Friday, November 27, 2015

Kecantikan Tersembunyi dari Beras

Assalammu’alaikum pretty ladies..



Beras, selain merupakan makanan pokok bagi kebanyakan negara di Asia, ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kecantikan loh pretty ladies. Sejak zaman dahulu kala wanita Jepang menggunakan beras sebagai perawatan rutin bagi wajah dan rambut mereka.


Sejak tahun 2800 SM, perempuan Jepang yang tinggal didalam kekaisaran Heinan diharuskan untuk memanjangkan rambut mereka sepanjang mungkin. Rambut panjang yang indah disebut dengan suberakashi, sedangkan rambut yang indah yang panjangnya menyentuh lantai disebut kurokami. Para perempuan ini menyisir rambutnya setiap hari menggunakan Yu-Su-Ru. Yu-Su-Ru merupakan air rendaman yang didapatkan dari rendaman beras. Ternyata menurut penelitian Yu-Su-Ru mengandung manfaat untuk mencegah rambut patah dan bercabang serta meningkatkan elastisitas rambut.



Biasanya beras digunakan sebagai bahan anti-oksidan pada kandungan produk perawatan wajah. Phytic acid yang terdapat pada beras mempunyai manfaat sebagai eksofoliator (membantu meluruhkan sel-sel kulit mati pada wajah dan tubuh), juga dapat melancarkan peredaran darah pada kulit. Manfaat ini yang menjadikan beras salah satu bahan bahan baku pada produk perawatan tubuh seperti sabun beras.



Sedangkan beras yang telah berbentuk tepung, atau tepung beras selain mengandung phytic acid juga mempunyai manfaat menjadikan kulit tampak bercahaya, menenangkan kulit dan sebagai anti iritasi pada wajah. Ngga heran jika perempuan zaman dahulu rajin menggunakan bedak dingin yang terbuat dari beras untuk menjaga kecantikan kulit mereka ;)



Sedangkan air rendaman beras dapat digunakan sebagai facial cleanser, facial toner karena manfaatnya sebagai anti inflamasi. Tetapi air rendaman beras juga dapat digunakan untuk membilas rambut agar rambut menjadi kuat dan bersinar.



Apakah  beras dapat membantu memutihkan kulit?


Belum ada penelitian yang spesifik yang menjelaskan bahwa beras membantu untuk memutihkan kulit wajah. Tetapi phytic acid yang terdapat pada beras merupakan Alpha-Hydroxy-Acid yang bermanfaat sebagai eksofoliator. Manfaat ini yang menjadikan penggunaan beras pada kulit atau produk perawatan wajah dan tubuh menjadikan kulit terlihat cerah dan fresh. 


4 comments:

  1. Aku pakai mask sheet rice dari etude house, dan entah kenapa tiap kali habis pakai, rasanya kulit jadi lebih kinclong aja gitu, gak tau cuma perasaan doang, atau emang beneran hahaha...

    http://farrelandmerry.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaah enak ya Merry? aku lagi kepengen nyobain masker dari beras abis bikin postingan ini jadiya, hihiihii... Ada beberapa DIY dari beras tapi aku belum nyobain langsung. Jadi belum di post deh :D

      Delete
    2. wah posting ya DIY-nya, ntar aku ngikut XD aku demen semua yang berhubungan dengan beras, soalnya kulitku emang tipe yang gampang banget kusam, hitam, dekil. Kena matahari dikit terbakar =___=;;

      Delete
    3. iyaa Merry ini aku lagi coba bikin masker dari beras. Mau dirutinin pakai 10 hari. Kalo berhasil nanti aku post yaa ^_^

      Delete

Terimakasih banyak pretty ladies untuk komentarnya :*