Monday, November 9, 2015

Garnier Academy Project 1 Week : Day 5

Assalammu’alaikum pretty ladies..


Waah ngga kerasa yaa sekarang udah hari kelima dari #GarnierAcademy #Project1Week
Pemateri hari ini adalah mba Becky Tumewu (Instagram dan Twitter @BeckTum) dari Talk Inc (www.talk-incoroporation.com) Pasti udah kenal dong sama mba Becky?

Karena sangat excited, aku jadi lupa selfie makeup aku hari ini, hehehee.. Ngga apa-apa ya :D

Hari ini materinya adalah Effective Communication, Public Speaking, Speaking Impressively, dan Body Language. 


Awalnya aku kira mba Becky akan membawakan materi dengan gaya yang elegan, mungkin karena aku sering melihat bagaimana cara mba Becky membawakan acara di televisi. Tapi ternyata mba Becky membawakan materi dengan cara yang sangat casual.

Mba Becky bilang, sebagai public speaker harus bisa memilah bagaimana berbicara disesuaikan dengan acara yang dipandu. Sehingga untuk acara ini mba Becky membawakannya dengan cara yang casual dan super fun.

Sebelum memulai, mba Becky meminta setiap peserta untuk memperkenalkan diri, serta sedikit bercerita tentang diri masing-masing.

Memperkenalkan diri terakhir jatuh pada Sherry. Tapi Sherry belum bisa mengeluarkan kata-kata dan akhirnya menangis. Sherry, kenapa nangis?

Ternyata Sherry merasa kalo dirinya diumur 24 tahun belum bisa melakukan banyak hal seperti peserta lainnya yang jauh lebih muda. Ya Sherry aku juga kadang merasa seperti itu ko ;(

Courtesy : Instagram @BeckTum

Mba Becky memeluk Sherry dan bilang bahwa setiap orang punya kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jangan rendah diri dan fokus pada kelebihan yang kita punya agar dengan kelebihan yang kita punya bisa membantu orang lain. Semangat ya Sherry, jangan nangis lagi ;)

Sebelum memulai pelatihan, mba Becky mengajarkan cara bernafas dengan perut sehingga suara menjadi tetap prima saat berbicara di depan umum.


Pelatihan hari ini mba Becky menshare bagaimana berbicara secara effektif dan impressive kepada lawan bicara. Mungkin kita terkadang merasa bahwa saat kita berbicara audience tidak mendengarkan. Iya ngga? Nah mungkin ada beberapa kesalahan yang kita lakukan sehingga audience tidak mendengarkan apa yang kita bicarakan, seperti misalnya : 
  • Tidak ada manfaat bagi audience
  • Bicara berbelit-belit tanpa tujuan 
  • Alur pembicaraan yang tidak jelas 
  • Interaksi satu arah 
  • Terlalu panjang, terlalu banyak, dan terlalu detail 

Selanjutnya, agar berbicara didepan umum menjadi lebih mudah dan teratur, bagi menjadi 3 bagian apa yang akan kita bicarakan : Pembuka, Inti, dan Penutup. Dengan berpegang pada 3 bagian ini, kita tidak akan lepas dari inti pembicaraan yang akan kita sampaikan.



Selanjutnya adalah materi body language. Yess bahasa tubuh. Mungkin mulut bisa berbohong, tapi bahasa tubuh pasti ngga akan bisa berbohong dong ;)

Saat berbicara di depan umum, usahakan selalu memberikan kontak mata atau eye contact kepada para audience kita. Dengan menjaga eye contact, audience akan merasa dihargai dan akan terus memberikan perhatian kepada kita.

Sikap tubuh yang tegak, lebar kaki tidak lebih lebar dari bahu, tidak memainkan aksesoris, baju, atau rambut akan memberikan sikap yang prima sehingga memberikan keyakinan pada audience yang melihat kita.

Nah kadang aku merasa grogi jika berbicara didepan umum dan ujung-ujungnya memainkan jilbab. Setelah mendapat pelatihan dari mba Becky aku ngga akan mainin jilbab lagi. Makasih banyak mba ^^ 

Pelatihan hari ini selesai jam 4 sore. Aku foto dulu dong dengan mba Becky. Beliau cantik banget ya? Aku suka bangeet.. Mba Becky juga sangat ramah dan humble, aku langsung dikasih email beliau jika ada hal yang ingin ditanyakan. Love you mba ^_^



Kembali ke vila.. Sambil mengisi sisa sore ada yang menghabiskan waktu dengan berenang. Karena aku dan Meylisa lagi iseng, kita membuat kelas makeup dadakan. Yang mau jadi model makeup, silahkan datang ke villa aku dan Meylisa.

Dan ini adalah model aku hari ini, Novra (Instagram @NovraPS) ^^

Novra bilang dia suka banget dengan alis yang aku buat.. waah senangnya Novra suka dengan makeup aku. Nanti main makeup lagi ya Novra :D


Courtesy : Instagram @Meylisop 


Courtesy : Instagram @NovraPS

Beauty tips malam ini dimulai dengan pajamas party dilanjutkan dengan maskeran bareng menggunakan Garnier Peel Off Mask. Ka Shiva bilang menggunakan masker sebaiknya hanya 1-2 kali seminggu pada wajah yang telah dibersihkan untuk hasil yang maksimal.


Setelah maskeran bareng, rasanya ngantuk dan kepengen langsung tidur. Ngga kerasa ya tinggal dua malam lagi aku dan 16 peserta lainnya tidur di Pesona Alam Resort ini. Sampai ketemu besok ya pretty ladies di hari ke-enam #GarnierAcademy #Project1Week ;) 

Baca juga : 




No comments:

Post a Comment

Terimakasih banyak pretty ladies untuk komentarnya :*