Saturday, June 27, 2015

DIY Activated Charcoal Black Mask

Assalammu'alaikum pretty ladies..


Siapa yang suka pake masker wajah? aku yakin semua pretty ladies pasti suka banget pakai masker wajah. Soalnya, selain melembutkan dan mengencangkan kulit, saat memakai masker di wajah rasanya tuh, enaakk banget. Adem dan rileks. Di post ini aku mau share masker yang aku buat menggunakan karbon aktif ^_^ 

Activated charcoal sama dengan activated carbon. Bahasa Indonesianya lebih dikenal dengan karbon aktif atau arang aktif. Apa itu karbon aktif? Karbon aktif adalah senyawa yang dibuat sedemikian rupa sehingga mempunya pori-pori yang besar dan dapat menyerap senyawa berbentuk uap ataupun larutan. 



Manfaat karbon aktif antara lain menjernihkan air dan menyerap gas. Di bidang kesehatan karbon aktif digunakan untuk menyerap racun di saluran pencernaan pada keadaan diare, perut kembung, maupun keracunan. 

Nah, karena karbon aktif ini dapat menyerap racun, beberapa produsen skin care menciptakan makser dengan karbon aktif yang mempunyai manfaat untuk menyerap minyak berlebih di kulit wajah, membantu mengecilkan pori-pori, membuat kulit kencang dan halus, serta membantu mengeluarkan racun pada wajah dalam bentuk jerawat. Itu mengapa sebagian orang yang memakai masker dengan bahan alami seperti clay dan karbon aktif kulit wajahnya akan purging, karena racun yang tertinggal di kulit wajah dikeluarkan dalam bentuk jerawat. 

Di post ini aku mau share ke pretty ladies bagaimana membuat masker yang mengandung karbon aktif di rumah ;) 

Bahan yang diperlukan : 


  • Bentonite clay. Bentonite clay adalah lempung yang mempunyai manfaat membersihkan kulit, menyerap minyak dan juga sebagai anti-oksidan. Biasanya berbentuk bubuk berwarna putih-kusam atau agak kekuningan. Pretty ladies bisa membeli di Tokopedia dengan harga sekitar Rp 20.000,- isi 50 gram. 



  • Atau, pretty ladies juga bisa menggunakan masker lempung (yang telah mengandung betonite clay, seaweed clay, ghassoul clay) yang mempunyai menfaat hampir sama dengan bentonite clay tetapi lebih diperuntukkan untuk kulit berminyak-berjerawat karena daya serapnya yang tinggi. Pretty ladies bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 35.000,- per 50 gram. Biasanya masker lempung ini berwarna agak kuning kecoklatan. 
  • Norit. Pretty ladies bisa membeli kapsul Norit ini di apotik, toko obat, atau mini market seharga Rp 10.000,- Rp 15.000,- berisi 40 tablet. 




Cara membuatnya : 


  • Ambil 3 buah tablet norit, hancurkan sampai halus. 





  • Masukkan tablet norit yang telah dihancurkan ke dalam bentonite clay atau masker lempung. Disini aku menggunakan bentonite clay dengan perbandingan 5 gram bentonite clay dan 3 buah tablet norit. 




  • Tambahkan sedikit air, aduk sampai menyerupai pasta. 




  • Oleskan di kulit wajah menggunakan spatula atau jari.
  • Tunggu sekitar 30 menit sampai mengering.

Oh iya saran aku sebaiknya baut sedikit campuran bentonite clay dan tablet norit ini, kemudian oleskan di belakang telinga untuk tes alergi. Jika 24 jam tidak ada reaksi alergi seperti gatal, kemerahan, dan rasa panas, maka pretty ladies aman untuk mengoleskan masker ini di wajah karena tidak ada alergi ;) 

Sesaat setelah dioleskan di wajah 



10 menit setelah dioleskan



15 menit setelah dioleskan 



30 menit setelah dioleskan 



35 menit setelah dioleskan 


Setelah dirasa kering merata, bilas wajah dengan air untuk menghapus masker. Gunakan toner dan pelembab sesudahnya. 

Kesan aku selama memakai masker ini, karena aku menggunakan bentonite clay terdapat “tingling sensation” atau sensasi seperti gatal pada wajah. Tetapi tidak berlangsung lama, hanya sekitar 5 menit.  Dan saat masker mulai kering merata di seluruh wajah, rasanya menjadi kenceng banget karena aku mengoleskannya ketebelan :D Sebaiknya pretty ladies mengoleskan-nya tipis-tips aja ya di wajah, jangan terlalu tebal agar ketika masker kering wajah tidak terasa seperti ditarik. 

