Thursday, May 12, 2016

Yuu Jadi One Step Ahead Mom

Assalammu'alaikum..


Ini beneran Manda judulnya one step ahead mom? Iyaa beneran pretty ladies :D . Nah jadi beberapa minggu belakangan ini ceritanya kan udah bertambah tua usia, jadi mulai mikir kedepannya gimana ya kalo nanti nikah, terus jadi ibu, bisa ngga ya jadi ibu yang baik, yang support kemampuan anak-anaknya. Duileh ini aku numben mikirinya berat dikit :D

Nah terus aku dapet undangan dari Nutrilon Royal untuk menghadiri acara One Step Ahead Mom – Sudahkah anda menjadi ibu yang lebih maju? Aku tertarik banget untuk mengikuti acara ini karena walaupun belum menikah tetapi talk show tentang parenting penting banget dipunya sebagai bekal menjadi seorang ibu nantinya.


Talkshow One Step Ahead Mom ini diadakan oleh Nutricia Nutrilon Royal pada hari Jum’at tanggal 29 April 2016 bertempat di Bursa Efek Jakarta (BEJ).



Acara ini dibuka oleh Danish Rahman selaku Marketing Director PT Nutricia Indonesia Sejahtera. Nutrilon Royal percaya bahwa peran ibu sangat penting dalam kesuksesan seorang anak. Maka dari itu Nutrilon Royal mengajak para ibu tidak hanya memberi yang terbaik bagi anak, tetapi menjadi One Step Ahead Mom yang selangkah lebih maju dalam merencanakan keberhasilannya, mendukungnya dalam menemukan potensi diri, merencanakan pendidikan yang tepat dan persiapan dana yang matang dan nutrisi yang tepat sesuai dengan tumbuh kembang anak.

Danish Rahman, Marketing Director PT. Naturecia Indonesia Sejahtera
Acara talkshow ini menghadirkan pembicara – pembicara yang handal dibidangnya, yaitu, Ligwina Hananto (Perencana Keuangan), Dr. Bernie Endyarni Medise, SpAK, MPH (Dokter Spesialis Anak dan Tumbuh Kembang), Astrid Suryatenggara (Ibunda Revo Junior MasterChef Indonesia), Ajeng Raviando, Psi (Psikolog Anak), dan Drh. Damayanti Jusuf, M.Sc, Ph. (Praktisi Pendidikan Anak).  


Mungkin beberapa dari kita masih memandang kecerdasan itu hanya berpatok pada angka ya pretty ladies. Seperti nilai pelajaran saat ujian dan nilai raport. Nah ternyata kecerdasan ini tidak bisa hanya diukur menggunakan angka pretty ladies. Tetapi menurut mba Ajeng Raviando, Psi kecerdasan adalah kumpulan kemampuan atau keterampilan yang dapat ditumbuhkan dan dikembangkan.

Ajeng Raviando, Psi
Jadi misalnya anak suka banget menggambar dan mewarnai, itu merupakan kecerdasan yang ia miliki. Kemudian tergantung bagaimana ibu mengarahkan dan mendukung keterampilan atau kemampuannya sehingga menjadi suatu keberhasilan bagi sang anak.

Nah kadang kita masih suka bingung kan ya, apa ya bakat anak ini? atau apa ya potensi yang ia miliki? Pertama untuk itu kita harus mencari tahu terlebih dahulu kecerdasan yang ia punya. Seperti yang kita ketahui, ada delapan tipe kecerdasan, yaitu kecerdasan bahasa, logika/matematik, musikal, spasial, kinestetik/jasmani, naturalis, interpersonal, dan intrapersonal.


Tetapi yang perlu diingat adalah, kemampuan atau keterampilan yang dimiliki anak harus berasal dari dirinya sendiri kemudian dibantu oleh orangtua dan guru untuk diarahkan dan didukung, bukan sesuatu yang dipaksakan.

Berikan pola asuh positive parenting dimana orangtua selalu berusaha memberikan contoh positif dalam kegiatan sehari-hari yang kemudian akan ditiru oleh anak secara tidak langsung kemudian menjadi suatu kebiasaan yang berakar pada dirinya.


Dan menurut mba Ajeng, penting banget anak memiliki kecerdasan intrapersonal, yaitu kemampuan anak untuk memahami diri sendiri, menghadapi berbagai situasi, dan mengendalikan dirinya. Jika anak sudah memiliki kecerdasan intrapersonal, seorang ibu akan lebih mudah memberi pemahaman kepada sang anak.


