Wednesday, July 20, 2016

Fit dalam 20 menit di 20Fit

Assalammu’alaikum pretty ladies..


Bulan Juli 2016 ini merupakan bulan dengan berat badan paling berat yang pernah aku alami, yaitu 73 Kg. Ahhhh tidaaaaaak mulai drama. Aku sampe bosen sendiri menjawab berbagai pertanyaan dari yang ngomongnya baik – baik seperti “Manda sekarang gemukan ya?” sampai yang pedes seperti “Makan mulu sih Man, jadi gendut kan!”.

Etapi sekitar 4  tahun yang lalu berat badan aku berkisar 55 kg dan paling mentok di 60 kg loh . Semenjak aku kerja 12 jam, pola makan kacau, jarang bahkan (hampir ngga pernah) olahraga, dan hobi bergadang. Mulai deh berat badan meningkat dengan tajam.

Sebenernya aku kepengen sih mulai rajin olahraga, minimal lari pagi. Tapi gimana ya rasanya berat banget. Karena aku kerja 12 jam setiap hari, pagi jam 8 udah berangkat dan jam 10 malam baru sampai rumah, kayanya ngga ada waktu untuk olahraga atau nge-gym.

Kemudian aku tertarik untuk mencoba 20Fit.
20Fit merupakan micro-gym yang menggunakan teknologi Electro Muscle Stimulation (EMS) dari Miha Body Tech yang membuat latihan olah tubuh yang dilakukan hanya memakan waktu 20 menit tetapi mempunyai manfaat layaknya latihan olah tubuh selama 2 jam. 

Mungkin banyak pretty ladies yang udah tau tentang 2 ini, atau udah pernah liat di instagram olahraga sambil dipakein rompi yang disambungin ke kabel-kabel tapi bingung ini olahraga apaan sih? Ini olahraga atau setrum – setrum aja ya? Awalnya aku juga berpikir seperti itu. Terus karena penasaran aku buka websitenya 20Fit di www.20fit.co.id , dari situ aku mulai mengenal 20Fit dan makin penasaran kepengen nyobain.

Jadi seperti yang telah aku tulis diatas, 20Fit merupakan latihan olah tubuh yang menggunakan teknologi EMS Miha Body Tech. Teknologi ini akan menstimulasi 8 otot besar di tubuh yaitu : punggung atas, punggung bawah, dada, perut, paha, bokong, dan lengan melalui rompi yang kita kenakan saat latihan. Dengan teknologi ini, otot akan semakin terstimulasi saat kita menggerakkan tubuh, sehingga efek yang didapatkan oleh otot menjadi maksimal walaupun latihan hanya berlangsung selama 20 menit. Tapi pretty ladies ngga perlu khawatir akan kesetrum atau apapun, karena EMS Miha Body Tech ini telah terbukti aman dan tidak memberikan tekanan apapun pada sendi dan tulang.

Sebenernya, tujuan latihan di 20Fit fit ini adalah menjadikan tubuh lebih fit dan sehat. Tetapi bonusnya, latihan di sini akan meningkatkan massa otot, yang akan meningkatkan metabolisme dan tentunya akan meningkatkan pembakaran lemak. Jadi tubuh fit, sehat, dengan berat badan yang ideal.

20Fit fit ini sudah ada di berbagai kota di Indonesia pretty ladies. Diantaranya Jakarta, Bali, Tangerang, Medan, dan masih banyak lagi. Di Jakarta Selatan sendiri terdapat di Cipete, Senayan, Setiabudi, SCBD, WTC2, Pondok Indah, Dharmawangsa, dan Setiabudi. Aku memilih di 20Fit Pondok Indah karena lokasinya yang paling dekat dengan rumah aku. Satu hari sebelumya aku sudah melakukan reservasi via telepon dan mendapatkan jam 08.15 WIB. Aku menjadwalkan datang pagi karena ingin melakukan latihan dulu di 2 sebelum berangkat kerja. 20Fit sendiri buka mulai jam sampai jam. Pastikan pretty ladies melakukan reservasi satu atau beberapa hari sebelumnya ya sebelum datang ke sini.

