2. Makasiiiiih udh bantu promosiiin giveaway aku, Kak :)

    ReplyDelete
  3. wah keren tya , klo gak sibuk aku pengen ikutan mini giveawaynya juga

    ReplyDelete

Terimakasih banyak pretty ladies untuk komentarnya :*