Setelah aku memakai masker ini, kulit menjadi lebih lembut, lebih halus, dan aku rasakan jerawat yang mulai timbul setelah memakai masker ini menjadi lebih “matang”. Mungkin efek detoksifikasi dari karbon aktif. Kadar minyak di wajah setelah memakai masker ini agak berkurang. 

Untuk pori-pori dan komedo aku belum bisa berkata ada perubahan karena aku baru memakai masker ini selama 2 kali. Oh iya sebaiknya masker ini digunakan hanya 1 minggu sekali ya ;) 

Ini wajah aku setelah memakai DIY activated charcoal black mask. Maafkan puffy eyes nya ya, kebanyakan begadang selama puasa :D



Menurut aku karena bentonite clay dan karbon aktif sama-sama mempunyai dara serap yang tinggi, masker ini lebih diperuntukkan untuk kulit wajah berminyak, berjerawat, atau kombinasi. Tidak disarankan untuk kulit wajah kering karena dikhawatirkan akan membuat wajah menjadi semakin kering. 

Gimana pretty ladies, tertarik mencoba? Let me know kalo kamu udah coba DIY activated charcoal black mask ini melalui komen di post ini, atau facebook, atau instagram, atau twitter, karena aku kepengen tahu banget apa yang kamu rasakan setelah mencoba DIY masker ini. 

See you soon pretty ladies :* 


Facebook : Amanda Anandita Rizal

Twitter : @AmandaAnandita

Instagram : @AmandaAnandita


18 comments:

  1. Clay-nya nggak bisa diganti alternatif lain? Aku yang norit punya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Vindy..
      Bisa diganti sama aloe vera gel. Klo pake aloe vera gel bisa untuk kulit kering - normal. Takaramnya kira-kira 2 sendok makan aloe vera gel + 2 atau 3 butir norit yang dihancurkan. Boleh ditambah essensial oil atau tea tree oil biar makin enak pakenya. Selamat mencoba ya Vindy :*

      Delete
  2. aaah keduluan manda nih bikin DIY pake bentonite clay...padahal baru aja aku mau bikin juga pake bentonite clay

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo bikin juga mba tya pake bentonite clay ^_^

      Delete
    2. Kira2 kalo pake lwm kayu yg nontoxic aman nggak mbak? Soalnya aku liat di youtube pake itu, aman nggak ya?

      Delete
    3. Maksut aku lem kayu nontoxic mbak hehe salah ketik

      Delete
  3. Asyik banget ada info tempat belinya, coba ah buat ngecilin pori-pori

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa.. ayoo dicoba juga Fenny. Yg aku rasain kulit jadi lebih halus dan kenceng ^_^

      Delete
  4. Aku pernah coba pake norit dicampur sama oatmeal gitu. Enak juga kulit jadi alus, tapi penasaran kalo pake clay gimana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gimana caranya norit pake oatmeal??

      Delete
    2. Aaah iya Vani, aku jadi penasaran kepengen nyoba juga. Baca-baca review yang cuci muka pake oatmeal wajahnya jadi halus dan lembut. Tapi cocok ngga ya Van buat jerawat? Pake clay enak. Ayoo cobain juga :D

      Delete
    3. @Tuty Saca : biasanya oatmealnya di blender dulu biar halus kaya bubuk. Terus campur oatmeal bubuknya sama norit yg udah dihancurin, campur sedikit air sampai jadi seperti pasta, baru di olesin ke wajah. Tunggu kering baru dibilas :)

      Delete
    4. Kayanya sih cocok2 aja ya, soalnya melembabkan gitu si oatmealnya di kulit. Nanti kalo lagi kumat isengnya beli deh, skrg nyobain pake aloe vera gel dulu yang ada di rumah hihi

      Delete
    5. aaaahh aku kalo cocok aku mau cobain juga ah pakea oatmeal Vani, hihihii.. Pakai aloe vera gel enak juga, mukanya jadi lembut terus adem Van :D

      Delete
  5. Kak beli bentonite claynya selain online ada dimana ya?

    Creamycheasy.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. Haloo mbaa, boleh tau beli bentonite nya dimana?

    ReplyDelete
  7. mba beli charcoal nya dmn? Yg apotik gtu.. Selain norit d merek lain? Katanya Norit udh g produksi..

    ReplyDelete
  8. Mbak pemakaian norit nya kan semggu sekali,nah misal sy pke hari ini noritnya trus bsk ak pke masker herbal lainnya,gpp kah?tkutnya selama proses detoks ga blh pke apa2 dl trmsuk masker lain. Thx

    ReplyDelete

Terimakasih banyak pretty ladies untuk komentarnya :*