Pertama kali aku datang, aku langsung dipersilahkan untuk duduk dan mengisi formulir berisi data diri dan kondisi kesehatan. 20Fit ingin memastikan bahwa kita dalam kondisi prima saat datang sehingga latihan yang diberikan akan maksimal.






Di meja juga disediakan kopi dan teh serta cemilan yang bisa menemani pretty ladies saat menunggu.


Setelah menyerahkan kertas yang aku isi dan tanda tangani, mba di 20Fit memberikan aku handuk, baju serta celana fitness yang akan dipakai saat latihan. Kemudian aku diantar ke loker untuk menaruh barang-barang aku, serta ke kamar mandi untuk mengganti baju aku dengan baju fitness.

rompi yang disediakan selalu disterilkan terlebih dahulu sebelum dipakai. dan rompi ini tersedia dari ukuran XS sampai XL
Disini, setiap loker disertai dengan kunci sehingga menjamin barang-barang yang pretty ladies aman saat latihan berlangsung. Kamar mandi nya pun nyaman banget. Tersedia shower untuk mandi setelah selesai latihan, dan wastafel yang komplit dengan berbagai macam toileteris. Mulai dari sabun, shampoo, pembalut, deodorant, mouthswah, body lotion, toner, kapas, karet rambut, sisir, sampai hairdryer. Jadi kalo ke sini pretty ladies cukup bawa diri aja, ngga perlu ribet bawa yang lain ;)






Sebelumnya aku punya beberapa saran nih buat pretty ladies jika ingin datang latihan ke 20Fit :
  • Pastikan sebelumnya pretty ladies sudah sarapan atau makan ya dari rumah. Karena latihan akan menguras energi jadi jangan latihan dengan perut kosong

  • Gunakan bra tanpa kawat saat latihan. Karena latihan di 20Fit menggunakan teknologi EMS Miha Body Tech, bra dengan kawat dikhawatirkan akan mengganggu proses elektomagnetic yang sedang berjalan

  • Jika pretty ladies berhijab dan tidak terlalu nyaman menggunakan celana fitness sepanjang lutut, pretty ladies bisa juga membawa sendiri celana fitness sepanjang mata kaki.

Sebelum latihan dimulai, aku diminta untuk menimbang badan di timbangan khusus. Disini nanti akan terlihat berat badan idel aku harusnya berapa, berat lemak di tubuh aku, serta berbagai macam hal lainnya yang akan dijelaskan setelah latihan.




Yaapp latihan dimulai. Pertama, mba Rani selaku instruktur aku hari ini, membantu aku memasang rompi yang nanti akan disambung ke Miha Body Tech.








rompi udah terpasang. siap mau latihan ;) 
Latihan di 20Fit menurut aku sangat nyaman, karena kita akan langsung dilatih oleh instruktur dari 20Fit. Satu orang dengan satu instruktur didalam satu ruangan. Ruangannya pun terkesan modern dan dikelilingi oleh cermin di seluruh sisinya.  

Setelah alat terpasang, mba Rani menjelaskan latihan apa yang akan dilakukan. Karena ini pertama kalinya aku melakukan latihan di 20Fit, maka latihan yang aku lakukan dinamakan first trial yang berlangsung selama 18 menit. 3 menit pemanasan, 10 menit latihan inti, dan 5 menit pendinginan. Sedangkan jika pretty ladies sudah memulai program di 2 , latihan inti yang diberikan sebanyak 20 menit.



Di first trial ini menurut mba Rani adalah latihan impuls. Dimana gerakan yang diberikan merupakan gerakan dasar, dan mengenalkan impuls EMS Miha Body Tech pada tubuh kita. Untuk pemula tingkat kekuatan yang diberikan yaitu 6 pada lengan dan bokong, serta 4 pada bagian tubuh lainnya.


