Tuesday, August 4, 2015

6 Alasan untuk Selalu Minum Air Putih

Assalammu’alaikum pretty ladies..


Aku yakin kebanyakan dari kita sudah tahu bahwa baiknya minum air putih sekitar 8 gelas atau 1,5 liter setiap harinya. Tapi, kadang kita malas ataupun lupa untuk meminum air putih sebanyak yang disarankan. Di post kali ini aku mau share ke pretty ladies manfaat minum air putih setiap hari untuk kesehatan dan kecantikan agar kita makin rajin minum air putih ;) 


1. Minum air putih membantu menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh

60% tubuh kita terdiri dari cairan. Cairan dalam tubuh kita berfungsi pada proses mencerna makanan, penyerapan nutrisi bagi tubuh, sirkulasi darah, menjaga suhu tubuh, dan masih banyak lagi.
Cairan keluar dari tubuh malalui keringat, urin, dan feses. Sehingga minum air putih bermanfaat untuk mengeluarkan zat yang tidak diperlukan oleh tubuh (melalui urin dan feses) dan menggantinya dengan yang baru. 




Otak memberikan sinyal ke ginjal kapan saat yang tepat untuk mengeluarkan cairan dalam bentuk urin, dan kapan untuk menahannya. Saat kondisi tubuh kita cukup cairan dan kita cukup meminum air putih, otak akan memberikan sinyal ke ginjal untuk mengeluarkan urin karena jumlah cairan dalam tubuh tercukupi. Tetapi, ketika seseorang kekurangan cairan atau dehidrasi, otak akan memberikan sinyal kepada ginjal untuk menahan cairan, agar cairan dalam tubuh tetap terjaga. Itu mengapa salah satu tanda seseorang dehidrasi atau tidak dapat dilihat dari frekuensi buang air nya. 

2. Air membantu mengontrol kalori yang masuk ke dalam tubuh 

Pernah denger diet menurunkan berat badan dengan hanya minum air putih? Memang air putih dapat membantu untuk mengontrol kalori yang masuk ke dalam tubuh, tetapi bukan berarti diet dengan hanya meminum air putih. 


Makanan yang mempunyai kadar air yang banyak seperti buah dan sayuran, akan diserap secara perlahan-lahan di dalam tubuh. Sehingga memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Makan makanan seperti buah dan sayur sangat disarankan bagi yang ini mengontrol atau menurunkan berat badan secara aman dan sehat. 

3. Air menutrisi otot 

Sering merasa keram atau pegal-pegal? Mungkin pretty ladies jarang minum air putih. Air putih dapat membantu kerja sel pada otot menjadi lebih maksimal sehingga sel tidak menjadi kelelahan atau muscle fatigue, yang menjadikan otot tubuh terasa keram atau pegal. 


Saat olahraga, disarankan untuk meminum air putih sebelum dan setelah olahraga untuk membantu menjaga cairan dalam tubuh dan mengganti cairan yang keluar lewat keringat saat berolahraga.



4. Air menjaga kulit terlihat lebih segar dan mecegah keriput

Siapa sih yang ngga mau kulitnya tetap terlihat glowing dan ngga keriput? Yuu rajin minum air putih ;) Air putih membantu menjaga keseimbangan cairan di kulit, sehingga kult menjadi kenyal dan ngga keriput. 


Saat kita kekurangan cairan dalam tubuh, otak akan menarik cairan dari kulit agar organ yang penting seperti otak, jantung, paru, dan ginjal tetap terjaga cairannya, sehingga menjadikan kulit menjadi terlihat keriput dan kering. 

5. Air membantu kerja ginjal 

Ginjal berfungsi untuk memfiltrasi atau menyaring zat-zat yang ada ditubuh kita, membuang yang tidak bermanfaat melalui urine, dan mengembalikan zat-zat yang masih diperlukan oleh tubuh ke dalam aliran darah. 


Minum cukup air putih membuat kerja ginjal menjadi lebih ringan. Karena ginjal semakin mudah menyeleksi mana zat yang harus dibuang dan mana yang harus disimpan. Ketika tubuh kita kurang cairan, ginjal akan “terpaksa” menyimpan zat yang seharusya dibuang, agar kadar cairan ditubuh tetap seimbang. 


Cara yang paling mudah mendeteksi apakah kita minum air putih cukup adalah dengan melihat warna urine. Bila warna urin kita kuning keruh, tandanya kita kurang minum air putih. Tetapi apabila urine berwarna kuning jernih bahkan putih, selamat karena pretty ladies telah minum air putih dalam jumlah cukup ;) 


6. Air menjaga kesehatan pencernaan 

Sering susah buang air besar? Mungkin pretty ladies jarang minum air putih. Saat kita kurang minum air putih, tubuh akan menarik kembali cairan dalam feses, sehingga feses akan menjadi keras dan menjadikan sulit untuk buang air besar. Minum air putih dalam jumlah cukup setiap harinya menjadikan feses tetap lunak sehingga buang air besar menjadi lancar. 



 


Jika pretty ladies merasa minum air putihnya kurang, pretty ladies bisa membawa botol minuman atau tumbler minuman agar dapat minum air putih dimanapun dan kapanpun. Dan sekarang banyak banget botol minuman yang designya lucu tapi ngga kekanak-kanakan, sehingga ngga malu lagi kalo bawa-bawa botol minuman ke mana-mana. 


Selain itu, botol minuman juga akan membantu pretty ladies untuk mengingat kira-kira sudah berapa mililiter air yang dikonsumsi. Atau sebagai patokan berapa jumlah air putih yang telah dikonsumsi. Misalnya pretty ladies membawa botol minuman berisi 700 ml, berarti pretty ladies sehari harus mengkonsumsi air putih sebanyak 2 kali isi botol minuman. Jadi jika botol minum baru habis 1 kali isi air putih, tandanya pretty ladies harus menghabiskan air putih 1 kali isi botol minum lagi ;)
Buat pretty ladies yang sibuk dan kadang lupa untuk minum air putih, pretty ladies bisa memasang alarm di handphone untuk mengingatkan setiap berapa jam harus minum air putih. Sehingga ngga lupa lagi deh untuk minum air putih. Atau pretty ladies bisa membuat sendiri botol minuman yang dililit pita, dan ditulis jam-jam dimana pretty ladies pada jam tersebut harus menghabiskan berapa ml air putih.

Ayoo semakin rajin minum air putih agar tetap cantik dan sehat :* 



No comments:

Post a Comment

Terimakasih banyak pretty ladies untuk komentarnya :*