Friday, January 1, 2016

DIY Eyelash and Brow Serum (DIY Serum Bulu Mata dan Alis)

Assalammu'alaikum pretty ladies..


Selain lipstick, produk makeup atau produk kecantikan yang paling aku suka adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan mata. Eyeshadow, pensil alis, eyeliner, maskara, dan bulu mata palsu. Karena menurut aku, jika mata sudah “berubah”, maka penampilan keseluruhan akan berubah. Bulu mata yang panjang dan lentik juga membuat penampilan semakin menarik ^^

Sekitar 3 minggu yang lalu, aku mencoba membuat serum bulu mata dan alis dengan harapan agar bulu mata aku lebih panjang dan alis menjadi lebih tebal. Resepnya sendiri aku lihat dari beberapa blog dan beauty guru di Youtube. Awalnya aku agak skeptis juga sih, masa iya bisa membuat bulu mata menjadi lebih panjang. Tapi ya coba aja siapa tau berhasil. Kalo ngga berhasil kan ngga rugi, bulu matanya aja yang ngga bertambah panjang :D

Ehh ternyata beneran loh, aku merasa bulu mata aku menjadi lebih panjang dan lebih penuh setelah memakai DIY serum bulu mata dan alis ini selama sekitar 2 minggu. Aku jadi ngga sabar kepengen share juga sama pretty ladies. Buat juga yuu, mudah karena hanya memakai satu bahan aja ;)

Castor Oil

Yaap bahan utama yang akan kita gunakan untuk membuat DIY serum bulu mata dan alis adalah castor oil. Castor oil merupakan minyak yang dihasilkan dari biji tanaman jarak (Ricinus communis). Konsistesinya lebih lengket dan lebih pekat jika dibandingkan dengan olive oil, ataupun coconut oil.

Castor oil digunakan dalam berbagai macam industri. Castor oil food grade biasanya digunakan dalam industri makanan untuk memberikan warna atau rasa pada permen, di industri farmasi sebagai anti jamur dan anti bakteri, bahkan Food and Drug Association (FDA) telah memberikan lisensi bahwa castor oil “generally recognized as safe and effective” (GRASE).

Castor oil juga mengandung omega 6, omega 9, dan asam risinoleat yang bagus untuk kulit dan rambut. Sehingga castor oil sering dijadikan salah satu bahan baku pada produk kosmetik maupun skin care seperti minyak rambut.

Cara membuat DIY serum bulu mata dan alis ini, kita hanya akan menggunakan castor oil. Aku membeli castor oil di Tokopedia dengan harga Rp 25.000,- pada botol plastik berisi 100 ml.



Siapkan wadah yang akan digunakan untuk menyimpan castor oil untuk mempermudah pemakaian. Pretty ladies bisa memakai tabung maskara yang sudah tidak terpakai, atau botol kecil.



Kemudian, bersihkan wadah yang akan digunakan. Jika pretty ladies memakai tabung bekas maskara, bersihkan dahulu tabung dan sikat maskara dari maskara yang menempel. Caranya bisa diklik disini.



Lalu, tuang castor oil ke dalam wadah tersebut.



Jika memakai tabung bekas maskara, cara mengaplikasikannya cukup sikat bulu mata menggunakan sikat maskara.


Sedangkan jika memakai tabung kecil, gunakan bantuan cotton bud. Celup cotton bud ke dalam castor oil, kemudian oleskan pada bulu mata bagian atas dan bawah.


Karena konsistensi castor oil sangat kental, saran aku gunakan DIY serum bulu mata dan alis ini sebelum tidur, agar saat bangun tidur bisa langsung membasuh wajah.

Aku gunakan DIY serum bulu mata dan alis sekitar 2 minggu, hampir setiap malam sebelum tidur.
Dan ini hasilnya :

Foto mata tampak depan

Sebelum


Sesudah


Jika tidak terlalu diperhatikan, sepertinya tidak terlalu banyak perubahan. Tapi jika lebih diperhatikan seksama, di foto sesudah bulu mata aku terlihat lebih “penuh” sedangkan di foto sebelum bulu mata terlihat jarang-jarang.