Setelah melakukan stretching selama 3 menit, latihan dimulai

stretching dulu 
Pada latihan first trial ini gerakan yang diberikan cukup mudah seperti squats, lari di tempat, yang dilakukan sekitar 5 detik dengan pengulangan sebanyak 8 kali. Saat instruktur memberikan aba-aba “GO” kita mulai melakukan gerakan dan saat itu delapan otot yang aku sebutkan diatas langsung terstimulasi dari mesin Miha Body Tech.






Awalnya aku pikir ini latihan biasa aja seperti gym pada umumnya. Tapi ini bener bedaaaa banget. Saat kita melakukan gerakkan, squats misalnya, otot paha, bokong, dan perut yang berkontraksi saat kita Squats akan semakin terasa kontraksinya dengan stimulus dari EMS Miha Body Tech. Jadi rasanya seperti melakukan squat sekitar 2-3 kali dalam satu gerakkan squats.




Walaupun terlihat gerakannya biasa aja, tapi dengan adanya EMS Miha Body Tech ini rasanya menjadi lebih “menantang”. Aku ngga bilang lebih berat karena memang tidak menjadi lebih berat, tetapi membuat kita menjadi lebih tertantang. Dan jangan salah latihan ini bikin aku super keringetan.





Setelah latihan ini 10 menit, alat EMS Miha Body Tech diatur untuk merilekskan otot yang tadi dipakai latihan. Relaksasi  ini dilakukan selama 5 menit dan boleh dalam posisi berdiri, duduk, maupun tiduran.

selesai latihan. kerigetan tapi seneng :D

selesai latihan wefie dulu :D
alat Miha Body Tech 

Setelah latihan selesai, mba Rani menjelaskan hasil timbangan badan yang telah aku lakukan tadi. Hasilnyaaaa... jeng jeng... Berat badan aku udah overweight, harusnya untuk tinggi aku 165 cm berat badan idel adalah 48.6 – 65,8 kg, dan aku 73 Kg *shock*


Massa otot ideal untuk aku harusnya 21.7 – 26.6 kg, tetapi massa otot aku hanya 21.1 kg. Dan massa lemak harusnya hanya berkisar 11.4 – 18.3 kg, daaaaaann masa lemak aku 33.7 kg *rasanya mau pengsan*



Disini juga mba Rani menjelaskan kegiatan yang bisa aku lakukan setiap hari untuk membatu meningkatkan metabolisme tubuh serta program yang bisa dilakukan di 20Fit untuk membantu aku memperoleh berat badan ideal. Untuk mencapai sekitar 55 kg, mba Rani menyarankan latihan selama 24 kali dalam 6 bulan di 20Fit.

Untuk latihan first trial seperti yang aku lakukan sekarang, biayanya sebesar Rp 250.000,-  Sedangkan biaya setiap kali latihan selanjutnya sebesar Rp 525.000,- setiap latihan.


Secara keseluruhan aku puas banget melakukan latihan di 20Fit. Tempatnya nyaman, pelatihnya baik dan profesional, serta latihannya disesuaikan dengan kondisi tubuh Latihannya pun aman, nyaman, tapi tetap bikin berkeringat. Aku berniat banget nih untuk meneruskan program latihan di  20Fit supaya tubuh aku lebih sehat dan membantu aku mencapai berat badan idel. Doakan aku ya pretty ladies :* 

20Fit 
Instagram : @20_fit 


5 comments:

  1. waah manda asyik banget, aku pengen nyobain 20fit dari dulu, semangat ya manda, sukses nuruninnya :) aku juga nih habis lebaran timbangan melonjak hahaha

    ReplyDelete
  2. Dr dlu pengen baget nyobain ini manda...cuman mahal hiks jadi ikut member di tempat fitness aja..samaa aku juga jd gendut banget..sedih deh :(

    www.cleoputri.com

    ReplyDelete
  3. Pengeeen.. walau klo dari berat sebenernya aq masi cukup ideal si.. tapi khawatir bgt karena banyak makan makanan instant, aktifitas fisik ku belakangan juga nurun karena ud g kerja dan mulai gampang sakit.

    ReplyDelete
  4. waaaks baru tau kalo ternyata mahal hahahah

    ReplyDelete

Terimakasih banyak pretty ladies untuk komentarnya :*