Friday, August 7, 2015

5 Teh yang dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Assalammu'alaikum pretty ladies..



Aku suka banget minum teh. Biasanya aku minum teh pada pagi hari sebelum berangkat kerja, atau saat sore hari di tempat kerja. Rasanya setelah minum teh perasaan menjadi lebih nyaman dan membuat tubuh menjadi rileks. Mungkin karena kandungan kafein yang tergantung di dalam teh yang membuat tubuh menjadi lebih rileks. 

Tapi ternyata selain membuat perasaan nyaman dan tubuh menjadi rileks, ada beberapa teh yang mempunyai manfaat untuk menurunkan berat badan loh ;)

Teh hijau mengandung catechin, yang berfungsi untuk mendorong pembakaran lemak dan mengubah lemak menjadi energi. Sebuah penelitian yang dilakukan selama 12 minggu meneliti perbedaan antara kelompok orang yang berolahraga tanpa rutin meminum teh hijau, dan kelompok yang berolahraga tetapi rutin mengkonsumsi sekitar 4-5 gelas teh hijau setiap hari. Hasilnya, kelompok yang berolahraga dan rutin mengkonsumsi teh hijau berhasil menurunkan berat badan sampai dengan 2 kg lebih banyak dibandingkan dengan kelompok yang hanya berolahraga tanpa meminum teh hijau. 

Sebaiknya, mengkonsumsi teh hijau diimbangi dengan olahraga teratur agar hasil yang didapatkan maksimal. 

4. Oolong Tea (Teh Hijau) 


Oolong tea yang dikenal juga dengan black dragon juga mempunyai kandungan catechin (seperti green tea) yang bermanfaat untuk meningkatkan pembakaran lemak dan mengubah lemak menjadi energi. Penelitian yang dilakukan oleh Chinese Journal of Integrative Medicine menghasilkan bahwa orang yang mengkonsumsi teh oolong secara rutin selama 6 minggu, berhasil menurunkan berat badan sekitar 3 kilogram. Berarti sekitar 0.5 kilogram dalam 1 minggu. Waaaah patut dicoba ;) 

3. Mint Tea (Teh beraroma Mint) 


Beberapa aroma makanan atau minuman, akan menstimulus otak dan memberikan sensai perasaan lapar ataupun kenyang. Penelitian yang dibuat oleh Journal of Neurological and Orthopaedic Medicine menyebutkan bahwa seseorang yang meminum teh beraroma mint secara rutin selama satu bulan, dapat menurunkan berat badan sampai dengan 2.5 kilogram. Karena, ketika seseorang mencium aroma mint, otak akan terstimulus dan memberikan sensasi rasa kenyang pada tubuh. Pretty ladies juga bisa meneteskan beberapa tetes aroma terapi beraoma mint pada bantal, atau membakar lilin aroma terapi beraroma mint untuk membuat tubuh menjadi nyaman dan menjaga tubuh dari rasa lapar. 

2. White Tea (Teh Putih) 


Teh putih dihasilkan dari daun teh yang dikeringkan secara alami dibawah sinar matahari,membuat teh ini mempunyai kadar pholypenol yang berfungsi sebagai anti-oksidant bagi tubuh, 3 kali lipat dari teh biasa. 

Berdasarkan Journal of Nutrition and Metabolism, teh putih selain meningkatkan lipolysis atau proses pemecahan lemak menjadi energi, white tea juga mencegah adipogenesis atau pembentukan penyimpanan lemak di dalam tubuh. 

1. Rooibos Tea (Teh Merah) 


Rooibos tea atau teh merah adalah teh yang dihasilkan dari daun-daun "buah merah" yang ditanam secara khusus di Cederberg, Afrika Selatan. Rooibos tea menjadi unik karena mengandung flavonoid yang dikenal dengan "Aspalathin". Penelitian menunjukkan bahwa Aspalathin dapat menurunkan kadar hormon yang menyebabkan stress. Stress akan menyebakan penimbunan lemak dan menstimulus tubuh agar terasa lapar. Aspalathin menurunkan hormon penyebab stress tersebut, yang secara tidak langsung menurunkan penimbunan lemak dalam tubuh dan mencegah stimulus akan rasa lapar yang disebabkan oleh stress. 

Drink tea, and stay slim ^^ 


No comments:

Post a Comment

Terimakasih banyak pretty ladies untuk komentarnya :*