Kemudian jika dilihat pada foto sebelum, bulu mata aku panjangnya hanya sampai bagian lipatan kelopak mata. Sedangkan pada foto sesudah bulu mata aku panjangnya melewati lipatan kelopak mata. Yipiiii ^^


Foto ketika mata tertutup

Sebelum


Sesudah


Di foto sesudah tampak bulu mata aku terlihat lebih “penuh” dan bulu mata menjadi sedikit lebih panjang. Sukaaa ^^


Foto mata dari bawah

Sebelum


Sesudah


Di foto sebelum, tampak bagian bulu mata yang kosong tidak ada bulu mata yang tumbuh, dan ada bagian bulu mata yang pendek. Tetapi di foto sesudah bagian yang kosong tersebut telah terisi bulu mata, dan bagian bulu mata yang pendek telah tumbuh panjang hampir sama dengan bulu mata yang tumbuh disampingnya. Horeee ^^


Foto mata tampak samping

Sebelum


Sesudah


Jika dilihat dari samping, terlihat di foto sesudah bulu mata aku lebih panjang daripada di foto sebelum ^^


Alis


Setelah menggunakan DIY serum bulu mata dan alis ini, alis aku juga terlihat lebih “penuh”.

Yang aku rasakan adalah ketika memakai DIY serum bulu mata dan alis ini, ketika dirasa bulu mata tumbuh, mata menjadi sedikit gatal dan ngga tahan untuk aku kucek, akhirnya matanya merah deh ;(
Untuk pretty ladies yang nanti mungkin merasa seperti aku, jangan dikucek ya matanya. Cukup bilas mata dengan air bersih atau air khusus untuk membilas mata.

Secara keseluruhan, aku puas banget dengan DIY serum bulu mata dan alis ini. Alis aku terlihat lebih penuh, dan bulu mata aku terlihat lebih panjang dan penuh. DIY serum bulu mata dan alis aku juga bagikan ke beberapa orang di tempat aku kerja agar bisa mencobanya juga ;)

Oh iya untuk yang alergi dengan biji jarak atau castor oil, aku sarankan untuk tidak mencobanya ya. Karena dikhawatirkan akan memberikan reaksi alergi seperti gatal, merah, dan bengkak. Dari beberapa blog yang aku baca, serum ini akan berfungsi maksimal pada pemakaian rutin minimal 3 bulan. Aaah aku jadi penasaran kepengen pake terus siapa tau nanti bulu mata aku menjadi lebih panjang seperti barbie.


Selamat mencoba ya pretty ladies.. Semoga suka dan cocok juga :* 


25 comments:

  1. Tq manda tips nya, tapi penantian 3 bulan, gw kudu suaaabaarrrr

    Buleipotan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama Bule :*
      Iyaa harus sabar banget demi bulu mata idaman :D

      Delete
  2. Bisa dicona nih, makasih DIY-nya ^^

    limlimzi.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Pengen nyobain, tapi.. gatal-gatal.. ketakutan terbesarku itu. huhu. Nyobain ga ya? takut-takut nih Manda :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobain aja Gadis gpp ;)
      yang aku rasain pas mau tumbuh bulu matanya itu yang gatel, tapi kalo ngga sih biasa aja Gadis. Cobain aja biar bulu matanya jadi tambah panjang dan penuh ^^

      Delete
  4. bisa jg untuk mempertebal alis gag mba?

    ReplyDelete
  5. Makasi sharing-nya ka Manda. Mau cobain juga aah:D

    eprikaadhitya.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama Eprika :) Selamat mencoba yaa ^^

      Delete
  6. Replies
    1. asikk ayoo Adhel cobain juga biar matanya kaya berbi :D

      Delete
  7. Manda nama seller nya yg km beli di tokopedia apa?syp tau bulu mata aku jd panjang ky km ..tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. nama seller tempat aku beli di Tokopedia, Amethyst Shop , Mutiara :)
      Asik asik.. selamat mencoba yaa :*

      Delete
  8. Thank u tips nya mba manda, pas bgt alis n bulmat ku dikit bgt, mau coba ah ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama - sama mba Pipit, selamat mencoba ya mba ^^

      Delete
  9. Buat bayi ato anak kecil bole gaa metode ini mba?

    Sylvia's World

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh Sylvia, tapi diusahakan jangan sampai terkena mata ya, takutnya matanya menjadi perih. Selamat mencoba Sylvia ^^

      Delete

Terimakasih banyak pretty ladies untuk komentarnya :*