Nah setelah kita mengetahui apa sih potensi yang dimiliki anak, menurut ibu Drh. Damayanti Jusuf, M.Sc, Ph.D sebagai praktisi pendidikan anak, kita mulai deh merencanakan pendidikan untuk anak. Mulai memilih sekolah yang tepat, bagaimana mendampinginya belajr, dan memahami gaya belajar anak. Karena setiap anak memiliki gaya belajar yang berbeda-beda.

Drh. Damayanti Jusuf, M.Sc, Ph.D
Ada tiga gaya belajar yang dimiliki anak,yaitu visual, auditori, dan kinestetik. Arahkan anak belajar sesuai dengan gaya belajarnya masing-masing sehingga anak merasa senang dan tidak terbebani saat belajar.

Jika anak memiliki kemampuan atau keterampilan di luar sekolah, misalnya bermain alat musik, ibu juga dapat memberikan dukunga misalnya seperti memberinya les musik untuk memaksimalkan potensi yang ada pada dirinya.





Mencari tahu potensi anak sudah, merencanakan pendidikannya sudah, terus apa lagi ya pretty ladies? Langkah selanjutnya adalah perencanaan keuangan terutama dana pendidikan anak. Karena menurut mba Ligwina Hartanto Memastikan anak memperoleh pendidikan yang terbaik merupakan tugas dan kewajiban orang tua, sebagai One Step Ahead Mum, ibu harus merencanakannya dengan cermat sejak dini agar masalah dana tidak menjadi kendala yang menghalangi langkah anak dalam menggapai cita-citanya kelak”.

Ligwina Hartanto 
Mulailah merencanakan dengan menentukan tempat sekolah anak, cari tahu biayanya berapa, jangka waktu pendidikan, hitung kebutuhan di masa mendatang, siapkan dana mulai dari sekarang dan mulailah berinvestasi.



Untuk perencanaan keuangan, pretty ladies bisa memulai dengan berinvestasi dalam bentuk tabungan, logam mulia, reksa dana, surat berharga maupun properti.


Selain menggali potensi anak, merencanakan pendidikan dan keuangan anak, hal yang paling penting dan mendasari tumbuh kembang anak adalah asupan nutrisi yang diterimanya.

Karena menurut, Dr. Bernie Endyarni Medise, SpAK, MPH dengan asupan nutrisi yang seimbang akan berdampak positif pada perkembangan otak anak, daya tahan tubuh, pertumbuhannya, dan kemampuannya dalam menangkap stimulus baru.

Dr. Bernie Endyarni Medise, Sp.AK, MPH 




Selanjutnya mba Astrid Suryatenggara membagi pengalamanya seabgai ibu dalam mengasuh Revo sang Junior Master Chef Indonesia. Mba Astrid bercerita bahwa dirinya selalu mencari tahu apa bakat dan potensi yang dimiliki Revo, mendukung semua kegiatan Revo, serta mengarahkan bakat Revo agar semakin terasah. Saya pikir itu adalah tanggung jawab kita sebagai orang tua untuk membuat rencana terbaik untuk anak-anak kita dan untuk menjadi seorang One Step Ahead Mum kata mba Astrid.

Astrid Suryatenggara 
Buat pretty ladies yang sudah menjadi ibu atau masih menjadi calon ibu tetapi mau mulai belajar tentang parenting, boleh banget loh. Karena Nutrilon Royal berkomitmen untuk membantu para ibu menjadi One Step Ahead Mom. Nutrilon Royal membuat sebuah layanan online bernama Nutri Club, dimana tersedia tips dan info dari para ahli tentang pola pengasuhan anak yang dapat dipelajari secara menyenangkan dan mudah.

Pretty ladies bisa langsung klik www.nutriclub.co.id, atau facebook Nutriclub Indonesia, atau twitter @Nutriclub_ID. Yuu jadi One Step Ahead Mom.


1 comment:

  1. Hi Moms banyak sekali video lucu si Kecil yang sangat antusias dalam mengikuti kontes #Zwitsalbabyidol , dalam sehari terdapat ratusan video lucu si Kecil telah diupload. so buat si Kecil yang belum berpartisipasi ditunggu videonya sampai tanggal 24 Febuari 2017 karena akan ada hadiah mingguan berupa uang tunai senilai Rp 500 ribu rupiah + paket menarik dari Zwitsal.
    kontes ini gratis lho!
    untuk informasi lebih lanjut bisa follow instagram @babyidolofficialid , twitter @BabyIdolID dan Fans Page Facebook kami dilink
    https://www.facebook.com/BabyIdolOfficialID/

    ReplyDelete

Terimakasih banyak pretty ladies untuk komentarnya :*