Thursday, October 29, 2015

Bagaimana Cara Mengetahui Tanggal Kadaluarsa Kosmetik

Assalammu’alaikum pretty ladies..


Pernah punya pengalaman beli kosmetik/skin care/parfum yang hampir kadaluarsa? Aku pernah. Dan dari situ aku lebih hati-hati dalam melihat tanggal pembuatan atau tanggal kadaluarsa, barcode, serta period after opening (PAO) untuk memastikan bahwa produk yang aku gunakan masih dalam jangka waktu yang aman untuk digunakan. Karena aku ngga mau ambil risiko pakai barang kadaluarsa untuk wajah dan kulit. Serem.

Di post kali ini aku mau share kepada pretty ladies bagaimana caranya memastikan bahwa produk yang kita gunakan masih dalam jangka waktu yang aman digunakan alias belum expired. Caranya mudah banget loh, karena sebenarnya keterangan tentang kadaluarsa produk sudah ditulis di setiap kemasannya ;)

Tanggal Kadaluarsa (Expiry Date)


Setiap produsen selalu mencatumkan tanggal kadaluarsa atau expiry date pada setiap kemasannya. Tanggal kadaluarsa ini dimaksudkan untuk membantu konsumen mengetahui kapan suatu produk sebaiknya tidak digunakan karena dikhawatirkan akan adanya perubahan produk baik dalam warna, bau, maupun konsistensi produk itu sendiri.

Biasanya, 3 bulan sebelum tanggal kadaluarsa, produk tersebut sudah diturunkan dari display dan tidak dijual kepada konsumen. Ada juga beberapa toko kosmetik yang akan men-sale produknya bila mendekati 1 tahun dari tanggal kadaluarsa.

Perempuan suka sale? iya banget. Apalagi kalo yang disale makeup :D . Ngga ada salahnya membeli makeup yang di sale, tapi pastikan bahwa produk tersebut masih dalam waktu yang aman digunakan. Bila produk tersebut mempunyai tanggal kadaluarsa sekitar 1 tahun dari pembelian, beli makeup yang  setiap hari digunakan seperti bedak, foundation, atau lipstick agar bisa habis sebelum tanggal kadaluarsa yang tertera dalam kemasan.

Period After Opening (PAO)



Tanggal kadaluarsa dikemasan maskara tertulis sampai Januari 2017, jadi jika dibuka Oktober 2015, masih aman dong digunakan sampai Januari 2017? Ohh No No..

Pada setiap kemasan tercetak keterangan PAO, atau jangka waktu produk masih bisa digunakan setelah kemasan dibuka. Biasanya tertulis dengan angka dan M, misalnya 6M. Artinya produk masih baik digunakan 6 bulan setelah produk dibuka.

Biasanya maskara mempunyai PAO yang pendek, sekitar 3-6 bulan, lipstick 6-24 bulan, lipstick cream atau cair 3-18 bulan, eyeliner pensil 6-18 bulan, dan eyeshadow sekitar 12-36 bulan.



Barcode

Pada setiap kemasan produk, terdapat barcode yang bisa kita cek tanggal pembuatan produk tersebut dan apakah produk tersebut masih aman untuk digunakan.

Biasanya aku menggunakan website www.checkcosmetics.net untuk mengetahui kapan tanggal pembuatan general shelf life atau jangka waktu suatu produk dapat digunakan dihitung dari tanggal pembuatannya.

Banyak banget merk kosmetik/ skin care / parfum yang bisa dicek di website ini. Tetapi sayangnya hanya produk buatan USA/UK/Eropa. Semoga nanti ada ya website yang bisa dipakai untuk mengecek produk kosmetik / skin care / parfum buatan Indonesia ^_^

Ini aku coba untuk mengecek parfum Anna Sui aku yang sudah habis. Barcode nya tercetak dibawah kemasan : 13165




Hasil dari check cosmetics seperti ini, dengan tanda centang hijau yang menandakan produk masih aman untuk digunakan.



Kemudian aku coba dengan menggunakan Benefit The Porefessional. Barcodenya terdapat pada bagian samping kemasan box : 4S01



Hasilnya


Kemudian aku cek Estee Lauder double wear foundation





Di website ini juga bisa mngecek produk drusgtore loh pretty ladies, seperti L’Oreal, Maybelline, NYX, Max Factor, dan masih banyak lagi.

L’Oreal Revitalift Laser X3





NYX eyeshadow base




Selain website www.checkcosmetics.net pretty ladies juga bisa mengecek tanggal pembuatan dari suatu produk di website www.checkfresh.com , tetapi sayangnya disini tidak mendukung semua produk kosmetik. 

Max Factor False Lash Effecr 




Selain itu pretty ladies juga bisa mendownload aplikasi di play store, yaitu check your cosmetics. Aplikasi ini juga diperuntukkan untuk mengecek apakah produk yang kita gunakan masih dalam batas waktu yang aman untuk digunakan.


Tetapi sayangnya hanya sedikit merk kosmetik yang bisa dicek dan ada beberapa produk yang hasilnya terdapat perbedaan antara yang aku cek di www.checkcosmetics.net dan check your cosmetics ini. Mungkin aplikasi ini databasenya belum diperbaharui sehingga hasilnya berbeda.


Semoga post aku ini bermanfaat yaa pretty ladies.. Ketemu lagi di post selanjutnya yaa ^_^ 




10 comments:

  1. wah kak thanks for the tips! aku aja baru tau bisa dicek di website segala hehe

    bananaydanay.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama cantik :*
      hehehee iyaa sama - sama.. selamat mencoba yaa ^_^

      Delete
  2. Habis baca ini, langsung ngecek skincare di rumah, oemji!!! Innisfree ku PAOnya ternyata cuma 9 bulan, dan aku udah pakai setahun wakakakakak~ Mau buang kok sayang T^T Holy grail aku uhuhuhu... #nyungsep

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaah sayang banget Merry... aku turut sediiih :(
      aku juga lupa nih buka innisfree jeju volcanic clay aku kapan, hikss.. Kayanya mau aku bagi ke ade sama sodara biar cepet abis :D

      Delete
  3. rata-rata yang ada dari brand luar kah?

    kuecocor.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa Rahma website sama aplikasinya baru bisa cek kosmetik brand UK sama USA :)

      Delete
  4. ka kalau barang nya expired nya tahun 2017 dan kita belum buka2 itu produk,nah itu aman ga yah?
    tolonh di jawab ya terimakasihh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo barangnya dipakai sekarang, aman ko Puji :)

      Tapi kalo barangnya mau dibukanya tahun 2017, menurut aku sebaiknya jangan dipakai lagi. Walaupun belum dibuka tapi expirednya tahun 2017, kalo bisa tetap dipakai sebelum masa expired (tahun 2017). Semoga membantu ya :)

      Delete
  5. Kalau cara ngecek lewat barcode gimana ka? Disitu foundation 24 M dicone bisa jadi a15 ,jelasin ya ka makasih

    ReplyDelete
  6. Kalau cara ngecek lewat barcode gimana ka? Disitu foundation 24 M dicone bisa jadi a15 ,jelasin ya ka makasih

    ReplyDelete

Terimakasih banyak pretty ladies untuk komentarnya :*